Toyota Umumkan Temuan Lagi Sertifikasi Uji Keselamatan yang Tak Sesuai Standar

Toyota mengakui melakukan pelanggaran atas proses sertifikasi tujuh model kendaraan

Toyota Umumkan Temuan Lagi Sertifikasi Uji Keselamatan yang Tak Sesuai Standar
Contents
Baca SelengkapnyaSembunyikan

Skandal keselamatan yang menimpa Toyota Group kembali hadir. Pada konferensi pers terbaru, Senin (3/6), Akio Toyoda, pemimpin Toyota Motor Corporation (TMC), kembali meminta maaf pada konsumen dan stakeholder atas temuan terbaru tim investigasi internal mereka terkait sertifikasi uji keselamatan.

KEY TAKEAWAYS

  • Model apa saja yang tersangkut masalah lagi?

    Corolla Fielder, Corolla Axio, Yaris Cross, Crown, Isis, Sienta, dan Lexus RX
  • Toyota mengakui melakukan pelanggaran atas proses sertifikasi tujuh model kendaraan yang dipasarkan di dalam negeri. Ketujuh model itu antara lain Corolla Fielder, Corolla Axio, juga Yaris Cross. Tambahan empat model lain yakni Crown, Isis, Sienta, dan Lexus RX, sudah tidak lagi dibuat sejak 2014 silam.

    Toyoda menjelaskan, penemuan ini merupakan pengembangan dari arahan Kementerian Transportasi Jepang yang menugaskan Toyota untuk melakukan investigasi pada beberapa tipe kendaraan. Ditemukan, ketujuh model tersebut diuji dengan menggunakan metode yang berbeda dari standar nasional.

    “Masalah ini melibatkan dua perusahaan yakni TMC dan Toyota Motor East Japan. Sebagai orang yang bertanggung jawab di Toyota Group, saya ingin meminta maaf pada seluruh konsumen, penggemar otomotif, dan stakeholder atas isu ini. Termasuk Hino, Daihatsu, dan Toyota Industries Corporation. Saya sangat meminta maaf,” ucap Toyoda.

    Daftar Kasus

    New RX 200t F Sport

    Shinji Miyamoto, Customer First Promotion Group Chief Officer TMC mengungkapkan ada tiga cara untuk melakukan proses sertifikasi. Pertama, menyerahkan pada pemeriksa yang berasal dari divisi teknis untuk menjadi saksi mata saat tes. Cara kedua, pabrikan akan melakukan sertifikasi internal atau in house secara mandiri. Proses ketiga, mengirimkan data pengembangan pengujian untuk disertifikasi.

    “Kali ini, kasus ditemukan dengan cara kedua dan ketiga. Diantaranya, kami menemukan enam kasus yang spesifik,” ucap Miyamoto.

    Kasus pertama, melibatkan produk Isis dan Crown pada 2014 dan 2015. Sertifikasi keselamatan melibatkan pengujian airbag dan sabuk keselamatan yang disebutkan, Toyota tengah meningkatkan performa sabuk keselamatan dan timing pengembangan airbag untuk kedua model. Namun data uji pengembangan justru diserahkan untuk disertifikasi, bukan data hasil akhir pengembangan yang mendekati kondisi saat dijual ke konsumen.

    Kasus kedua, pada 2015 saat pengembangan produk Corolla, dilakukan pengujian untuk memeriksa dampak cedera karena menabrak pejalan kaki. Standar pengujian seharusnya dilakukan dengan sudut tabrak 50 derajat, namun Toyota melakukan pengujian dengan sudut 65 derajat, lebih berat dari standar. Seharusnya, Toyota melakukan pengujian ulang di sudut tabrak 50 derajat, namun data pengujian justru yang dikirimkan untuk disertifikasi.

    Kasus ketiga, di 2015 saat proses pengembangan produk Corolla, Sienta, dan Crown, juga dilakukan pengujian untuk memeriksa kerusakan akibat menabrak pejalan kaki. Lagi-lagi, data pengembangan yang digunakan untuk sertifikasi keselamatan. Toyota beralasan saat itu ada proses pengajuan dan persetujuan untuk menentukan titik pengukuran. Langkah ini kemudian tidak ditindak lanjuti untuk pengujian ulang sesuai titik yang disepakati akibat perubahan struktural dan proses verifikasi selama pengembangan.

    Kasus keempat, terjadi pada pengembangan Crown di 2014 dan Sienta di 2015. Toyota melakukan pengujian untuk memastikan kebocoran bahan bakar dan masalah lain akibat tabrakan belakang. Lagi-lagi, Toyota melakukan pengujian yang melebihi standar. Disebutkan, standar harusnya menggunakan moving penghalang dengan berat 1.100 kilogram, Toyota justru menggunakan penghalan seberat 1.800 kilogram. Hasilnya tes berdampak lebih besar, dan data dengan berat sesuai standar seharusnya sudah diserahkan.

    Kasus kelima menyertakan model yang juga dijual di Indonesia, yakni Yaris Cross pada 2020. Disebutkan, Toyota hendak melakukan pengujian untuk mengetahui kerusakan pada jok belakang jika membawa barang di bagasi dalam kondisi bergerak akibat benturan. Saat itu ada tambahan regulasi yakni penggunaan blok pada bagasi. Toyota telah mengajukan data penggunaan blok lama untuk disertifikasi dimana seharusnya melakukan pengujian ulang dengan blok baru.

    Kasus keenam, terjadi pada pengembangan mesin Lexus RX di 2015, dimana pengujian dilakukan untuk mengecek tenaga mesin. Dalam pengujian, daya yang ditargetkan tidak tercapai. Saat ini terjadi, pengujian harus dihentikan dan diselediki apa penyebabnya. Namun Toyota justru melakukan penyesuaian sistem kendali kendaraan untuk mencapai daya yang ditargetkan. Penyelidikan mengungkapkan, penyebab tenaga tidak mencapai standar akibat rusaknya knalpot uji.

    “Saya menyimpulkan kasus pertama hingga kelima melibatkan data uji pengembangan yang justru diserahkan untuk disertifikasi. Pada kasus keenam melibatkan produsen kendaraan yang melakukan uji sertifikasi sendiri dan menyerahkan data tersebut,” ungkap Miyamoto.

    Baca Juga: Pecahkan Rekor! Toyota Kantongi Penjualan 10,3 Juta Unit Sepanjang 2023

    Langkah TMC

    Daihatsu Rocky uji tabrak JNCAP

    Toyoda menjelaskan saat ini pihaknya terus melakukan investigasi mendalam termasuk melakukan verfikasi internal untuk mmenuhi standar keselamatan konsumen. Dirinya mengakui, temuan ini mengguncang pondasi perusahaan terkait sistem sertifikasi dan mempercayai perilaku ini sudah seharusnya tidak dilakukan.

    Toyota sendiri memimpin kerjasama sertifikasi pada seluruh perusahaan di bawah Toyota Group. Perusahaan tersebut terdiri dari Toyota, Hino, Daihatsu, dan Toyota Industri dengan nama Join Kaizen Acticites for Certification Work. Toyoda mengungkapkan untuk kembali dari skandal ini memang membutuhkan waktu, namun dirinya yakin pihaknya sudah berada di arah yang benar untuk kembali dipercaya banyak orang.

    “Saya bermaksud untuk memperluas upaya kami ke seluruh Grup dan mengembalikan otoritas ke genba untuk menciptakan budaya perusahaan yang solid yang menghasilkan mobil yang lebih baik. Upaya ini perlu dilakukan terus-menerus dan memerlukan waktu, namun saya sendiri yang akan menemui genba dan bertanggung jawab atas kemajuannya,” tutup Toyoda. (STA/ODI)

    Baca Juga: Toyota Yakin Penjualan Mobil Hybrid Bakal Moncer Tahun Ini

    Setyo Adi Nugroho

    Setyo Adi Nugroho

    Pemuda asal Yogyakarta yang gemar fotografi dan dunia otomotif. Adi, begitu ia disapa, sudah cukup lama berkecimpung di jurnalisme. Khususnya otomotif. Salah satu poin paling menarik dari dirinya, sang bapak mengoleksi motor Honda Supra. Berlanjut sampai dirinya yang tetap setia menggunakan moped atau motor bebek Honda Supra di tengah terpaan gelombang skutik.

    Baca Bio Penuh

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Toyota

    • Toyota Calya
      Toyota Calya
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Raize
      Toyota Raize
    • Toyota Veloz
      Toyota Veloz
    • Toyota Hilux
      Toyota Hilux
    • Toyota Hiace
      Toyota Hiace
    Harga Mobil Toyota

    GIIAS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature
    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Toyota Terbaru di Oto

    Oto
    • Toyota Yaris Cross Hybrid, Mudik Jakarta - Surabaya dengan BBM Seirit Ini
      Toyota Yaris Cross Hybrid, Mudik Jakarta - Surabaya dengan BBM Seirit Ini
      10 Apr, 2024 .
    • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Sisir Jalur Mudik Jakarta - Malang
      Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Sisir Jalur Mudik Jakarta - Malang
      08 Apr, 2024 .
    • Electria Vol.2 : Toyota bZ4X, Rasanya Benar-benar Premium | First Drive
      Electria Vol.2 : Toyota bZ4X, Rasanya Benar-benar Premium | First Drive
      30 Jan, 2024 .
    • Toyota bZ4X, Mobil Listrik Rasa Premium dengan Performa dan Fitur yang Lengkap
      Toyota bZ4X, Mobil Listrik Rasa Premium dengan Performa dan Fitur yang Lengkap
      30 Jan, 2024 .
    • Kenapa Toyota Innova Zenix terpilih jadi Mobil Terbaik Carvaganza Editors' Choice Awards 2023?
      Kenapa Toyota Innova Zenix terpilih jadi Mobil Terbaik Carvaganza Editors' Choice Awards 2023?
      30 Jan, 2024 .
    • Ini Dia Deretan Mobil Toyota di JMS 2023, Ada Mobil Kaisar Jepang | Special Show
      Ini Dia Deretan Mobil Toyota di JMS 2023, Ada Mobil Kaisar Jepang | Special Show
      28 Nov, 2023 .
    • Cobain Langsung All New Toyota Yaris Cross, Sesuai Harga! | First Drive
      Cobain Langsung All New Toyota Yaris Cross, Sesuai Harga! | First Drive
      16 Jun, 2023 .
    • Toyota All New Yaris Cross, Lawan Tangguh Honda HR-V | First Impression
      Toyota All New Yaris Cross, Lawan Tangguh Honda HR-V | First Impression
      09 Jun, 2023 .
    • Ini Rasanya di Balik Kemudi All New Toyota Agya 1.2L G CVT yang dibandrol Cuma Rp191 Jutaan
      Ini Rasanya di Balik Kemudi All New Toyota Agya 1.2L G CVT yang dibandrol Cuma Rp191 Jutaan
      21 Mar, 2023 .
    • Ubahan Gokil All New Toyota Agya, Masih pantes LCGC?
      Ubahan Gokil All New Toyota Agya, Masih pantes LCGC?
      21 Mar, 2023 .
    Tonton Video Mobil Toyota

    Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza

    • Intip Spesifikasi All New Toyota Prius, Bakal Muncul di GIIAS 2024
      Intip Spesifikasi All New Toyota Prius, Bakal Muncul di GIIAS 2024
      Alvando Noya, 10 Jul, 2024
    • Toyota Tambah Jaringan EV Ultra Fast Charging, Kini Hadir di Gandaria City
      Toyota Tambah Jaringan EV Ultra Fast Charging, Kini Hadir di Gandaria City
      Anjar Leksana, 10 Jul, 2024
    • MODIFIKASI: Varis Rilis Paket Modifikasi Toyota GR Corolla, Pre-order Hingga 8 Bulan
      MODIFIKASI: Varis Rilis Paket Modifikasi Toyota GR Corolla, Pre-order Hingga 8 Bulan
      Muhammad Hafid, 05 Jul, 2024
    • Cumi Darat Minggir! Ini Aliran Proper Modifikasi Toyota Fortuner Untuk Adu Kencang
      Cumi Darat Minggir! Ini Aliran Proper Modifikasi Toyota Fortuner Untuk Adu Kencang
      Muhammad Hafid, 28 Jun, 2024
    • TGRI dan Haridarma Raih Kemenangan di Fuji Pakai GR Supra GT4
      TGRI dan Haridarma Raih Kemenangan di Fuji Pakai GR Supra GT4
      Muhammad Hafid, 24 Jun, 2024

    Artikel Mobil Toyota dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature
    • Toyota Hyper-F Concept, Modifikasi Ekstrem SUV Performa Tinggi Berbasis Fortuner
      Toyota Hyper-F Concept, Modifikasi Ekstrem SUV Performa Tinggi Berbasis Fortuner
      Muhammad Hafid, 01 Jul, 2024
    • Pasar Otomotif 2024 Bergejolak, TAF Jaga Batasan Kredit Macet 0,5 Persen
      Pasar Otomotif 2024 Bergejolak, TAF Jaga Batasan Kredit Macet 0,5 Persen
      Anjar Leksana, 24 Jun, 2024
    • Toyota Kijang Innova Listrik Dijadikan Moda Antar Jemput Bandara Bali
      Toyota Kijang Innova Listrik Dijadikan Moda Antar Jemput Bandara Bali
      Anjar Leksana, 21 Jun, 2024
    • Toyota Sedang Tes Jalan Hilux Hidrogen, Jarak Tempuh Tembus 600 Km
      Toyota Sedang Tes Jalan Hilux Hidrogen, Jarak Tempuh Tembus 600 Km
      Anjar Leksana, 14 Jun, 2024
    • Toyota Crown Signia, SUV Hybrid Mulai Dipasarkan Di AS
      Toyota Crown Signia, SUV Hybrid Mulai Dipasarkan Di AS
      Alvando Noya, 10 Jun, 2024
    • Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
      Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
      Anjar Leksana, 29 Mei, 2024
    • First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Revolusi Drastis Sang Legenda
      First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Revolusi Drastis Sang Legenda
      Anjar Leksana, 26 Des, 2022
    • First Drive All New Toyota Vios: Transisi Naik Kelas
      First Drive All New Toyota Vios: Transisi Naik Kelas
      Muhammad Hafid, 16 Nov, 2022
    • First Drive All New Toyota Avanza 1.5 G CVT: Fokus ke Kenyamanan
      First Drive All New Toyota Avanza 1.5 G CVT: Fokus ke Kenyamanan
      Raju Febrian, 10 Des, 2021
    • First Drive Toyota All New Avanza dan Veloz: Transformasi Sepenuh Hati
      First Drive Toyota All New Avanza dan Veloz: Transformasi Sepenuh Hati
      Ardiantomi, 19 Nov, 2021
    • Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
      Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
      Setyo Adi, 22 Mei, 2024
    • Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
      Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
      Anjar Leksana, 14 Okt, 2022
    • Komparasi LPMV Bergaya Sporty, Suzuki Ertiga Sport vs Toyota Veloz GR Limited
      Komparasi LPMV Bergaya Sporty, Suzuki Ertiga Sport vs Toyota Veloz GR Limited
      Ahmad Karim, 24 Sep, 2021
    • Cerita Dibalik Perjalanan 55 Tahun Toyota Corolla sang Mobil Terlaris Dunia
      Cerita Dibalik Perjalanan 55 Tahun Toyota Corolla sang Mobil Terlaris Dunia
      Ahmad Karim, 06 Sep, 2021
    •  Toyota Rush G M/T versus Mitsubishi Xpander GLS M/T, Varian Termurah Mana yang Paling Direkomendasikan?
      Toyota Rush G M/T versus Mitsubishi Xpander GLS M/T, Varian Termurah Mana yang Paling Direkomendasikan?
      Anjar Leksana, 13 Agu, 2021

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*