Suzuki Unggah Video GSX-S1000 Baru, Dirilis Resmi 26 April Mendatang

Suzuki Unggah Video GSX-S1000 Baru, Dirilis Resmi 26 April Mendatang

Suzuki menunjukkan teaser GSX-S1000 baru. Hal itu terungkap melalui unggahan video di akun YouTube Suzuki Global pada 5 April 2021. Dari info yang tersiar, kuda besi ‘telanjang’ itu mendapat beberapa fitur gres. Termasuk desain lampu depan LED bertingkat, yang mengingatkan kita pada Yamaha MT09. Di akhir video, calon naked bike kencang ini diinfokan meluncur pada 26 April 2021.

GSX-S1000 2021 kemungkinan menampilkan gaya dan peralatan baru, bersama dengan mesin lebih bertenaga. Tentu saja, pabrikan ingin memberikan pengalaman baru bagi pecinta Suzuki di seluruh dunia. Pasalnya naked bike ini telah dijual sejak 2015 tetapi belum menerima pembaruan apa pun. Boleh dibilang ia cukup ketinggalan zaman dibanding lawan-lawannya. Bukan hanya estetika, pihaknya juga ingin membuat beberapa peningkatan serius. Iterasi terbaru dari naked streetfighter ini kemungkinan dibekali dengan perangkat elektronik yang berfokus pada kenyamanan dan keamanan pengendara.

Di dalam video tertulis 'THE BEAUTY OF NAKED AGGRESSION’, mendefinisikan sebuah keindahan naked bike namun agresif dan mengancam. Berbicara tentang perubahan gaya, sepertinya cukup banyak. Meski begitu, cat biru Suzuki yang istimewa masih tetap bertahan. Setang lebar konvensional dan mengembung pada di depan masih menjadi ciri khas naked bike dari pabrikan berlogo ‘S’.

Suzuki GSX-S1000

Unggahan video juga memperlihatkan beberapa siluet bodi motor. Model tangki yang kokoh sepertinya mendapat sentuhan baru. Tak lagi mengadopsi konsep bodi depan yang landai ke bawah seperti model sebelumnya. Yang sekarang tampak garis-garis tegas, menggambarkan naked bike sejati. Di bawahnya terdapat sayap memanjang, mirip winglet. Ini merupakan aspek paling mencolok dari unit baru Suzuki. Karena belum banyak motor jenis naked yang menggunakan komponen serupa. Di lain sisi, peranti modern yang tersemat bisa meningkatkan kualitas aerodinamis.

Gaya fasia benar-benar baru, tampak dari headlamp bertingkat. Dua dari tiga yang menempel, menggunakan lampu berteknologi LED projector. Dan bagian atas diberikan Daytime Running Light (DRL). Semuanya dibungkus dengan cover lampu ramping. Sekilas terlihat pula suspensi depan berwarna emas. Dan ada tonjolan kecil di bagian atas, menunjukkan GSX-S1000 baru datang dengan teknologi peredam kejut yang dapat disesuaikan.

Berdasarkan apa yang ditawarkan kompetitor, banyak yang berharap dirinya disematkan layar TFT-LCD penuh warna dengan teknologi konektivitas smartphone. Dikabarkan pula terdapat banyak fitur elektronik baru, sepert ABS Cornering, Traction Control, Anti Wheelie Control, dan Quickshifter.

Baca juga: Panduan Memilih Keluarga Suzuki GSX, Mana Paling Tepat Dipilih dan Berapa Angsurannya?

Suzuki GSX-S1000

Pembaruan juga tampaknya tidak hanya sebatas pada estetika, tetapi juga di departemen kinerja. Diprediksi mesin Suzuki GSX-S1000 mengambil basis dari GSX-R1000R. Dengan kapasitas 999 cc, 4 slinder segaris, DOHC, berpendingin cairan, setidaknya ia bisa menggapai tenaga sampai 200 Hp. Angka yang terbilang sangat fantastis, dan memungkinkan para pengguna untuk bisa mendapatkan top speed hanya dalam hitungan detik.

Setelah menjalani debut dalam beberapa minggu ke depan, ia bakal duduk di jajaran teratas bersama produk motor sport Suzuki lainnya. Di segmen yang sama, Suzuki GSX-S1000 siap berhadapan dengan beberapa model dari pabrikan lainnya. Penantangnya da Ducati Streetfighter V4, Aprilia Tuono V4, BMW S1000RR, KTM Super Duke R, Kawasaki Z H2, dan Triumph Speed Triple 1200RS.

Meski pabrikan belum secara resmi mengumumkan detail spesifikasi dan juga harga, para fans Suzuki tentu menyambut baik kembalinya motor naked bike legendaris ini. Jadi kita tunggu saja kabar soal peluncurannya. (Bgx/Raju)

Sumber: Visordown, bennetts

Baca juga: Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat