Berbasis Suzuki Vitara Brezza, Toyota Urban Cruiser Segera Mendebut

Berbasis Suzuki Vitara Brezza, Toyota Urban Cruiser Segera Mendebut

Kerja Bareng Suzuki dan Toyota membuahkan Urban Cruiser. Kendaraan berjenis SUV ini aslinya mengambil platform Vitara Brezza. Namun ada sedikit ubahan pada pahatan bodi serta tatanan kabin. Dikabarkan ia segera meluncur pada akhir Agustus 2020. Nah, sebelumnya pada Maret 2019 mereka punya kesepakatan untuk bertukar produk. Maka tak heran muncul mobil hasil rebadge dan saling pinjam papan konstruksi.


Toyota menawarkan SUV Urban Cruiser dengan mesin bensin berkekuatan 105 PS dan dorongan torsi maksimal 138 Nm. Angka ini bersumber dari mesin 1,5 liter K15 yang disedot secara alami (non-turbo) sama persis dengan Suzuki Vitara Brezza. Untuk pasar India, tidak ada opsi mesin diesel, sama seperti di Brezza. Untuk pilihan transmisi, tersedia opsi manual lima kecepatan sebagai standar. Lalu girboks otomatis empat percepatan juga ada.


Bedanya, pada Toyota Urban Cruiser mendapatkan teknologi hybrid ringan. Termasuk fitur start stop agar mesin hemat bahan bakar di kedua opsi transmisi. Sedangkan di Brezza teknologi SmartHybrid hanya ditemukan pada girboks otomatis saja. Dalam meminum bensin, sang SUV anyar itu diyakini punya efisiensi setara dengan Vitara 17,03 km/liter. Sedang varian otomatis, diprediksi punya angka lebih baik yakni 18,76 km/liter.


Toyota Urban Cruiser render


Hibridisasi dikatakan sebagai bagian integral dari filosofi global Toyota. Dan secara luas diakui sebagai langkah penghematan bahan bakar. Sekadar gambaran buat Anda, peranti mild hybrid SHVS pada mesin bensin Vitara Brezza 2020 mengadopsi baterai tambahan 48 volt. Persis seperti di Ertiga serta Ciaz. Perangkat baru ini diimbuhi konverter 48 volt plus 12 volt DC. Hasilnya kenaikan output torsi tatkala ISG mulai beroperasi. Efisiensi bahan bakar juga dilaporkan meningkat 15 persen.


Baca juga: Suzuki Pamer Across, Kembaran Toyota RAV4 Berteknologi Plug-in Hybrid


"Mengusung tema Respect Stand Stall, kampanye ini bermula dari aspirasi khalayak untuk meraih kesuksesan. Segmen SUV mendapatkan popularitas tinggi karena tipe bodinya dan tampilan yang superior. Amat dinanti di kalangan kawula muda saat ini. Toyota Urban Cruiser menawarkan kesempatan masuk lebih awal ke dalam keluarga SUV Toyota. Bahkan dilengkapi dengan standar global penjualan & layanan purnajual Toyota. Unit bisa dipesan akhir Agustus 2020," tertulis rilis resmi Toyota Bharat.


Beda Tampang


Ada racikan ulang pada Urban Cruiser agar mendapatkan lebih banyak identitas Toyota di roman depan. Lalu sejumlah komponen ringan nan relatif murah untuk disentuh ulang. Seperti bumper plastik, kisi-kisi dan panel lain. Kemudian Toyota juga membuat penataan kecil di buritan, membantu membedakan dari Vitara Brezza. Semisal bagian seperti lampu belakang, walau rumahnya sama.


Vitara


Diprediksi pula tidak ada ubahan pada lapis kromium. Bahkan dengan desain pelek serupa dari SUV kompak Maruti Suzuki. Namun rombakan penting lain yang dilakukan ialah tatanan interior. Kabin Brezza saat ini didominasi plastik abu-abu. Kemungkinan Toyota membuat lebih premium, kian cerah, terlihat sedikit lebih berkelas. Setidaknya dilapis kelir terang dan beberapa grafis segar.


Lalu sebagai diferensiasi strategi marketing. Jika Suzuki menawarkan garansi standar 2 tahun / 40.000 km untuk Vitara Brezza. Toyota diharapkan memberi garansi 3 tahun atau 100.000 km sebagai standar pada SUV kompak yang segera datang. Ramalan harga sekitar Rs 7,5 hingga Rs 11,5 lakh atau Rp 150 jutaan sampai Rp 230 jutaan. Tetapi kemungkinan Toyota Bharat bakal memikat pelanggan dengan memuat varian atas lebih banyak fitur. (Alx/Tom)


Sumber: Toyotabharat, Autocar India


Baca juga: Alasan Lebih Pilih Toyota Corolla Cross Hybrid Ketimbang Mesin 1,8 Liter Reguler

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store