jakarta-selatan

11 Kunci Mobil Terunik yang Bisa Dikoleksi

  • 19 Jan, 2019
  • 503 Kali Dilihat

Pabrikan mobil berlomba menawarkan produk yang mempunyai tampilan dan fitur memukau. Tujuannya, agar disukai konsumen. Uniknya, beberapa bahkan sampai mendesain kunci mobil dengan penuh perhatian, seolah komponen itu menjadi identitas tersendiri. Wajar saja, mengingat peranti itulah yang dibawa pemilik kemana-mana.


Berikut 11 kunci mobil paling unik yang cocok dijadikan benda koleksi, seperti dilansir dari Motor1.



1. Honda NSX


Wujud kunci Honda NSX pada 1990-an terlihat sangat sederhana. Pernah ada mitos yang mengatakan, materialnya dari titanium, sehingga sulit dipatahkan atau dipotong dengan teknik biasa. Namun, kenyataannya tidak seperti itu. Benda ini dibuat dari campuran material nikel dan tembaga yang disebut monel.


2. BMW


BMW menggunakan kunci elektronik pada model-model terbarunya. Bentuknya seperti remote control yang dilengkapi layar sentuh mini. Desainnya sangat futuristik dan bisa digunakan untuk mengakses berbagai fitur, seperti menyalakan mesin dan pendingin kabin atau menggerakkan kendaraan.


3. Ferrari


Lini Ferrari pada awal 2000-an dilengkapi kunci berdesain sederhana. Lambang kuda jingkrak berukuran cukup besar tertempel di kepalanya. Walau begitu, harga yang ditawarkan terbilang mahal, mencapai Rp 35 jutaan. Anda bisa mendapatkannya di toko jual-beli di dunia maya.


4. Porsche 911


Porsche menjadi salah satu merek yang kuncinya sering dihadirkan di pasar aftermarket. Seperti kunci buatan Formawerx satu ini. Dibuat dari baja antikarat, desainnya simple dengan detail enam lubang di kedua sisi. Aksen ini menunjukkan, mesin yang diusung Porsche boxer enam silinder segaris. Harga yang dipatok berkisar Rp 3,5 jutaan sampai Rp 4,2 jutaan, tergantung detailnya.



5. Land Rover Defender


Formawerx juga pernah memproduksi kunci Land Rover Defender. Bahkan variannya mencakup banyak lini Defender, mulai dari 90, 110 hingga 130. Dibentuk dari material baja antikarat, rupanya minimalis, namun terkesan modern. Harga yang disodorkan sekitar Rp 3,5 jutaan. Terdapat pula pilihan dengan aksen ukiran.


6. Koenigsegg


Kunci Koenigsegg dikenal punya tampilan yang aneh. Namun, ternyata tersedia pula versi yang lebih mencengangkan lagi, dan ini merupakan hasil personalisasi dari konsumen Koenigsegg Agera beberapa tahun lalu. Desainnya tak jauh berbeda, tetapi ada sentuhan berlian dan platinum yang membalut seluruh bodi. Jangan kaget mendengar harganya. Diperkirakan banderolnya sekitar Rp 3,5 miliaran atau setara Ferrari 488.


7. Mazda


Jika melihatnya, mungkin Anda langsung mengetahui, kunci ini milik Mazda. Pasalnya, di bagian kepalanya tergambar motif yang membentuk ruang pembakaran mesin rotary khas Mazda. Produk aftermarket ini ditawarkan di salah satu situs jual-beli seharga Rp 400 ribuan.


8. Mercedes-Benz


Tak banyak yang mengetahui, Mercedes-Benz merupakan pionir smart key. Diluncurkan pada akhir 1990-an, ujudnya memang tak semenarik sekarang. Malah lebih mirip tempat penyimpan kartu nama. Meski begitu, berkat inovasi itu, kini banyak pabrikan menggunakan teknologi kunci pintar.


9. Nissan GT-R


Nissan GT-R sempat mencuri perhatian desainer dari Square Circle Media, Danny Burnside untuk mendesain kuncinya. Tampilannya sangat atraktif dengan layar sentuh di tengah. Di dalamnya terdapat fitur pengontrol temperatur kabin, informasi kapasitas bahan bakar, pengingat waktu servis dan pengingat waktu perawatan. Selain itu, tersedia tombol untuk membuka pintu dan bagasi, serta menyalakan klakson. Sayangnya, ini hanyalah sebuah konsep. Tak pernah ada produk asli yang dibuat.


10. Nissan 300ZX


Nissan 300ZX memiliki kunci konvensional dengan desain yang juga unik. Tetapi perlu diingat, ini bukanlah produk aftermarket, melainkan asli keluaran pabrikan Nissan. Kepalanya dibentuk tidak simetris dan tercetak logo 300ZX dengan motif tenggelam. Cukup banyak penjual yang menjajakan kunci ini di situs jual-beli seharga Rp 300 ribuan. Opsi tanpa plastik dibanderol lebih mahal lagi, tetapi jumlahnya tak terlalu banyak.


11. Tesla Model S


Smart key sudah menjadi standar bagi lini produk Tesla. Yang paling menarik, tentu saja punya Model S. Wujudnya mengikuti siluet kendaraan dan diperkuat fungsi untuk memanggil mobil. Bahkan menurut kabar terbaru, Tesla menambah kemampuan agar kunci bisa diakses melalui smartphone. (Hfd/Odi)


Sumber : Motor1


Baca Juga: 5 Pilihan Motor dengan Fitur Smart Key

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi