Audi Ikuti Transformasi Jual Mobil Online

Audi Ikuti Transformasi Jual Mobil Online

Zaman semakin maju, teknologi kini memudahkan segalanya. Begitu pun soal urusan membeli sesuatu. Aneka jenis barang bisa beli melalui teknologi berbasis online. Pun membeli mobil. Hal inilah yang sedang coba dilakukan beberapa produsen mobil. Dengan mulai memanfaatkan teknologi virtual serta online untuk menjaring pembeli.

Harga jual mobil harus masuk akal

Seperti yang dilakukan Audi. Pabrikan Jerman ini menyatakan, ke depan sistem penjualan mobil bergeser dari sistem konvensional menjadi digital. Seseorang tidak harus datang ke diler lagi untuk memilih atau membeli mobil yang tengah dipajang. Calon pembeli hanya perlu menggunakan perangkat laptop ataupun smartphone mereka untuk mencari informasi sampai melakukan pembelian mobil. Hal ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Tentu peralihan teknologi ini berdampak pada jaringan diler. Bahkan, Audi melakukan pengurangan diler mereka di Eropa. Menurut mereka, ini dilakukan untuk memangkas biaya. Audi tengah berusaha berhemat dan memangkas biaya di semua lini setelah tersandung kasus dieselgate. Selain itu, biaya penghematan ini juga bisa dialokasikan untuk investasi pengembangan mobil listrik, seperti dilakukan pabrikan lain.

"Kami bertahun-tahun berada dalam mode konsolidasi di semua pasar dunia. Ini pasti berakselerasi agak lama, dua tahun lagi, juga di Jerman," papar Juergen Stackmann, Head Sales Volkswagen dilansir dari Reuters.

Baca Juga : Di Dubai, Tesla Jadi Taksi Uber

Perusahaan yang berkantor pusat di Wolfsburg, Jerman ini, ingin melakukan efisiensi hingga 10 persen dari 3.000 jaringan distribusi di Eropa. Selain itu, dapat memotong biaya jaringan yang menggandakan pengembalian investasi per distributor dari 1 persen menjadi 2 persen. Tapi Stackmann tidak memberi penjelasan secara perinci pengurangan biaya yang direncanakan dan jumlah diler yang tutup akibat peralihan ini.

Harus diakui, saat ini calon pembeli semakin melek teknologi. Volkswagen, misalnya. Calon konsumen mereka sudah biasa berbelanja secara online serta membandingkan harga serta spesifikasi kendaraan hanya dengan berselancar di dunia maya. Untuk itu, Stackmann menyatakan, saat ini VW besera jaringan dilernya sedang mengembangkan portal online bersama-sama. Namun lagi-lagi, ia tidak menjelaskan seperti apa nantinya wujud portal tersebut.

Jual beli secara online juga dilakukan Jaguar Land Rover, BMW serta Hyundai. Mereka sudah melayani calon konsumen yang ingin membeli mobil baru menggunakan layanan digital. Peralihan ini juga dianggap dapat mengancam profesi wiraniaga. Karena pembeli tidak perlu lagi melibatkan tenaga penjual manusia untuk mendapatkan informasi mobil serta melakukan pembayaran. (Ald/Odi/Van)

Baca Juga : Yamaha Buka Pemesanan Online XMax

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil