• Wishlist

Porsche 935 Bermesin Listrik, Modifikasi Gila Karya Bisimoto

Porsche 935 Bermesin Listrik, Modifikasi Gila Karya Bisimoto

Perkembangan mobil listrik, mendorong berbagai perusahaan tuning otomotif mengonversi kendaraan lawas. Seperti Bisimoto dari Amerika Serikat, yang mencipta Porsche 935 berjantung elektrik. Bisa dikatakan hal ini sangat jarang terjadi.



Bisimoto dikenal sering menciptakan karya gila. Seperti Porsche Boxter bermesin turbocharged ganda, yang posisi kemudinya di tengah. Kemudian Multi Purpose Vehicle (MPV), Honda Odyssey, dimodifikasi agar menghasilkan 1.029 hp. Kali ini, mereka berinovasi mengikuti tren. Namun, mobil itu bukan 935 sebenarnya.


Ia menggunakan basis Porsche 911 klasik, dipasangkan panel bodi Kremer Racing K3. Jubah yang dipakai 935 ketika memenangkan balap 24 jam Le Mans pada 1979. Sayap besar tampak bertengger di belakang, memastikan daya tekan ke bawah (down force) optimal, sehingga mobil tidak terbang, mengingat bobotnya yang sangat ringan. Walau pakai gaya khusus balap, tetap bisa dikemudikan di jalan raya alias street legal.


Tampangnya sangat degil. Bisimoto menyapukan merah muda pada bagian atas, meliputi kap mesin, atap dan fender. Area tubuh lainnya disepuh kelir abu-abu gelap yang menguatkan aura sporty. Kedua warna dipisahkan garis tepian putih. Desain ini berasal dari Andy Blackmore Designs, perusahaan yang dikenal sering menangani livery sportcar, supercar hingga mobil balap.


Penampilan yang sudah dugal, masih diperkuat pelek Brixton Forged bermotif turbofan yang warnanya senada bodi. Bingkai roda ini berkode BM01 yang terdiri dari 8 komponen individual. Mereka disatukan setelah melewati proses panjang pada desain, penggunaan metode menufaktur dan material baru.



Di balik kapnya tentu tak terlihat mesin enam silinder boxer yang diperkuat turbocharged ganda. Bisimoto menggantikan seluruhnya dengan motor elektrik tiga fase yang mampu menghasilkan 636 hp. Perangkat itu ditenagai baterai kecil LG Chem yang ditempatkan di depan dan belakang. Bila dikombinasikan kapasitasnya mencapai 32 kWh.


Jangan ditanya berapa jarak yang bisa ditempuhnya hingga dayanya habis. Meski belum diuji, perkiraan tak bakal sejauh mobil elektrifikasi yang beredar di pasaran. Namun, hal itu bukanlah yang paling penting, mengingat semburan daya dorongnya yang luar biasa, Porsche 935 elektrik menawarkan keseruan berkendara.


Makin menarik, soalnya perusahaan yang sering menyediakan komponen aftermarket ini, menyetel sistem penggantian gigi menjadi lebih mudah, single shifter persis seperti mobil balap. Ditulis carscoops.com (25/12), panel indikator instrumen yang dipasangkan berasal dari AEM. Ia tak hanya menampilkan kecepatan dan informasi lainnya, tapi juga berbagai hal terkait motor elektrik, seperti kapasitas baterai. (Hfd/Tom)


Sumber: Carscoops, Bisimoto IG


Baca Juga: Penutup Generasi 991 Porsche 911 Keluar dari Lantai Pabrik, Era 992 Dimulai