ABC Jual Baterai Lithium Produksi Lokal untuk Kendaraan Listrik, Harga Mulai Rp60 Ribu

ABC Jual Baterai Lithium Produksi Lokal untuk Kendaraan Listrik, Harga Mulai Rp60 Ribu

Bukan cuma menghadirkan mobil atau motor listrik saja, Pameran Periklindo Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo, Kemayoran Jakarta Pusat dimeriahkan juga oleh ragam industri pendukungnya. Sebagai contoh pabrikan baterai, PT International Chemical Industry (Intercallin), selaku produsen baterai ABC.

KEY TAKEAWAYS

  • PT International Chemical Industry (Intercallin), selaku produsen baterai ABC

    Sudah berdiri sejak 1958
  • Mulai tawarkan jenis lithium untuk kendaraan listrik

    Mulai dari sepeda, motor sampai mobil
  • Sudah eksis sejak 1958 silam, fokus utama ABC saat itu hanya membuat baterai pack buat kebutuhan alat elektronik. Namun, seiring masifnya penggunaan kendaraan listrik mereka turut berekspansi membuat baterai lithium yang mulai diperjualbelikan sejak awal 2022 ini.

    "Konsumen kita saat ini perusahaan, bukan user (pemakai langsung). Karena kita membuat cell-nya yang kemudian dirakit menjadi berbagai bentuk (pack) oleh perusahaan tertentu untuk sepeda, motor, atau macam-macam," kata Direktur Pemasaran PT Intercallin, Hermawan Wijaya saat berbincang dengan OTO.com di JIExpo.

    Baterai ABC lithium

    Baca juga: Kolaborasi SWAP Energi Indonesia dengan Baterai ABC Percepat Penggunaan Kendaraan Listrik

    Sebab menurutnya ketika menjual cell baterai lithium secara retail konsumen atau user tak bisa langsung menggunakannya. Butuh alat khusus untuk menjadikan sebagai baterai pack buat kendaraan listrik. Namun, pihak ABC juga menerima konsumen yang melakukan order dalam bentuk pack sesuai permintaan.

    "Baterai pack itu berbentuk 1 kemasan, kemasannya inilah yang bisa dibuat dan diberikan kepada ABC kita bisa dan punya kemampuan itu. Atau perusahaannya mampu membuat pack, beli per cell juga bisa," kata dia.

    Baterai ABC lithium

    Prinsip atau fokus bisnis dari perusahaan, lanjut Hermawan, ABC membangun industri atau produksi untuk cell baterai saja, meskipun secara fasilitas mereka bisa membuat pack baterai.

    "Karena tergantung dengan pembeli, konsumen ada yang punya pack-nya sendiri. Jadi sesuai permintaan, karena memang ada perusahaan yang cuma rakit tak bisa membuat pack baterai jadi mereka order dan terima beres," katanya.

    Baterai ABC lithium

    Harga Baterai Kendaraan Listrik Produksi ABC

    Soal harganya, untuk membeli 1 buah cell baterai lithium ABC dihargai Rp60 ribu. Sementara jika konsumen memesan dalam bentuk pack kisaran banderolnya mulai Rp4 juta sampai Rp 20 juta.

    "Range-nya luas dan besar ya, tergantung pesanan. Harga itu disesuaikan dengan daya, ada yang kecil, besar, atau besar sekali. Kemudian ada beberapa pesanan lagi seperti ingin dipasang unit BMS, casing, konektor, IoT, atau yang bisa dilacak. Jadi disesuaikan dengan pesanan," pungkasnya.

    Baterai ABC lithium

    Industri Kecil

    Sebagai salah satu produsen baterai yang bisa dibilang pionir, ABC bukan cuma menerima konsumen dengan skala industri besar saja. Mereka sudah menerima atau memiliki konsumen dengan skala bisnis kelas kecil atau rumahan.

    "Jadi kita lihat dan anggap mereka sudah ada bisnis, meskipun industri rumah tangga itu boleh beli di kita. Jadi secara industri ada 3 hal, cell, pack, dan kendaraan listrik-nya. Kita fokus di cell, tapi bisa juga jual dalam bentuk pack," imbuhnya. (KIT/TOM)

    Baca juga: Deretan Motor Listrik yang Tampil Perdana di PEVS 2022

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature