Inilah Versi Lego dari Mobil-Mobil Populer di Dunia

Inilah Versi Lego dari Mobil-Mobil Populer di Dunia

Mengisi waktu saat liburan panjang dengan kegiatan yang kreatif bisa dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya adalah membangun sebuah mobil. Tetapi yang kami maksud disini bukanlah mobil sungguhan, melainkan jajaran produk dari Lego Group. Ya, produsen mainan berbentuk rakitan komponen asal Denmark ini rupanya telah menyulap beberapa model mobil mulai dari brand otomotif asal benua Eropa hingga Amerika sehingga sangat menarik untuk dibangun dan dikoleksi.

Oleh karenanya, dalam kesempatan ini, OTO merangkum beberapa mobil populer yang telah dibuat dalam versi Lego. Konon, dalam merakit mobil mainan tersebut, melibatkan ratusan hingga ribuan komponen dan tentunya beberapa lembar petunjuk perakitannya. Lalu seperti apakah tampilan mobil-mobil tersebut? Apakah tetap menarik dan membuat Anda penasaran untuk merakitnya? Berikut ulasannya.

Ferrari F40

F40 pun dijadikan Lego

Siapa tak kenal dengan supercar berkelir merah asal negeri Pasta ini? Ya, Ferrari F40 mobil super legendaris buatan tahun 1987 sampai 1992. Meskipun dibangun diatas 1.158 komponen Lego, namun Lego Creator tetap berhasil membuatnya bercitarasa seperti versi sesungguhnya. Mobil mainan yang diluncurkan tahun 2015 ini menerapkan garis bodi dinamis, spoiler besar, velg palang 5, bumper belakang yang khas plus posisi knalpot di tengah dan lampu depan bergaya 'pop-up'.

Bahkan, menariknya di bagian pintu, bagasi plus kap mesinnya dapat dibuka dan Anda bisa menemukan sepasang jok sporty, lingkar kemudi dengan lambang kuda jingkrak, ruang penyimpanan barang di area depan serta depot tenaga berkonfigurasi V8 Twin Turbocharged.

Mini Cooper Mk VII

Mini Cooper lego

Tak hanya Ferrari, tetapi mobil edisi populer lainnya yang diterjemahkan oleh Lego Creator adalah Mini Cooper MkVII. Dimana ini merupakan generasi terakhir dari Mini sebelum berubah penampilannya seperti yang kita temukan saat ini. Varian brand britania raya yang diluncurkan di tahun 1996 ini dipasarkan oleh Lego pada tahun 2014 dengan melibatkan 1.077 komponen.

Secara garis besar, tampilannya memiliki kesamaan seperti gaya desain dua pintu, lampu depan dan lampu kabut berbentuk bulat serta garis strip putih. Sedangkan, di bagian interiornya, tampak dashboard khas Mini dengan jok depan yang bisa terlipat plus atap yang bisa dilepas. Karena identik dengan mobil piknik, Lego juga menyertakan aksesoris keranjang basket di bagian bagasi plus ruang penyimpanan ban cadangan di area bawahnya.

LaFerrari

supercar hybird racikan lego

Bila Anda bermimpi untuk memiliki Supercar hybrid berkode F150 asal Italia ini atau mungkin tidak kebagian unit karena memang diproduksi terbatas hanya 499 unit selama tahun 2013 sampai 2015, setidaknya versi Legonya bisa sedikit menghibur. Ya, Lego Speed Champions memiliki varian LaFerrari di tahun 2015 dalam dimensi yang imut yakni panjang 14 cm, lebar 5 cm dan tinggi 4 cm.

Tercatat sebanyak 164 keping yang dipakai dalam rangka membangunnya. Menyempurnakan penampilannya, Lego mempertahankan bentuk bumper depan yang sporty, lampu belakang yang bulat dan garis atap dinamis. Lalu untuk kaca depan, roda dan mini figur mengenakan racing suit Ferrari yang bisa dibongkar pasang.

Ford Mustang GT

Pabrikan Amerika pun ada legonya

Bagi pecinta muscle car Amerika, Lego Speed Champions pun menghadirkan varian Ford Mustang GT di tahun 2016. Mobil edisi aslinya yang sudah memasuki generasi ke-6 ini tetap tampil dengan kap mesin yang panjang, dua pintu, grill radiator yang besar dan lampu belakang bergaris vertikal serta knalpot ganda dibawah bumper.

Untuk urusan dimensinya, sama seperti model LaFerrari, yakni panjang bodi 14 cm, lebar 5 cm dan tinggi atap 4 cm sedangkan jumlah kepingnya jauh lebih banyak yakni 185 buah. Sebagai model mobil yang dikenal dengan mesinnya yang besar, maka Lego menyajikan pendukung diorama berupa timing board yang biasa digunakan saat drag race berjarak 402 meter.

McLaren P1

P1 versi Lego

Bila bosan dengan LaFerrari, Anda mempunyai pilihan alternatif yakni McLaren P1. Lego Speed Champions menyajikan penampilan supercar hybrid yang diproduksi di Surrey Inggris dengan menjunjung identitas utamanya. Yakni spoiler besar dan melengkung, area berkelir hitam di bagian pintu serta bumper depan plus warna eksterior jagoannya yakni Volcano Yellow.

Mengenai komponen pembangun model Lego keluaran tahun 2015 ini terdiri dari 168 buah. Fitur yang dimiliki oleh mobil mainan ini adalah kaca depan dan ban yang bisa dibongkar pasang dan mini figur yang memakai baju balap McLaren. Untuk dimensi bodinya, setelah selesai dirakit, akan sama seperti Ford Mustang GT dan supercar hybrid Ferrari.

Porsche 918 Spyder

Salah satu Porsche buatan Lego

Lebih suka dengan super car hybrid atap terbuka atau fans berat dari Porsche? Tenang saja karena Lego Speed Champions memiliki model Porsche 918 Spyder. Mobil versi produksinya sudah memulai debut perdananya di ajang Geneva Motor Show tahun 2013 dan termasuk ke dalam varian edisi terbatas, karena hanya dibuat sebanyak 918 unit saja.

Sehingga tidak salah bila Lego merilisnya pada tahun 2015 lalu guna memenuhi hasrat pecinta dan kolektor Porsche di seluruh dunia. Dalam membangun mobil mainan tanpa atap ini, diikutsertakan sebanyak 151 komponen. Pun setelah selesai dirakit, selaras dengan komponen yang lebih sedikit maka dimensi panjang bodinya juga lebih kecil yakni 13 cm.

Chevrolet Corvette Z06

Corvette Lego

Model mobil lain dari Lego Speed Champions yang berasal dari benua Amerika lainnya adalah Chevrolet Corvette Z06. Ya, varian supercar berlambang bowtie ini sudah memulai debutnya di Detroit Auto Show 2014 dan baru diniagakan oleh versi Legonya tahun 2016. Ciri khasnya yakni bonnet yang panjang, sepasang pintu, spoiler yang rendah dan kelir warna Corvette Racing Yellow Tintcoat turut dirasakan di edisi ini.

Mengingat kapasitas depot tenaga 6.5L berkonfigurasi V8 yang besar, Lego membundlingnya dengan miniatur kamera TV untuk menangkap aksinya saat berada di ajang drag race 402 meter bersama Ford Mustang GT. Jumlah komponen Lego yang diperlukan dalam membuatnya sebanyak 173 buah.

Porsche 911 GT3 RS

Porsch terbaru buatan Lego

Yang terakhir ini, berbeda genus dengan produk Lego yang lain yakni Lego Technic. Berdimensi lebih besar, memakai jumlah komponen Lego yang banyak dan mengaplikasikan sistem mekanis. Salah satu modelnya adalah Porsche 911 GT3 RS, dimana mobil mainan ini merupakan bentuk kerjasama langsung dengan Porsche sehingga fitur dan fungsi yang dikenakannya menjadi lebih menarik.

Seperti pintu mobil, bagasi dan kap mesin yang bisa terbuka, spoiler belakang yang bisa diatur, lingkar kemudi yang bisa mengatur arah ban depan sampai dengan paddleshift yang merubah posisi gigi transmisi. Kemudian untuk komponen detailnya terdapat nomor serial di dalam glovebox, per suspensi berwarna merah hingga kaliper rem yang bertuliskan Porsche.

Lalu seberapa besarkah dimensi dari produk yang diluncurkan Lego tahun 2016 ini? Ya, panjang bodi 57 cm, lebar 25 cm dan tingginya 17 cm sedangkan jumlah keping yang diperlukannya untuk merakitnya sebanyak 2.700 buah.

Baca Juga: Nissan GT-R kini ada varian berbaling-baling

Foto : Lego