Frankfurt Tak Lagi Gelar Auto Show, Digantikan Munich

Frankfurt Tak Lagi Gelar Auto Show, Digantikan Munich

Hampir 70 tahun gelaran International Automobile Exhibition (IAA) diadakan di Frankfurt, Jerman. Menjadi salah satu pameran otomotif terlama yang pernah ada. Gelaran itu pun menjadi magnet bagi pabrikan untuk mengenalkan berbagai inovasi. Namun, setelah berlangsung lama, masa Frankfurt menjadi tuan rumah harus berakhir.

Diumumkan secara resmi VDA (Verband der Automobilindustrie), asosiasi produsen mobil di Jerman yang memegang hak penyelenggaraan, IAA bakal tetap ada. Tapi lokasinya pindah ke Munich. Tahun depan sudah siap digelar pameran perdana.

IAA motor show di Frankfurt mulai hilang pamor

Munich berhasil terpilih, setelah bertarung lawan kota kandidat Berlin, Cologne, Frankfurt, Hamburg, Hanover dan Stuttgart. Kota itu mampu meyakinkan VDA, dengan mengubah pusat kota dan lokasi-lokasi di dekatnya menjadi lebih menarik bagi perhelatan IAA. Palagan IAA diungkapkan bukan lagi sekadar pameran otomotif internasional, tapi berevolusi menjadi platform mobilitas.

Baca Juga: BMW i4 Concept Resmi Disingkap, Tampilkan Rancang Bangun Masa Mendatang

"Lokasi ini akan dihubungkan dengan pusat eksibisi melalui rute transfer. Termasuk jalur prioritas untuk kendaraan ramah lingkungan. Selain daya tarik lewat mobil, ia akan menginisiasi kota agar berkembang menjadi smart city dengan konsep lalu lintas pintar, dan jaringan moda transportasi inovatif. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan semua orang," terang VDA dalam keterangan resminya.

Berhentinya Frankfurt menjadi tuan rumah IAA, diawali habisnya kontrak bersama VDA sejak tahun lalu. Asosiasi tak memperpanjang lagi. Soalnya, muncul protes dari banyak pemegang merek otomotif. Mereka memutuskan untuk tidak lagi mengikuti, karena penurunan jumlah pengunjung.

Reduksi yang terjadi terbilang besar, mencapai 30 persen. Pada 2019 lalu, IAA di Frankfurt dihadiri 560 ribu pengunjung. Angka ini terpaut jauh saat dihelat 2017 yang mencapai 810 ribu pengunjung dan 2015 sebanyak 931 ribu. Perpindahan lokasi diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat.

IAA bakal pindah dari Franfkurt ke Munich

Walau begitu, motor show konvensional masih harus menghadapi perdebatan yang terjadi di antara para pesertanya. Banyak produsen otomotif meragukan keefektifan. Pasalnya, mereka harus mengeluarkan dana tak sedikit untuk membangun booth dan sebagainya, dengan balasan publikasi yang masif.

Terlepas dari hal itu, pengubahan tempat perhelatan dari Frankfurt ke Munich mendapatkan respons positif dari beberapa pabrikan, terutama BMW. Produsen mobil mewah berlambang baling-baling ini sempat mengunggah reaksinya di sosial media. Bagaimana tidak, Munich adalah rumah bagi BMW. Belum diketahui, kapan pastinya IAA diinisiasi di Munich. Sebagai referensi, IAA Frankfurt biasanya berlangsung September. Kemungkinan, ia juga bakal mengambil waktu itu. (Hfd/Tom)

Sumber: IAA.de

Baca Juga: Petaka, Virus Corona Gagalkan Pameran Akbar Geneva Motor Show 2020!

Coronavirus

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil