Jawaban Piaggio Tentang Tantangan Honda SH150i

Jawaban Piaggio Tentang Tantangan Honda SH150i

Sejak munculnya Honda SH150i di IIMS 2017, Piaggio Medley jadi punya saingan merebut hati konsumen. Bagaimana tidak? Desain keduanya mirip, juga berada di segmen sama, skutik premium 150 cc.

Kedatangan kompetitor, Piaggio justru merasa senang. "Kami open sekali (dengan munculnya Honda SH150i), ini yang membantu menggairahkan pasar. Kami optimis adanya saingan justru bisa membuka pasar, terutama karena tidak banyak skutik dengan price range seperti itu," ujar ujar Marketing Director PT Piaggio Indonesia, Andre Sanyoto saat ditemui OTO.com.

Kesamaan keduanya, memiliki fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS). Begitu pula dengan start & stop system yang diklaim mampu menjadikan konsumsi bahan bakar semakin irit. Harga keduanya pun tidak jauh berbeda, kisaran Rp 40 jutaan.

WhatsApp Image 2017-05-17 at 1.34.22 PM

Biarpun begitu, Medley memang memiliki kelebihan dalam beberapa sisi. Salah satunya memiliki dua varian, standar dan Medley S. Khusus S memiliki perbedaan dengan kelir hitam di berbagai komponen seperti velg, jok dan bodi. Sementara pabrikan motor berlambang sayap hanya punya satu varian saja. Selanjutnya bagasi skutik Piaggio pun lebih banyak menampung barang. Diklaim bisa memuat dua helm sekaligus di bawah joknya. Sedang kemampuan motor Honda cuma bisa memuat satu helm.

Mesin kuda besi Italia ini performanya juga lebih baik secara statistik dibanding SH150i. Mampu memuntahkan torsi puncak 14,4 Nm pada 6.400 rpm dan tenaga maksimal 14,95 PS pada 7.750 rpm. Di sisi lain motor asal Jepang hanya sanggup menyemburkan torsi puncaknya 13,9 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 14,82 PS pada 8.250 rpm.

Andre menambahkan, kalau Piaggio masih memiliki satu keunggulan lagi dalam hal kebanggaan ketika konsumen memilikinya. Terutama karena brand Piaggio merupakan salah satu legenda di Eropa, bahkan dunia. Jadi sebenarnya tidak perlu takut munculnya kompetitor.

WhatsApp Image 2017-05-17 at 1.34.24 PM

"Saya rasa nggak (takut), tetangga sebelah asalnya dari negara sebelah juga (Jepang). Karena kami tetap mengangkat Italian pride. Dari fungsional memang mirip tapi emosional berbeda," imbuh Andre.

Terakhir dalam hal harga, Medley lebih murah karena mulai dari Rp 44,9 juta (on the road Jakarta) untuk varian standar dan Rp 45,8 juta (on the road Jakarta) pada varian S. Hanya saja yang dipasarkan adalah motor produksi 2016.

Honda sebenarnya bukan tanpa kelebihan. SH150i banderolnya memang Rp 44,9 juta (on the road Jakarta), namun jaringan dilernya tentu jauh lebih luas dalam menjangkau konsumen dibanding Piaggio. Sehingga jika ingin melakukan perawatan berkala, tentu jauh lebih mudah.

Model Motor Piaggio

  • Piaggio Medley
    Piaggio Medley
  • Piaggio MP3 500
    Piaggio MP3 500
Motor Piaggio

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Piaggio Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Piaggio