Yuk Kenali Ragam Jenis Helm dan Kegunaannya, Mana Favorit Anda?

Yuk Kenali Ragam Jenis Helm dan Kegunaannya, Mana Favorit Anda?

Helm merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus digunakan ketika sedang berkendara. Piranti keselamatan ini berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan. Jadi tak sekedar hiasan penutup kepala. Melihat fungsi vital penggunaan, maka penting bagi siapa pun untuk memilih helm terbaik dan ternyaman sesuai dengan kebutuhan.

Secara aturan, helm diwajibkan bagi pengendara sepeda motor dan ada aturannya yaitu sesuai standarr nasional Indonesia (SNI). Hal ini diatur dalam Pasal 57 ayat (1) jo ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada pasal (1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor. Dilanjutkan dengan pasal (2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.

Seiring perkembangan zaman, produsen pelindung kepala berbondong-bondong memproduksi berbagai macam jenis helm sesuai dengan fungsinya. Sebelum membeli perangkat keselamatan satu ini, kenali dulu ragam jenis dan kegunaannya.

Helm Full Face

Helm Full Face

Helm jenis ini mampu memberikan perlindungan penuh untuk seluruh area kepala. Mulai dari bagian belakang, wajah hingga dagu. Memiliki daya tahan dan proteksi yang sangat baik dalam meredam benturan. Membuat kepala pemakai juga lebih terlindungi dari hujan, angin, serangga, panas menyengat bahkan hingga kerikil dan debu yang beterbangan di jalan.

Cocok digunakan buat semua jenis motor dan ketika berkendara jarak dekat maupun jauh. Bahkan model ini juga bisa dipakai saat melaju dengan kecepatan tinggi atau dalam ajang balap. Kekurangan helm full face adalah sudut padang pengendara menjadi tak terlalu bebas, meskipun sebenarnya tetap nyaman-nyaman saja untuk dipakai berkendara.

Helm Open Face

Model ini biasanya digunakan dan digemari oleh para pengguna motor klasik, lantaran bentuknya bulat dan sederhana. Ia sebetulnya tidak terlalu sesuai jika digunakan untuk berkendara jarak jauh, karena bagian wajah terbuka tanpa perlindungan. Kelebihan helm ini tentu saja lebih ringan dan terasa bebas dan lega ketika dipakai, penglihatan tak terhalang dan napas pun lancar tanpa tertutup apapun.

Helm Half Face

Helm Half Face

Boleh dibilang model ini merupakan hasil modifikasi dari helm open face. Ditambahkan berupa visor atau kaca pelindung di bagian depan untuk melindungi wajah. Lebih aman dari model terbuka dan mampu memberikan perlindungan lebih baik.

Keunggulan helm half face yakni penggunaan lebih mudah ketimbang full face, jarak pandang lebih terbuka dan pengendara tidak merasakan engap ataupun panas. Sebab bagian bawah yang terbuka mampu memberikan sirkulasi udara. Tapi karena bagian bawah terbuka, ia tidak direkomendasikan ketika perjalanan jarak jauh, karena perlindungannya kurang optimal.

Helm Modular / Flip Up

Ia memilki fungsi yang sama dengan helm full face. Model ini juga bisa disebut perpaduan antara helm full face dan half face. Bagian rahang dan visornya bisa diangkat, sehingga wajah dari pemakainya bisa terlihat seperti menggunakan helm half face.

Helm ini cocok digunakan untuk perjalanan jauh karena mampu memberikan proteksi maksimal seperti model full face. Tapi ia lebih mudah dan ringkas karena bila pengendara merasa haus atau gatal pada bagian wajah, tak perlu repot-repot membuka seluruh bagian helm. Sangat cocok dipakai untuk semua jenis naked bike ataupun tipe touring.

Baca juga: Menakar Biaya Turun Mesin Motor Matic dan Penyebabnya

Helm Cross

Helm Cross / Offroad

Selalu digunakan untuk para pembalap motor cross atau trail. Akibat risiko tinggi saat melahap medan terjal, helm ini mampu memberiproteksi lebih dari hanya sekadar melindungi kelapa dari angin dan debu. Bagian dagu yang menonjol dan kacamata khusus yang digunakan, dimaksudkan untuk melindungi pengendara dari kemungkinan cedera akibat kecelakaan.

Helm ini menutup seluruh bagian kepala dan hanya menyisakan bagian hidung hingga mata yang dibiarkan terbuka, agar alur udara untuk bernapas tetap lancar saat berkendara.

Helm Dual Sport

Secara tampilan, helm yang satu ini bentuknya mirip dengan helm off-road. Hanya saja desainnya sedikit lebih aerodinamis. Lalu ada visor juga untuk melindungi mata, bukan pakai goggle seperti helm off-road. Ia juga mampu memberikan proteksi penuh bagi kepala. Pelindung kepala model ini lebih cocok digunakan untuk motor bergaya ALTO, alias All Terrain Off-Road. (Bgx/Raju)

Baca juga: 8 Fungsi Penting Oli Sepeda Motor, Anda Wajib Tahu

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor