Benelli Berencana Lahirkan Motor Tourer Pesaing Triumph Tiger 1200

Benelli Berencana Lahirkan Motor Tourer Pesaing Triumph Tiger 1200

Benelli siap lahirkan produk baru berjenis tourer. Kabarnya berkonfigurasi 1.200 cc dengan 3 silinder. Menurut media asal Cina, motor jenis tualang itu bernama QJ1200. Rendernya pun sudah tersebar. Bila menilik data teknisnya, bisa saja ia menyaingi motor sejenis yang sudah lebih dulu eksis. Sebut saja Triumph Tiger 1200.

Kode motor yang beredar yakni QJ1200-3. QJ diartikan sebagai QianJiang grup, pabrikan otomotif asal Cina sebagai pemilik merek Benelli sekarang. Angka 1200 memiliki definisi kapasitas mesin yang diusung dan “3” untuk konfigurasi tiga silinder mesin.

Benelli Tourer 1200 3-Silinder

Produk Benelli bermesin besar dengan tipe tourer memang sudah lama terdengar. Dulu sempat ada kabar kalau pabrikan ingin melahirkan GT 1200. Namun, hingga saat ini produk itu tidak kunjung dirilis. Sampai akhirnya muncul sosok motor tualang ini. Foto yang bocor berasal dari Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Cina, menegaskan keberadaannya.

Tak ada penjelasan soal peluncuran resmi. Namun jikapun terealisasi, unit pertamanya kemungkinan digunakan lebih dulu oleh pasukan kepolisian Cina. Baru setelah itu pabrikan menyediakannya untuk kebutuhan massal.

Baca juga: Ini Motor Baru Benelli di 2020

Mengenai spesifikasi, terutama mesin Benelli QJ1200-3 rasanya bisa jadi pilihan. Memang masih berupa spekulasi. Meski perbincangan di negara asal menyebut, ada kemungkinan Benelli menghidupkan kembali jantung mekanis 1.103 cc-nya. Masuk akal karena punya kemampuan impresif, bertenaga maksimum 163 Hp/10.500 rpm dan torsi 124 Nm/8.000 rpm.

Dapat diartikan itu menjadi mesin terbesar dan paling kuat yang pernah mereka diproduksi. Jika mesin itu direalisasikan, tentu bisa menyaingi pemain besar yang sudah punya pasar luas. Sebut saja BMW R 1250 RT dan Triumph Tiger 1200. Kedua model itu cukup populer di seluruh dunia.Ini jelas bisa jadi acaman bagi merek asal Jerman dan Inggris. Apalagi jika nanti harga yang ditawarkan Benelli lebih murah.

Apalagi bila melihat data fakta yang ada. Pada 2019 lebih dari 63.000 unit motor Benelli terjual di seluruh dunia. Kami menduga mereka sangat mudah meraup pasar. Apalagi kini mereka mulai bermain di segmen premium. Bahkan orang-orang di Italia tampaknya mencintai Benelli sejak di akuisisi QianJiang. Penjualannya di negeri pizza juga bisa mengalahkan Ducati yang notabene brand lokal. Mengenai popularitasnya itu, sudah pasti merujuk soal harga jual.

Saat ini pun, ia mampu menandingi pabrikan motor asal Eropa dan Jepang. Produk-produknya seperti TRK series, TNT series maupun Leoncino series, diterima baik oleh pecinta roda dua. Harga yang ditawarkan juga lebih kompetitif dibanding lawannya. (Bgx/Ano)

Sumber: Bikes Republic, Visordown

Baca juga: Bandingkan Kecanggihan Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250 Termahal

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store