Finish 1-2 di GP Bahrain, Bukti Semangat Ferrari Kembalikan Kejayaan Masa Lalu

Finish 1-2 di GP Bahrain, Bukti Semangat Ferrari Kembalikan Kejayaan Masa Lalu

Musim balap Formula 1 2022 dibuka oleh kemenangan 1-2 untuk Ferrari di Grand Prix Bahrain. Charles Leclerc memimpin kemenangan Scuderia Ferrari dengan dominasinya di balapan hari Minggu (20/3/2022), berbekal pole position yang diraihnya di kualifikasi. Carlos Sainz finish di posisi kedua, menyempurnakan kemenangan Ferrari gelaran perdana Formula 1 2022.

KEY TAKEAWAYS

  • Kemenangan pertama Ferrari dalam 2 tahun terakhir

    Kemenangan ini membawa Ferrari memimpin klasemen konstruktor dan pembalap F1 2022
  • Kemenangan 1-2 di Bahrain 2022 menjadi penutup puasa kemenangan selama dua tahun lebih bagi Ferrari, yang terakhir diraih di Singapura 2019. Hasil di Bahrain ini juga menjadi catatan tersendiri bagi Ferrari, dengan untuk pertama kalinya kedua pembalapnya sama-sama berdiri di podium bersamaan. Balapan diwarnai sejumlah duel seru dan insiden menarik, yang di antaranya memberikan posisi ketiga untuk Lewis Hamilton.

    Leclerc sukses mempertahankan posisinya di depan dari serangan Max Verstappen selepas start. Carlos Sainz juga sukses menahan pembalap Red Bull lainnya, Sergio Perez. Hamilton memanfaatkan start dengan baik untuk memperbaiki posisinya setelah kurang kompetitif di sesi kualifikasi. Start berlangsung mulus, hanya ada insiden antara Esteban Ocon dan Mick Schumacher yang terjadi.

    Verstappen berhasil menutup jarak dengan Leclerc hingga lap ke-17, Verstappen memanfaatkan DRS untuk memburu Leclerc di trek lurus utama dan berhasil mendahuluinya di tikungan ke-1. Namun setelah tikungan ke-3 giliran Leclerc mendapat DRS dan membalas aksi rivalnya saat masuk tikungan ke-4.

    F1 GP Bahrain 2022 Mercedes

    Duel tersebut berulang selama dua lap berikutnya. Situasi yang sama terjadi di lap ke-18. Duel berakhir di lap ke-19, lantaran Verstappen mengerem terlalu keras dan mengunci ban depannya. Setelah diberi peringatan untuk menjaga kondisi ban dan suhu rem oleh timnya, serangan Verstappen mengendur.

    Pitstop pertama dipicu oleh Hamilton yang mengganti ban di lap ke-28. Tidak lama kemudian para pembalap di depan secara bergiliran masuk pit untuk mengoptimalkan strateginya masing-masing. Verstappen yang masuk di lap ke-32 berhasil memangkas jarak ke Leclerc yang ganti ban pada putaran berikutnya.

    Masalah teknis dikeluhkan oleh Verstappen. selepas masuk pit yang kedua Ia merasa kemudinya terasa sangat berat. Red Bull membalas keluhan pembalapnya dan memilih teruskan balapan karena tidak ada potensi kerusakan lebih lanjut. Namun di tahap ini jarak semakin jauh antara Leclerc dan Verstappen.

    Safety car masuk pada lap ke-46 menyusul mobil Pierre Gasly dari AlphaTauri yang bagian belakangnya terbakar dan berhenti di pinggir trek. Jarak seluruh pembalap kembali rapat. Leclerc yang memimpin masuk pit di tengah periode safety car demi mengantisipasi serangan Verstappen yang sudah ganti ban terlebih dulu.

    Safety car masuk kandang di lap ke-50, menyisakan tujuh lap untuk kembali balapan. Leclerc berhasil langsung menjauh dari para rivalnya, sementara Verstappen harus membendung serangan Sainz dan Perez di belakangnya. Masalah teknis di mobil Verstappen bertambah parah, lantaran itu Sainz akhirnya berhasil mendahului Verstappen di lap ke-54. Tidak lama Red Bull langsung perintahkan Verstappen masuk pit untuk mundur dari balapan guna mencegah kerusakan lebih parah.

    F1 GP Bahrain 2022 Sergio Perez

    Pembalap Red Bull tinggal tersisa Sergio Perez yang sedang bersaing di posisi ketiga di belakang Carlos Sainz. Nahas, saat berusaha bertahan dari Hamilton di lap terakhir, mesin RB18 milik Perez tiba-tiba mati dan membuatnya melintir di tikungan pertama. Peluangnya meraih podium juga mushan, Hamilton naik satu posisi ke tangga podium ketiga.

    Leclerc memimpin kemenangan 1-2 bagi Ferrari di Bahrain, diikuti Sainz dengan jarak 5,5 detik. Hamilton di posisi ketiga disusul rekan setim barunya, George Russell. Hasil impresif diraih Haas F1, yang finish kelima oleh Kevin Magnussen, menjadi hasil finish terbaik tim selama di F1. Pembalap rookie dari tim Alfa Romeo, Zhou Guanyu juga mendulang poin di debutnya, lewat posisi ke-10. (WHY/RS)

    Hasil balap F1 GP Bahrain 2022
    1. Charles Leclerc FERRARI
    2. Carlos Sainz FERRARI
    3. Lewis Hamilton MERCEDES
    4. George Russell MERCEDES
    5. Kevin Magnussen HAAS FERRARI
    6. Valtteri Bottas ALFA ROMEO FERRARI
    7.Esteban Ocon ALPINE RENAULT
    8. Yuki Tsunoda ALPHATAURI RBPT
    9. Fernando Alonso ALPINE RENAULT
    10. Zhou Guanyu ALFA ROMEO FERRARI
    11. Mick Schumacher HAAS FERRARI
    12. Lance Stroll ASTON MARTIN ARAMCO MERCEDES
    13. Alexander Albon WILLIAMS MERCEDES
    14. Daniel Ricciardo MCLAREN MERCEDES
    15. Lando Norris MCLAREN MERCEDES
    16. Nicholas Latifi WILLIAMS MERCEDES
    17. Nico Hulkenberg ASTON MARTIN ARAMCO MERCEDES
    18.  Sergio Perez RED BULL RACING RBPT
    19.Max Verstappen RED BULL RACING RBPT
    NC. Pierre Gasly ALPHATAURI RBPT

    Baca juga: Balap di Lintasan Basah, Miguel Oliveira Bawa KTM Juara MotoGP Mandalika

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature