Uji Keselamatan di Jepang, Daihatsu Rocky Raih Hasil Terbaik

Uji Keselamatan di Jepang, Daihatsu Rocky Raih Hasil Terbaik

Daihatsu bikin heboh dan mengejutkan penggemar lewat kembalinya nama Rocky. Namun, wujudnya telah berubah modern. Direinkarnasi jadi SUV kompak bergaya masa kini yang lebih cocok untuk jalan perkotaan. Peluncurannya November tahun lalu di Jepang. Selang setengah tahun beredar di pasaran, Daihatsu Rocky akhirnya lulus uji tabrak dan keselamatan dari Japan New Car Assessment Program (JNCAP).


Hasil pengetesan standar Jepang yang dikeluarkan Kementerian Transportasi Jepang, dan National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid (NASVA) untuk mobil bermesin 1,0 liter, tiga silinder yang disokong turbo ini sangat memuaskan. Lima bintang diperoleh, dengan jabaran nilai 85,7 dari total 100 poin pada performa keselamatan saat tabrakan. Sementara preventive safety performance meraih 73,6 poin dari total 141 untuk mobil besutan Daihatsu Motor Co., Ltd.


Daihatsu Rocky uji tabrak JNCAP


Evaluasi JNCAP dilakukan dengan mempertimbangkan kasus aktual dan karakteristik kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jepang. Ada tiga aspek utama dievaluasi. Pertama perlindungan terhadap penumpang, bagi pejalan kaki dan pengingat sabuk pengaman. Beberapa detailnya sebagai berikut. Proteksi pengemudi saat tabrakan frontal penuh dinilai level empat dari lima. Sedangkan penumpangnya level lima. Untuk tabrakan offset, sisi pengemudi dipatok level 5, begitu juga penumpang. Angka sama didapat hasil tabrak samping.


Untuk performa preventif, poin 31,7 dari 32 diraih pada tes Autonomous Emergency Braking System (mobil dengan mobil). Kemudian terhadap pejalan kaki sebesar 12,9 dari 80 poin. Nilai sempurna dikantungi tes Lane Departure Prevention System, Rear-view Monitoring System, High Performance Headlight dan pedal Misapplication Prevention.


Baca juga: Dibekali Fitur Kamera Spesial, Pilih Daihatsu Terios R Custom atau Suzuki XL7 Alpha?


Capain ini diklaim Daihatsu berkat penerapan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Ditambah teknologi keamanan terkini seperti Smart Assist System, terdiri dari 17 perangkat safety aktif, Blind Spot Monitor (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Kembaran Toyota Raize didesain tangguh dan memiliki kemampuan manuver andal. Cocok digunakan sebagai angkutan harian. Tanpa menghilangkan kenyamanan, berkat kabin lapang.


Daihatsu Rocky crash test JNCAP


Raihan bintang lima uji keselamatan bukan yang pertama bagi Daihatsu. Sebelumnya model Boon juga diganjar prestasi sama pada 2016. Hal ini pun sejalan dengan slogan global Daihatsu, Light You Up. Mereka akan terus memberikan produk dan pelayanan terbaik, lewat beragam kemudahan dan kenyaman dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.


Lantas akankah Rocky melenggang bebas di Tanah Air? Sayangnya Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai pemegang merek di Indonesia telah mengungkapkan tak akan menghadirkan model baru tahun ini. Hanya penyegaran lini yang sudah ada. Walau memang, beberapa waktu lalu mereka telah melakukan pengujian mesin serupa Rocky, yang ditanam pada model bernama Thor. (Hfd/Tom)


Sumber: Navsa.go.jp


Baca juga: Daihatsu Sigra dan Gran Max PU Kontributor Utama Penjualan 2020

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store