Kaleidoskop 2021: Deret Mobil Listrik yang Bergaya di Indonesia

Kaleidoskop 2021: Deret Mobil Listrik yang Bergaya di Indonesia

Tahun ini kendaraan listrik naik daun. Berkat dukungan yang diberikan oleh pemerintah terhadap perkembangan kendaraan ramah lingkungan tersebut. Selain itu, pemerintah juga menjanjikan pembangunan infrastruktur yang terus dikembangkan untuk kenyamanan para pemilik mobil listrik. Beberapa di antaranya adalah pembangunan Stasiun pengisian daya listrik yang didirikan pada stasiun pengisian bahan bakar umum di berbagai tempat.

Melihat pasar yang masih lesu setelah dihantam badai Covid-19, tidak menyurutkan para pemegang merek kendaraan di Indonesia untuk memperkenalkan produk listrik mereka. Beberapa masih sekadar memperkenalkan teknologinya. Ada juga yang dengan penuh percaya diri langsung menjualnya.

Meski perlu diakui, mobil futuristik ini tidak bisa dibilang murah. Ini melihat dari daya beli masyarakat Indonesia yang lebih banyak menjangkai harga kendaraan Rp300 juta ke bawah sedangkan mobil-mobil EV ini ada di angka Rp600 jutaan. Data penjualan Januari sampai November 2021 juga memperlihatkan mobil dengan mesin pembakaran konvensional non LCGC mencapai 82,8 persen atau sebanyak 654.409 unit sementara LCGC sebesar 16,9 persen atau sebanyak 133.258 unit.

Terlepas dari data di atas, Oto.com coba merangkum beberapa model electric vehicle (EV) yang hadir tahun ini. Model-model ini ada yang baru perkenalan mengenai teknologi, namun ada juga yang dijual langsung untuk digunakan masyarakat Indonesia. Apa saja?

DFSK Gelora E

DFSK Gelora E

Awal tahun, DFSK akhirnya menjual Gelora E setelah sebelumnya hadir sebagai unit pameran. Mobil niaga berteknologi listrik ini dijual dengan harga Rp 510 juta sampai Rp 520 juta untuk model minivan dan Rp 480 juta sampai Rp 490 juta untuk model blind van. Sebagai kendaraan niaga ukurannya cukup besar yakni dengan panjang 4.500 mm, lebnar 1.680 mm dan tinggi 2.000 mm. Gelora E menawarkan kabin yang luas mencapai 4,8 meter kubik.

Spesifikasinya, Gelora E memiliki sistem baterai yang mampu mengisi daya dari 20 ke 80 persen dalam waktu 80 menit dan mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer. DFSK sudah memberikan jaminan perlindungan baterai dari tegangan tinggi, tahan debu dan air.

DFSK Seres SF5

Seres SF5

Akhir tahun, pabrikan China ini memberikan kejutan di GIIAS Surabaya dengan memperlihatkan SUV hybrid EV futuristik Seres SF5. Model ini didukung teknologi High Performance Dual Electric Motor, di mana sistem penggerak yang dianut menggunakan 4x4. Selain itu, EV ini dilengkapi dua motor listrik performa tinggi SEP200AC dengan tenaga 255 kW di depan dan HW150 dengan power 150 kW di belakang. Klaim DFSK, akselerasi 0-100 kilometer per jam bisa ditempuh hanya dalam 4,7 detik. Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion berdaya 35 kWH dengan kemampuan fast charging untuk mengisi daya baterai 20 persen sampai 80 persen kurang dari 1 jam. Pengemudi tidak perlu khawatir karena Seres SF5 dilengkapi fitur Intelligent Extended Range

Technology untuk mengatur flow energi hingga menempuh jarak terjauh. Seres SF5 dilengkapi mesin konvensional yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang energi listrik baterai saat kondisi energi listrik di baterai tersisa sekitar 20 persen. Total jarak tempuh Seres SF5 diklaim dapat mencapai 1.000 km.

Nissan Leaf

Nissan Leaf

Pada pertengahan tahun Nissan memperkenalkan Leaf secara resmi. Mobil ini sebelumnya sudah beberapa kali diperlihatkan di Indonesia sebagai mobil pameran. Beberapa kali rencana menghadirkan Leaf diundur hingga akhirnya Nissan percaya diri membawa Leaf. Leaf membawa baterai lithium ion 40 kWh yang sanggup menempuh jarak 311 kilometer. Nissan memberikan pengisi daya portable yang memungkinkan Leaf terisi penuh dalam waktu 12 sampai 15 jam. Bisa juga dengan home charger yang diberikan saat pembelian yang membuat baterai terisi penuh dalam waktu 5 sampai 7 jam.

Mobil ini memiliki tenaga sebesar 150 ps dan torsi 320 Nm dengan kecepatan maksimal 155 km per jam serta mampu melesat dari diam hingga 100 km per jam dalam waktui 7,9 detik. Mobil listrik ini juga hadir dengan fitur keamanan dan keselamatan seperti Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA). Terdapat juga Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA), Electronic Parking Brake (E-PKB). Nissan Leaf ditawarkan dalam dua varian yakni single tone dengan harga Rp 649 juta dan dual tone dengan harga Rp 651 juta.

MG ZS EV

MG ZS EV 2020

Hadir di ajang pameran IIMS 2021, MG memperlihatkan ZS EV. Mobil listrik ini saat ini belum ditawarkan di Indonesia namun di Thailand EV ini sudah hadir dengan banderol sekitar Rp 500 jutaan. Secara kasat mata, desainnya tidak berbeda jauh dengan versi mesin konvenisonal. Mobil listrik ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 44,5 kWh dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 150 dk dan torsi 350 Nm.

Baterainya memiliki kemampuan pengisian cepat dengan waktu 30 menit untuk menuju ke 80 persen dengan waktu normal pengisian penuh dalam waktu 6,5 jam. Baterai ini dapat menempuh jarak 337 kilometer. SUV listrik ini memiliki beragam fitur keselamatan canggih seperti Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alerta, Forward Collision Warning, Lane Keep Assist hingga Lane Departure Warning. Terdapat juga fitur i-Smart yang menghubungkan pengemudi dengan mobilnya lewat aplikasi telepon genggam.

MG 5 EV

MG 5 EV

Lagi-lagi MG memperkenalkan teknologi EV miliknya di Indonesia. Kali ini di akhir tahun dengan kehadiran MG 5 EV di lantai pameran GIIAS 2021. Ini merupakan model station wagon dengan teknologi listrik pertama di dunia. Mobil ini ditenagai motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor, yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 115kW atau setara dengan 156 PS. MG 5 EV bisa berakselerasi dari diam hingga 100 km per jam hanya dalam waktu delapan detik. Model EV ini memiliki kapasitas baterai 50,3 kWh yang telah teruji dan tersertifikasi IP67 tahan air dan debu. Selain itu, MG 5 EV juga mampu menempuh jarak hingga 380 km dengan kondisi daya baterai penuh.

Toyota New Camry Hybrid

Toyota Camry HEV

Sedan mewah Camry mendapatkan pembaruan, terutama untuk model hybrid yang ramah lingkungan. Ubahan ada di sisi eksterior dan interior yang kini terlihat elegan sekaligus memberikan aura kemewahan. Paling baru adalah kehadiran teknologi keselamatan Toyota Safety Sense 2 yang terdiri dari Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB).

Selain itu Toyota juga menghadirkan fitur T-Intouch yang menghubungkan beragam informasi mobil dalam genggaman telepon pintar. Toyota New Camry Hybrid hadir dengan mesin 2.500 cc dikombinasi dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga total 199 dk dan torsi 220 Nm. Sedan ini dibanderol Rp 767 juta.

Lexus ES 300h

Lexus ES Hybrid

Hadir pada GIIAS 2021, Lexus ES 300h menyapa penggemarnya dengan sedan hybrid ES 300h. Sedan ini hadir dengan teknologi Lexus Hybrid Drive generasi keempat dan menjadi model hybrid Lexus yang didedikasikan untuk pasar Indonesia. Lexus ES 300h dibekali mesin berkode A25A-FXS dengan kapasitas 2.5L hybrid In-line 4 Silinder dengan output 215 Hp dan torsi 202 Nm yang membuat sedan ini melesat dari diam hingga 100 km per jam dalam waktu 8,9 detik. Model terbaru Lexus ini ditawarkan dengan harga Rp 1,217 miliar.

Wuling GSEV

GIIAS Wuling GSEV

Sebenarnya ini bukan bentuk produk EV melainkan Wuling memperlihatkan basis kendaraan EV yang disebut Global Small EV saat pameran GIIAS 2021. Platform ini memperlihatkan kemampuan Wuling menciptakan EV yang berukuran mini, menarik secara tampilan dan juga reliabel. Di China, GSEV hadir sebagai produk E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV. Ini memperlihatkan kemungkinan beragam model yang bisa diciptakan dari stau platform ini. Jarak tempuhnya mulai 120 kilometer sampai 300 kilometer dengan dukungan fasilitas fast charging. Produk ini juga memiliki kemampuan internet of vehicle, fitur keamanan ADAS, automatic parking hingga voice command. Kemungkinan, Wuling akan menghadirkan model produksi di Indonesia tahun depan.

Porsche Taycan Turbo S

Porsche Taycan Turbo S

Awal tahun , Porsche Indonesia memperkenalkan model terbaru Taycan. Mobil ini dibekali dengan baterai 93,4 kWh yang menghasilkan tenaga 623 hp dan torsi maksimal 940 Nm. SUV listrik ini hadir dengan fitur launch control yang menghasilkan torsi 1.050 Nm. Daya jelajah Taycan Turbo S mencapai 390 sampao 416 kilometer. Model ini dibekali beberapa fitur keselamatan seperti bling spot monitoring, lane departure warning sampai forward collision warning. Soal harga, model ini ditawarkan sekitar Rp 2,5 miliar sampai Rp 6 miliar, bergantung pada personalisasi yang ingin dihadirkan konsumen pada Taycan.

Porsche Taycan Cross Turismo

Taycan Cross turismo

Porsche hadir dengan model EV SUV dari model Taycan. Porsche Taycan Cross Turismo tetap dilengkapi oleh motor listrik 800 volt dengan penggerak all wheel drive seperti Taycan versi sedan. Porsche Indonesia langsung mendatangkan empat varian Cross Turismo dengan tenaga puncak, akselerasi, dan daya jelajah yang berbeda-beda. Taycan 4 Cross Turismo dengan tenaga puncak 380 dk, akselerasi 0-100 kilometer per jam (km/jam) dalam 5,1 detik, dan daya jelajah 389-456 km dalam satu kali pengisian daya.

Taycan 4S Cross Turismo hadir dengan tenaga puncak 490 dk, akselerasi 0-100 km/jam dalam 4 detik dan daya jelajah 388-452 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Taycan Turbo Cross Turismo dengan tenaga puncak 625 dk, akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,3 detik, dan daya jelajah 395-452 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Terakhir, Taycan Turbo S Cross Turismo dengan tenaga puncak 625 dk, akselerasi 0,100 km/jam dalam 2,9 detik, dan daya jelajah 388-419 kilometer dalam satu kali pengisan daya. Semua tipe Porsche Taycan Cross Turismo tetap dilengkapi dengan baterai Performance Battery Plus berkapasitas 93,4 kWh sebagai standar. Soal harga, masing-masing varian ditawarkan mulai Rp 3,7 miliar off the road.

Ferrari SF90 Stradale dan Spyder

SF90 Spider

Super sport hybrid Ferrari ini hadir dibawa oleh distributor baru PT Eurokars Prima Utama. Hadir Maret 2021, SF90 Stradale didukung oleh mesin V8 twin-turbo 4.0 liter berteknologi hybrid yang menghasilkan tenaga 769 hp dna torsi 800 Nm dan dapat melesat dari diam hingga 100 km per jam dalam waktu 2,5 detik. Motor listriknya memiliki daya 217 hp yang disalurkan ke roda depan. Mobil ini menggunakan penggerak all wheel drive. (Sta/Tom)

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Deretan Regulasi Otomotif Baru yang Berlaku di Tahun Ini

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature