5 Mobil Terbaik 2018 Versi Jeremy Clarkson

5 Mobil Terbaik 2018 Versi Jeremy Clarkson

Jeremy Clarkson, jurnalis otomotif (Inggris) kawakan beberkan mobil favorit yang pernah diuji. Ia mengumumkan lima mobil terbaiknya tahun lalu pada kolom Driving di The Sunday Times. Tidak mengherankan, tak satu pun dari deretan unit yang harganya terjangkau. Sebut saja seperti Lamborghini, Porsche, Alpina, Aston Martin hingga Bentley.

Ya, itu selera personalnya. Clarkson menghibur para pecinta otomotif dengan humor jenaka di layar TV. Namun, ia juga tetap menjadi jurnalis otomotif yang disegani dan punya gaya penyampaian yang unik. Jam terbangnya tak perlu diragukan lagi. Mengendarai beberapa kendaraan terbaik (dan terburuk) jadi makanan harian.

Apa mobil paling favorit Clarkson selama 2018? Pilihan utamanya jatuh pada Lamborghini Huracan Performante. Ia pertama kali mengendarai prototipe banteng muda ini menjelang akhir 2017. Lalu beberapa kali dirinya menguji lebih dalam bersama Huracan Performante pada 2018.

Racikan ulang mesin bensin V10 5,2 liter, membuat tenaga Performante meningkat 40 hp menjadi 640 hp. Raungan mesin tanpa turbo ini sangat menyenangkan. Namun selling point Performante ialah spoiler belakang bernama ALA. Secara pintar sayap mengatur embusan angin, demi kestabilan mobil.

Kami pun mengakuinya. Butuh usaha keras untuk membuat mobil sedikit tergelincir kala bermanuver keras. Racikan insinyur Lambo mambuat Huracan Performante seolah sangat lengket saat menapaki aspal.

Masuknya kejutan dalam daftar lima mobil terbaik Clarkson 2018 adalah Porsche 911 GT2 RS. Bukan rahasia umum, kalau dirinya tidak pernah menjadi penggemar Porsche 911. Tetapi dengan 911 RS GT2, ia menghadiahi lima bintang penuh. Jadi tak hanya Performante saja yang mendapatkan nilai sempurna.

Kendaraan lain yang sangat berkesan bagi Clarkson tahun lalu berupa Alpina B5. Menurutnya, inilah BMW 5-Series terbaik yang pernah dikendarai. Menurutnya, mobil menggabungkan kenyamanan luar biasa dengan V8 twin-turbo yang menghasilkan 600 hp. Jadi B5 pilihan sempurna. Tentulah bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang sedikit lebih halus dan patuh daripada BMW M5.

Lalu kendaraan lain yang menerima pujian dari Clarkson, sebuah Aston Martin Vantage anyar. Vantage punya desain pahatan bodi mengalir dan mesin yang khas. Sesuai dengan target marketnya. Kaum aristokrat yang seolah senyap namun berpotensi.

Clarkson menjadi penggemar berat model Aston Martin Vantage selama bertahun-tahun. Jadi tidak terlalu mengejutkan kala ia begitu menyukai model baru. Konon menurutnya, Vantage ialah salah satu mobil sport baru yang lebih baik dari model lain yang dibuat Aston Martin saat ini. Dan mobil terakhir dengan empat bintang: Bentley Continental GT terbaru. Ia suka lantaran desainnya yang ditata rapi dan posisi pengendaraan yang nyaman. (Alx/Odi)

Sumber: The Sunday Times

Baca Juga: 10 Mobil Terlaris 2018

GIIAS 2021

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil