• Wishlist

Mau Beli Toyota Fortuner TRD Sportivo Bekas? Ini Panduannya

Mau Beli Toyota Fortuner TRD Sportivo Bekas? Ini Panduannya

Toyota Fortuner pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2005 dalam bentuk utuh (Compeletely Built Up) Thailand. Masuk dalam genre SUV (sport utility vehicle), Fortuner menggunakan platform Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV), berbagi basis

dengan Toyota Hilux serta Toyota Kijang Innova.


Dibekali desain yang gagah, tak sulit bagi Toyota Fortuner untuk menarik perhatian konsumen di Indonesia. Menyusul kesuksesan itu, pada awal tahun 2007 Toyota Fortuner versi mesin

bensin mulai dirakit dalam bentuk terurai (Completely Knock-Down) di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat. Ada tiga varian mesin bensin (2TR-FE) yang mereka tawarkan, yakni 2.7 G, 2.7

G Lux, dan 2.7 V 4x2 dan 4x4. Tenaga maksimumnya 160 hp pada 5.200 rpm, dengan torsi maksimum mencapai 246 Nm di 3.800 rpm.


Toyota Fortuner diesel 2014


Masih di tahun yang sama, Toyota Astra Motor (agen pemegang merek Toyota di Indonesia), mulai memasarkan Toyota Fortuner G bermesin diesel (2KD-FTV). Mesinnya berkapasitas 2,5

liter D-4D, atau Direct Four Stroke Turbo Common Rail Injection dengan transmisi 5 speed. Selanjutnya, Toyota Fortuner mengalami facelift pada tahun 2008. Pembaruan terjadi pada lampu depan model proyektor, lampu belakang desain baru, grille baru serupa Toyota Land Cruiser seri 200, serta velg alloy yang juga baru.


Di sektor interior, Fortuner menggunakan warna baru dan panel kayu. Sebagai penunjang kenyamanan, sudah terdapat AC bagi tempat duduk baris kedua dan ketiga. Fortuner 2.5 G juga tersedia dengan TRD Sportivo body kit, yang juga merupakan aksesori untuk Fortuner 2.7 G. Tahun 2009, Fortuner Diesel dilengkapi dengan transmisi otomatis. Kehadiran Fortuner diesel ini dianggap lebih mumpuni. Karena memiliki tenaga dan torsi yang besar, namun lebih irit bahan bakar. Hal ini membuat Fortuner bermesin diesel laku keras.


 


Facelift kedua Fortuner terjadi pada tahun 2011 yang ditandai dengan perubahan lebih besar pada bagian depan, belakang, serta interior. Bagian depan memiliki banyak perubahan desain

pada grille, lampu depan dan bumper. Desain grille sekarang memiliki 3 garis utama horisontal, lampu depan model proyektor memiliki desain baru, rumah lampu kabut depan didesain ulang

bersama bumper depan yang sekarang dilengkapi scuff plate yang membuatnya lebih datar ketimbang model sebelumnya.


Bumper bagian belakang didesain ulang bersama dengan cluster lampu belakang. Lampu belakang sekarang bening berbentuk membundar dan terintegrasi. Interior terutama konsol tengah dan setir berubah hsedikit ketimbang versi terdahulu yang sangat mirip Kijang Innova.  tipe TRD Sportivo juga turut dilengkapi dengan Kamera Parkir, TRD Sportivo Suspension dan body kit. Tak berapa lama, Toyota juga menghadirkan Fortuner versi TRD Sportivo. Dengan tampilan tersebut, mobil ini diklaim tak hanya sangar, namun lebih bergaya sporty.


Selang dua tahun atau tepatnya 22 Januari 2016, Toyota akhirnya merilis Fortuner terbaru. Tentu saja, tampilan Fortuner generasi kedua sangat berubah total mulai dari eksterior, interior hingga mesinnya.


Perubahan memang paling jelas terlihat pada bagian wajah, terutama pada bagian lampu utama lebih pipih, fog lamp, dan grille, sehingga jadi tambah stylish dan modern. Saat ini, Toyota menawarkan beberapa varian Fortuner seperti 2.4 G M/T diesel dan 2.4 G A/T diesel, 2.4 VRZ A/T diesel dan 2.4 VRZ A/T diesel TRD, lalu dan 2.7 SRZ A/T bensin dan SRZ A/T bensin TRD, kemudian 4x4 2.4 G A/T diesel dan 4x4 2.4 VRZ A/T diesel. Popularitas Toyota Fortuner tidak hanya membuat unit barunya diburu, tetapi begitu juga mobil bekasnya. Salah satunya adalah Toyota Fortuner G TRD VNT Turbo 2014.


Harga


Di pasar mobil bekas, harga Toyota Fortuner Diesel G VNT TRD 2014 berkisar Rp 265 juta hingga Rp 325 jutaan (harga tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu). Harga tersebut tentu

terbilang masih tinggi untuk mobil berusia 6 tahunan, dan ada kaitannya dengan popularitas mobil ini sebagai SUV tahan banting di mata pengguna.


Fortuner diesel TRD


Tetapi realistiskah harga yang terapkan para pedagang mobil bekas itu? Tergantung kondisinya. Jika kondisi mesin, eksterior dan interior masih apik, rasanya cukup masuk akal. Guna membantu Anda mencari unit Toyota Fortuner Diesel G VNT TRD 2014 terbaik, berikut tips dari kami.


Pengecekan


Jika Anda tertarik membeli Toyota Fortuner G TRD VNT 2014, ada beberapa hal yang tentunya perlu diperhatikan. Menurut inspektur mobil bekas di oto.com, ada bagian yang harus Anda cek dengan saksama. Misalnya suspensi. Pada sektor ini, Anda harus teliti mengecek apakah ada kebocoran apa tidak. Anda juga perlu untuk melakukan test drive guna mengetahui respons suspensinya.


Suspensi Fortuner TRD 2014


Beralih ke sektor mesin. Pastikan mengecek ketinggian oli mesin, lihat pula apakah ada kebocoran dari seal-seal mesin. Jika mesin terasa tersendat atau pincang kemungkinan terjadi masalah pada injektor mobil.


Faktor pengecekan lainnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah melihat anomali pada asap knalpot. Lihat apakah asap tersebut tebal atau tipis. Cek pula kandungan dan konsistensi oli mobil. Lihat pula apakah ada kebocoran dari seal mesin.


Selanjutnya, stater mobil. Perhatikan sinyal lampu di panel instrumen, jika tidak menyala dalam waktu lama kemungkinan ada masalah pada mesin. Jangan lupa menanyakan terakhir

penggantian Filter Solar terakhir kapan kepada pemilik mobil (standarnya setiap 20.000 KM).


Lakukan test drive untuk mengetahui fungsi transmisi. Pastikan tidak ada jeda signifikan ketika menginjak gas dan respons tenaga (pada transmisi matik). Sementara pada transmisi manual, pastikan tidak ada getaran pada saat perpindahan gigi.


Kata Pengguna


Lantas bagaimana Toyota Fortuner G TRD VNT AT 2014 dari mata penggunanya? Menurut David Husaini seorang Manager di sebuah perusahaan swasta yang membeli Toyota Fortuner G TRD VNT AT 2014 dalam kondisi bekas, ada beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan. “Menurut saya, transmisinya jadul. Kurang nikmat buat high speed,” sebutnya.


David yang juga sering melakukan turing jarak jauh bersama Fortuner miliknya, menyebut per belakang SUV bongsor ini sering mentok ke stopper ketika mobil diisi penuh (7 seater). Tetapi dia mengaku tidak terganggu dengan masalah ini, karena dalam kondisi normal per TRD yang lebih pendek dan stiff, akan mendongkrak kemampuan pengendalian ketika melewati tikungan. “Interiornya juga standar banget, namun luas dengan jok yang empuk,” imbuhnya.


Sebagai pemilik, David juga puas karena Toyota Fortuner G TRD VNT AT 2014 menggunakan mesin bertipe 2KD-FTV. Mesin tersebut dapat diandalkan dan tidak masalah ketika dipaksa meminum solar biasa. Dia juga memuji fitur audio standar yang sudah dilengkapi beragam fitur.


Membeli dan Memiliki


Toyota Fortuner G TRD VNT AT tahun 2014 masih dijual dalam harga yang cukup tinggi. Sekali lagi, agar tidak salah memilih, lakukanlah pengecekan yang mendalam dan terperinci. Kembali kami ingatkan untuk melakukan test drive dan riwayat servis mobil tersebut. Anda dapat pula membawa mekanik kala melakukan uji coba guna mendapatkan pendapat ahli.


Jika menginginkan Toyota Fortuner bekas, Anda dapat membelinya melalui Mobil88. Di sini Anda akan mendapatkan Toyota Fortuner dengan kondisi bagus, bahkan usianya tidak terlalu tua. Di Mobil88 ada jaminan berupa buyback guarantee untuk pembelian merek dan tipe mobil apa pun. Jika ada salah satu dari poin garansi yang tidak sesuai, Anda tidak akan merugi karena mobil itu bisa dibeli kembali.


Selain itu, Anda juga dapat membelinya melalui oto.com karena mobil-mobil yang diniagakan di situs ini sudah menjalani verifikasi dari team kami. Selain itu, harganya pun sangat bersaing.