Mitra Suzuki Kembangkan Skuter Listrik dengan Baterai yang Dapat Ditukar

Mitra Suzuki Kembangkan Skuter Listrik dengan Baterai yang Dapat Ditukar

Tai Ling terkenal sebagai partner Suzuki dalam pembuatan skuter. Perusahaan yang berbasis di Taiwan, sedang mengembangkan skuter listrik baru yang dikenal sebagai e-Ready. Dikabarkan, skuter ramah lingkungan itu memakai baterai yang diganti-ganti dari Gogoro.



“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Tai Ling, mitra komersialisasi dari Suzuki untuk sepeda motor dan skuter di Taiwan. Kami juga membantu untuk mendorong strategi kendaraan listrik mereka agar lebih baik. Dunia sedang mengalami momentum yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk transportasi listrik, terutama di Taiwan. Orang-orang menuntut pilihan kendaraan listrik yang cerdas dan Gogoro siap mendukung sebagai ekosistemnya,” kata CEO Gogoro Horace Luke, dilansir dari electrek (31/10).


Gogoro merupakan perusahaan baterai swappable yang sudah dikenal sejak 2015. Ia sudah banyak menelurkan produk baterai, yang terintegrasi untuk dapat dilepas dan ditukar. Skuter memakai baterai Gogoro, dapat diisi ulang di rumah. Selain itu, ia juga punya fasilitas dengan mesin berbayar pengganti baterai, namanya Go Station. Teknologi ini diproyeksikan untuk kendaraan masa depan. Para pengguna motor listrik dengan baterai Gogoro, tidak perlu menunggu waktu lama untuk melakukan isi ulang. Cukup membeli pengisian ulangnya, mengangkat dan mengganti dengan baterai baru yang sudah terisi penuh.


Jaringan Gogoro meningkat pesat sejak tahun lalu. Kini sudah lebih dari 1.300 stasiun penukaran baterai kendaraan listrik di Taiwan. Sehingga nyaris setiap 1 km terdapat stasiun baterai swappable di Taipei, ibukota Taiwan. Menurut Gogoro, hampir 100.000 kali terjadi penukaran baterai per hari di seluruh Taiwan. Itu membuatnya menjadi jaringan penukar baterai massal terbesar di dunia.


Selain menjual produk baterai, Gogoro juga sedang sibuk dengan skuter buatan sendiri. Produk barunya itu, diklaim dapat menempuh jarak hingga 170 km (105 mil) dari keadaan baterai penuh terisi. Selain itu, mereka juga sedang menjalankan sistem rental skuter listrik.



Perusahaan Gogoro, sebelumnya telah melakukan kerjasama dengan produsen otomotif asal Jepang lain, Yamaha. Kerjasama itu dilakukan untuk membuat skuter listrik varian EC-5. Tentunya dengan teknologi baterai yang bisa dilepas serta ditukar juga.


Mitra manufaktur Suzuki di Taiwan tak hanya menjual skuter listrik. Beberapa sepeda motor Suzuki seperti varian GSX-R150 dan GSX-R1000, dijual melalui diler milik Tai Ling. Kehadiran skuter listrik hasil kolaborasi dua perusahaan, bisa menjadi solusi dalam menekan polusi udara. Pasalnya, emisi dari kendaraan ramah lingkungan lebih bersih. Belum lagi bisa hemat biaya, ketimbang menggunakan bahan bakar minyak. (Bgx/Hlm)


Sumber: Electrek


Baca Juga: Komunitas Respon Baik Vespa Dealer Open Day

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store