• Wishlist

Audi, Airbus dan Italdesign Serius Kembangkan Mobil Terbang

Audi, Airbus dan Italdesign Serius Kembangkan Mobil Terbang

Airbus dan Italdesign menampilkan konsep mobil terbang di Geneva Motor Show Maret lalu. Namanya Pop.Up., dirancang sebagai solusi transportasi cepat dan ramah lingkungan. Ternyata, kolaborasi itu terus berlanjut dan mengarah menuju kenyataan. Sebab Audi ikut ambil bagian dan sangat serius mengembangkannya.



Pop.Up. berevolusi menjadi Pop.Up Next. Prototipe berskala 1:4 tampil di Amsterdam Drone Week beserta demonstrasinya. Mereka ingin membuat transportasi umum berupa taksi terbang, yang bekerja serba otomatis. Cara kerjanya lebih masuk akal untuk diimplementasikan di dunia nyata. Teknologi otonom pada mobil, sejalan dengan perjalanan digitalisasi otomotif. Sementara Airbus sebagai produsen pesawat jet, bertanggungjawab menerbangkannya.


Konsep ini berupa mobil mungil yang dapat terkoneksi dengan quadricopter, tipikal bentuk drone seperti merek DJI atau Parrot. Sebuah Pod atau kapsul berjalan otomatis mengantar penumpang. Lalu menuju semacam helipad untuk bergabung dengan drone dan terbang menuju tujuan berikutnya. Jadi sistem ini mengacu pada modul di darat dan juga drone. Tidak semua badan mobil terangkat oleh drone, melainkan kapsul penumpangnya saja. Setelah sampai landasan berikutnya, berlanjut tranfer ke Pod lain, melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir.



Metodenya sedikit berbeda dengan Pop.Up pengembangan awal. Mobil swakemudi mungil dihampiri drone dan mengangkut kapsul penumpang untuk dibawa terbang. Namun pengoperasiannya sama-sama melalui aplikasi. Penumpang memilih tujuan, kemudian sistem menentukan moda trasportasi terbaik dan Pop.Up menjemput. Jika tidak jauh, maka tidak perlu terbang. Pod duduk di atas sasis bertenaga listrik yang punya daya jelajah hingga 130 km dengan pengisian baterai hanya 15 menit.


Airbus tak kalah ambisius dalam mewujudkan mobil terbang. Pop.Up memang masih konsep, tapi mereka meyakini akan menjadi kenyataan dalam tujuh sampai sepuluh tahun ke depan. Pop.Up Next adalah bukti dari pengembangan mengarah itu. Walau masih jauh dari nyata, Audi punya keyakinan sama bahwa impian itu bakal terjadi. “Taksi terbang sedang dalam pengembangan. Kami di Audi sangat percaya itu,” kata Audi Tech Chief dan President Italdesign, Dr. Bernd Martens, dinukil dari Carbuzz. Sekarang Audi sedang merencanakan prototipe skala utuh dari konsep yang didemonstrasikan.



Mobil terbang sudah menjadi mimpi semua pengguna transportasi darat. Mengingat kemacetan yang sudah merajalela, terutama di kota-kota besar. Sudah banyak inovator independen merancang mobil terbang impian masing-masing. Salah satunya Uber Elevate yang bekerjasama dengan insinyur NASA dan PAL-V Liberty, yang bahkan sudah membuka pemesanan. Toyota juga tidak tinggal diam. Pabrikan terbesar Jepang ini sudah mematenkan desain mobil terbang sendiri dengan titel SkyDrive. (Odi)


Sumber: Carbuzz, Caradvice


Baca Juga: Mobil Listrik Blits Unjuk Gigi Sukses Tembus Jalur Sumatra

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store