Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Aturan PPnBM Terbaru, IIMS 2022 Diundur dan Finalis WCOTY 2022

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Aturan PPnBM Terbaru, IIMS 2022 Diundur dan Finalis WCOTY 2022

Pemerintah telah mengungkapkan rencana untuk memberikan bantuan bagi industri otomotif lewat kehadiran relaksasi PPnBM. Meski tidak seperti skema pada 2021, bantuan relaksasi PPnBM ini menyegarkan kondisi industri yang tertimpa pandemi Covid-19. Ada aturan baru yang ditetapkan untuk bisa mendorong penjualan.

KEY TAKEAWAYS

  • Relaksasi PPnBM 2022 untuk LCGC Sampai Kuartal Tiga

    Kuartal pertama 0 persen dan naik 1 persen pada kuartal berikutnya
  • Syarat Produk Mendapat Keringanan PPnBM

    Beberapa di antaranya termasuk local purchase minimal 80 persen, harga di bawah Rp 200 juta untuk LCGC dan mobil penumpang 1.500 cc di harga Rp 200 - 250 juta
  • Jadwal IIMS 2022

    Sebelumnya direncanakan pada 17-27 Februari 2022. Diundur menjadi 31 Maret hingga 10 April 2022 di JiExpo Kemayoran Jakarta
  • Daftar 10 finalis World Car of the Year 2022

    Audi Q4 e-tron, Cupra Formentor, Ford Mustang Mach-E, Genesis G70, Honda Civic, Hyundai Ioniq 5, Hyundai Tucson, Kia EV6, Lexus NX, dan Toyota GR86 / Subaru BRZ
  • Di saat bersamaan, pemerintah juga mengumumkan kenaikan level PPKM untuk wilayah Jabodetabek dan beberapa wilayah lainnya ke Level 3. Hal ini membuat berbagai kegiatan di masyarakat terpengaruh karena pembatasan tersebut. Salah satu yang terpengaruh adalah gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Pameran tahunan otomotif ini sebelumnya dijadwalkan akan hadir pada 17-27 Februari 2022. Akibat pengumuman PPKM level 3 tersebut pameran diundur menjadi 31 Maret hingga 10 April 2022 mendatang.

    Pemilihan mobil terbaik dunia tahun ini, World Car Awards 2022, semakin mendekati tahap akhir. Rencannya, dua bulan ke depan para pemenang akan diumumkan yang telah dinilai oleh para jurnalis otomotif di seluruh dunia. Kini, para finalis dan kategori akhirnya diumumkan, yang memunculkan nama-nama menarik dari industri otomotif. Yang lebih menarik, salah satu juri berasal dari Indonesia. Tepatnya Munawar Chalil, Publisher & Group Editor-In-Chief dari Oto.com, Carvaganza.com dan Zigwheels.co.id.

    GIIAS Surabaya 2021

    Relaksasi PPnBM di 2022

    Pemerintah telah mengungkapkan rencana untuk memberikan bantuan bagi industri otomotif lewat kehadiran relaksasi PPnBM. Meski tidak seperti skema pada 2021, bantuan relaksasi PPnBM ini menyegarkan kondisi industri yang tertimpa pandemi Covid-19.

    Kini, pemerintah telah menghadirkan PMK Nomor 5/PMK.010/2022 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) Tahun Anggaran 2022 yang ditetapkan pada 2 Februari 2022.PMK ini berisi desain baru insentif yang disesuaikan dengan kondisi pemulihan sektor otomotif ke depan.

    "Insentif PPnBM DTP kendaraan bermotor telah banyak dimanfaatkan masyarakat kelas menengah di tengah pandemi. Dengan berlanjutnya insentif PPnBM DTP, kinerja sektor otomotif yang strategis bagi perekonomian diharapkan terus menguat dan mampu kembali mencapai tingkat penjualan dan produksi pada level sebelum pandemi atau bahkan lebih baik di tahun 2022," ungkap Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu dalam keterangannya, Selasa (8/2/2022).

    Perpanjangan insentif PPnBM DTP ini berada dalam koridor keberlanjutan program Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) 2022. Program PEN 2022 akan dilanjutkan dengan fokus pada penciptaan lapangan kerja dengan tetap melanjutkan penanganan kesehatan dan perlindungan masyarakat.

    Bagaimana aturan lengkapnya? Baca di sini. Nah, dari aturan tersebut terdapat beberapa nama kendaraan yang akan mendapat keringanan pajak. Seperti apa daftarnya? Apakah ada mobil incaran Anda? Baca lengkapnya di sini.

    IIMS 2022

    IIMS 2022 Mundur ke Akhir Maret

    Pemerintah telah mengumumkan kenaikan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jabodetabek dan beberapa wilayah lainnya ke Level 3. Hal ini membuat berbagai kegiatan di masyarakat terpengaruh karena pembatasan tersebut. Salah satu yang terpengaruh adalah gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Pameran tahunan otomotif ini sebelumnya dijadwalkan akan hadir pada 17-27 Februari 2022. Akibat pengumuman PPKM level 3 tersebut pameran diundur menjadi 31 Maret hingga 10 April 2022 mendatang.

    Rencana ini sebenarnya sudah dipersiapkan antara Dyandra Promosindo dengan pihak JIExpo Kemayoran yang melihat kondisi perkembangan pandemi di Indonesia. Ini karena kedua pihak mengedepankan faktor kesehatan dan keselamatan selama pameran berlangsung nantinya.

    Keputusan menunda pameran ini diambil sejalan dengan kondisi PPKM Level 3 DKI Jakarta yang diumumkan oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenai peningkatan level PPKM Jabodetabek, DIY, Bali Bandung raya naik ke level 3. Terlebih lagi, data terbaru dari BNPB (06/02), jumlah tambahan kasus pasien positif Covid-19 sebanyak 36.057 orang dan tersebar di 34 Provinsi di Indonesia. Selain itu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin memperkirakan kenaikan kasus Corona masih akan terjadi dalam dua sampai tiga pekan ke depan. Baca lengkapnya di sini.

    Selain itu, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  level 3 untuk wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Bandung Raya, serta Bali juga membuat aturan perjalanan juga diberlakukan. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan perlu mengetahuinya. Seperti apa aturannya? Baca lengkapnya di sini.

     

    WCOTY 2022

    World Car Awards 2022

    Pemilihan mobil terbaik dunia tahun ini, World Car Awards 2022, semakin mendekati tahap akhir. Rencannya, dua bulan ke depan para pemenang akan diumumkan yang telah dinilai oleh para jurnalis otomotif di seluruh dunia. Kini, para finalis dan kategori akhirnya diumumkan, yang memunculkan nama-nama menarik dari industri otomotif. Yang lebih menarik, salah satu juri berasal dari Indonesia. Tepatnya Munawar Chalil, Publisher & Group Editor-In-Chief dari Oto.com, Carvaganza.com dan Zigwheels.co.id.

    Munawar Chalil, mengatakan pengumuman pemenang WCOTY 2022 rencananya akan berlangsung pada 13 April 2022 mendatang. Pengumuman bersamaan dengan ajang New York International Auto Show. Acara yang akan bertajuk World Car Finals Powered by Brembo ini sudah mendapatkan finalis Top Ten dan Top Five dari enam kategori penghargaan. Hasil penjurian sudah ditabulasikan oleh KPMG.

    Sebanyak 102 orang juri ternama yang terdiri dari para jurnalis otomotif ternama dari 33 negara terlibat dalam penilaian para finalis. Proses voting dilakukan secara rahasia berdasarkan evaluasi setiap jurnalis terhadap setiap kendaraan yang memenuhi syarat sebagai bagian dari pekerjaan profesional mereka.

    Setelah melalui beberapa tahap, saat ini kandidat sudah tersaring menjadi sepuluh finalis terbaik. Kategori paling bergengsi ini sebelumnya memiliki 28 kandidat. Dari 10 kandidat untuk WCOTY 2022 kali ini ada beberapa nama yang kita kenal karena dipasarkan di Tanah Air. Siapa saja yang jadi finalis di masing-masing kategori? Baca daftar lengkapnya di sini. (Raju)

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature