Jangan Anggap Sepele Meninggalkan Anak Kecil di Dalam Mobil Tanpa Pengawasan

Jangan Anggap Sepele Meninggalkan Anak Kecil di Dalam Mobil Tanpa Pengawasan

Berkendara bersama buah hati atau anak kecil mungkin jadi kebiasaan sehari-hari bagi sebagian orang. Namun, terkadang orang dewasa bertindak ceroboh meninggalkan anak kecil di dalam kendaraan dengan alasan ada urusan sebentar. Meski pada awalnya terlihat sepele, namun hal ini beresiko untuk menjadi kejadian fatal yang membahayakan nyawa.

KEY TAKEAWAYS

  • Banyak resiko fatal bila meninggalkan anak kecil di dalam kendaraan tanpa pengawasan

    Salah satunya, rentan kendaraan yang ditinggalkan bersama anak-anak menjadi sasaran kejahatan
  • Auto2000 memberikan alasan mengapa meninggalkan buah hati atau anak kecil adalah perbuatan yang tidak boleh dilakukan dengan alasan apapun. Pertama ada kemungkinan anak kecil akan merasakan dehidrasi dan kesulitan bernafas. Ini terjadi saat anak kecil ditinggalkan dengan kondisi pintu terkunci dan kaca tertutup. Apabila ditambah dengan cuaca panas, kondisi di dalam kabin akan membuat anak kecil merasa dehidrasi. Kaca tertutup juga akan membuat kesulitan bernafas, terlebih saat ditinggal sendirian anak akan menjadi cepat gelisah.

    Kondisi kedua adalah kemungkinan keracunan gas buang kendaraan. Awal mulanya menyalakan mesin dan mendinginkan kabin dengan AC dianggap membuat nyaman anak di dalam kendaraan. Namun ini menyimpan potensi bahaya. Gas karbon monoksida akan menjadi bahaya tidak terlihat oleh mata dan tidak meninggalkan bau. Gejala keracunan juga sulit disadari. Badan akan terasa lemas dan mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, nyeri pada dada dan berhalusinasi. Dalam beberapa menit, anak di dalam kendaraan akan pingsan dan bisa berakibat fatal.

    Ketiga, meninggalkan anak kecil di dalam kendaraan tanpa pengawasan bisa mengakibatkan si kecil mengoperasikan berbagai fitur di dalam kendaraan. Beberapa bahaya yang mengintai, misal memfungsikan power window, hingga sampai memindahkan tuas transmisi atau rem tangan dan menginjak pedal gas. Kondisi ini memungkinkan apabila ditambah dengan mesin kendaraan yang dihidupkan untuk menyalakan AC.

    adviso

    Resiko keempat adalah rentannya kendaraan yang ditinggalkan bersama anak-anak menjadi sasaran kejahatan. Barang berharga bisa diincar, tidak terkecuali si anak beserta kendaraan. Benar-benar sebuah resiko yang terlalu besar.

    Kemungkinan meninggalkan si kecil ini bisa saja terjadi di saat musim mudik Lebaran beberapa saat lagi. Adanya situasi kemacetan, tiba di rest area lalu pergi untuk ke kamar kecil misalnya, berpotensi untuk menciptakan kemungkinan-kemungkinan terburuk apabila menganggap remeh meninggalkan anak kecil di dalam mobil.

    “Dengan alasan apapun, jangan pernah meninggalkan anak kesayangan di dalam mobil tanpa penjagaan orang dewasa. Lindungi buah hati Anda dan pastikan selalu merasa nyaman sebagai penumpang di dalam mobil," terang Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000 dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

    Tantri juga mengungkapkan agar pemilik kendaraan, khususnya Toyota, untuk selalu memastikan kondisi terbaik kendaraannya di bengkel resmi Auto2000 terdekat. Terlebih dalam menyambut rencana mudik di Lebaran mendatang. Kendaraan yang selalu diservice berkala dapat memastikan kenyamanan selama perjalanan bersama anak kecil yang turut pergi bersama.

    Toyota memberikan Paket Spontan (Siaga Kupon Perawatan) untuk kendaraan Toyota yang memiliki jarak tempuh lebih dari 50.000 kilometer atau yang tidak memiliki kuota free service. Ada juga Promo Kupon Servis Toyota dengan pilihan kupon ganti oli dengan diskon 10 persen untuk penggantian oli TMO Synthetic 10W-40SN kemasan 1 Liter dan Toyota Oil filter. Atau Kupon General Check Up untuk pemeriksaan di lebih dari 40 titik pengerjaan dengan biaya hanya Rp 80 ribu. (STA/RS)

    Baca juga: Ini Bahayanya Kalau Salah Isi Jenis Bahan Bakar! Bagaimana Cara mengatasinya?

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil