4 Mobil Konsep Honda yang Melakoni Debut di Indonesia

4 Mobil Konsep Honda yang Melakoni Debut di Indonesia

Pabrikan kerap memamerkan mobil konsep, sebelum menjadi barang massal. Fase ini menjadi tahap awal dari lahirnya suatu produk. Kendaraan dalam level ini, muncul dan dikembangkan berdasarkan survei pasar. Meliputi selera, daya beli, kebutuhan maupun keinginan konsumen. Tujuannya tak lain, saat model masuki jalur produksi, diharap bisa diterima khalayak. Nah, di Indonesia Honda Prospect Motor (HPM) sudah menampilkan empat concept car.

Bahkan tiga di antaranya sekarang menjelma menjadi kendaraan massal. Sekadar info tambahan. Saat menunjukkan konsep, tim R&D membuat sebuah mobil replika untuk menggambarkan wujud dengan lebih jelas. Hal ini berguna untuk mengukur reaksi market, guna mengetahui apakah kelak rancangan mobil itu cocok untuk direalisasikan. Berikut model Honda yang debut di Tanah Air.

Honda LMPV Concept 2013

Honda LMPV Concept (2013)

HPM kali pertama melakukan debut dunia dengan memperlihatkan sketsa resmi Low MPV Concept. Sekarang terlahir sebagai Honda Mobilio. Model ini kemudian tampil publik melalui Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Kemudian mulai dipasarkan pada kuartal pertama 2014. Waktu itu, potensi market di lahan mobil keluarga tujuh penumpang begitu besar. Bahkan hingga sekarang.

Nah, LMPV Concept merupakan model pertama yang dirancang Honda khusus untuk pasar Indonesia. Mobil ini juga menjadi produk pertama Honda di Indonesia berada di kelas LMPV. Segmentasi terbesar di pasar otomotif nasional terdiri dari model entry-level MPV. Hasratnya kala itu ingin mencuri “kue” dari duet Toyota Avanza dan Xenia.

Gagasan LMPV Concept, selain menawarkan kapasitas tujuh tempat duduk dalam konfigurasi tiga baris. Menurut Honda, kendaraan ingin mencuatkan desain inovatif, kesenangan berkendara, kabin lapang. Serta standar keselamatan tinggi, menjadi ciri khas dari setiap produk HPM. Jantung pacu yang dipamerkan didukung oleh mesin 1,5 liter. Dibilang bisa menawarkan performa sekaligus hemat bahan bakar. Mesin itu masih melekat di Mobilio sekarang.

Baca juga: Ragam Promo Perawatan Kendaraan APM Jelang Libur Lebaran

Honda BR-V Prototype 2015

Honda BR-V Prototype (2015)

Selang dua tahun, tepatnya pada 2015. Honda Prospect Motor meluncurkan sebuah mobil konsep BR-V Prototype di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Mengusung Advanced Screen Hunter, kendaraan diperuntukkan untuk konsumen yang menyukai tantangan. Senang pergi ke mana saja dalam mencari hal-hal baru. Di tataran ini, pabrikan menyuguhkan sebuah mobil tangguh, namun tetap nyaman dan mempunyai utilitas tinggi.

Tampilan Honda BR-V dilengkapi dengan solid motion pillar dan ground clearance lebih dari 200 mm. Roof Rails berukuran besar memberikan kenyamanan plus fungsi tambahan. Lampu depan maupun grill depan dirancang dalam satu garis menyatu. Hasilnya memberi tampilan tajam, juga lebih lebar dengan desain khas Honda Solid Wing Face. LED Position Headlight berikut Aero Kit terpasang lebar. Ia dirancang agar mencerminkan kesan tangguh, sporty, sekaligus premium. Sementara itu, pelek alumunium 16 inci semakin menambah tampilan dinamis.

Jantung pacu didukung dengan mesin empat silinder 1,5 liter i-VTEC DOHC. Dengan teknologi Earth Dreams, unit sanggup berdenyut maksimum 120 PS (88kW) pada 6.600 rpm serta torsi puncak 145 Nm di 4.600 rpm. Mobil ini memadukan kombinasi antara sensasi berkendara, efisiensi bahan bakar, plus emisi gas buang CO2 rendah.

Honda Small RS Concept 2018

Honda Small RS Concept (2018)

Melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Mereka mengenalkan sebuah mobil konsep berukuran kompak: Honda Small RS Concept. Hacthback mungil ini mengusung desain sporty. Sangat sesuai dengan target market kawula muda. Itu tercermin dari pemasangan body kit di sekujur bodi. Termasuk fitur air scoop yang terdapat di bagian tengah kap mobil. Tail gate spoiler di pintu bagasi. Lalu diffuser dengan dua buah knalpot di sisi kiri serta kanan.

Empat bulan kemudian, Honda Small RS Concept diwujudkan melalui versi produksi massal sebagai All New Honda Brio di GIIAS 2018. Sejak saat itu, mobil menuai sambutan positif dari konsumen Indonesia. Banyak mendapat penghargaan dan berhasil menjadi kendaraan terlaris di Tanah Air sepanjang 2020.

Baca juga: Honda Indonesia Rilis New Civic Type R Senilai Rp 1,177 Miliar, Simak Kehebatannya

Honda N7X 2021

Honda N7X

Yang terbaru, kemunculan N7X pada 3 Mei 2021. Ia dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., berdasarkan studi ekstensif dari konsumen di berbagai negara. Termasuk di Indonesia. Mobil konsep ini mengadopsi berbagai keunggulan dari Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Tujuannya untuk menciptakan mobil 7-seater sebagai mobilitas di berbagai kondisi jalan. Kata Honda, N7X Concept memadukan kenyamanan premium serta kelapangan khas dari MPV dengan ketangguhan maupun gaya sebuah SUV.

Dari tampak luar, N7X Concept menampilkan bodi ramping dengan garis tajam. Kap mesin tampak kokoh dan ban berukuran besar demi penyempurnaan tampilan kuat sekaligus elegan. Dipersembahkan untuk keluarga generasi X. Mobil konsep ini dirancang supaya memberikan kebanggaan dan kesenangan untuk penggunanya. Sekaligus mendukung gaya hidup seimbang antara aktivitas pribadi dengan kebersamaan keluarga.

“N7X adalah konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7-seater. Tidak hanya menawarkan performa berkendara yang menyenangkan. Tetapi juga ketenangan serta kenyaman sebuah mobil premium untuk seluruh penumpang. Kami sangat bangga menjadikan Indonesia sebagai yang pertama di dunia untuk mengenalkan N7X Concept. Sebuah konsep yang dapat mendefinisikan ulang mobil di kategorinya, juga kesenangan berkendara,” ucap Takehiro Watanabe, President Director Honda Prospect Motor.

Jika Anda ingin melihat secara langusung N7X Concept. Saat ini tampil bagi publik di Dreams Cafe by Honda. Lokasi tepatnya di lantai dasar Mall Senayan Park, Jakarta. Ia dipajang sampai dengan 6 Juni 2021. Nah, sampai saat ini Honda belum menjurus lebih detail bagaimana spek dan penaamaan produk tatkala menjadi massal. Kemungkinan besar mengacu pada All New BR-V. Ada sejumlah prediksi dan ekspektasi dari OTO.com di artikel lain. Tunggu kejutan di GIIAS, Agustus 2021. (Alx/Raju)

Sumber: Honda

Baca juga: Sudah Waktunya Honda BR-V Berubah, Simak Ekspektasi Spek Berdasar N7X Concept

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda