• Wishlist

PB 18 E-tron Concept, Konsep Supercar Listrik dari Audi

PB 18 E-tron Concept, Konsep Supercar Listrik dari Audi

Bukan kebiasaan Audi memperkenalkan konsep radikal di ajang otomotif eksklusif seperti Pebble Beach Automotive Week. Malah ini baru pertama kalinya. Selama sepekan di Monterey, California, Audi memajang sebuah konsep supercar elektrik bernama PB 18 e-tron. Produsen Mobil berbasis di Ingolstadt ini, secara terang-terangan memamerkan rencana masa depan mereka mengenai mobil performa tinggi bertenaga listrik .



Audi Aicon, yang diluncurkan 2017 lalu, menjadi basis untuk konsep supercar listrik PB 18 e-tron. Satu-satunya perbedaan di antara mereka, Audi Aicon dirancang sebagai mobil touring mewah yang beroperasi otomatis sepenuhnya. Layaknya pesawat jet pribadi tetapi terbang di jalan aspal. Sedangkan PB 18 e-tron, dimaksudkan menjadi konsep radikal untuk pacuan di jalan raya maupun sirkuit.


Gael Buzyn, kepala desain Audi Loft di Malibu, California, mengatakan, “Kami ingin menawarkan pengalaman yang hanya tersedia di mobil balap seperti Audi R18 — itulah sebabnya kami mengembangkan interior dengan posisi pengemudi yang ideal di tengah. Tetapi tujuan kami adalah untuk juga memberi PB18 e-tron tingkat penggunaan sehari-hari yang tinggi. Tak hanya untuk pengemudi tetapi juga untuk penumpang potensial.”



PB 18 e-tron memiliki tampilan yang stylish dengan banyak mengandung teknologi balap. Tidak hanya disokong powertrain serba-listrik, Ia memiliki potensi menghasilkan tenaga sekitar 700 PS. Fasia depan diisi identitas grille Signature Singleframe Audi dan lampu utama Laser LED. Asupan udara super-besar di ujung depan untuk membantu mendinginkan rem karbon keramik dan motor listrik.


Panjang bodi sekitar 4,53 meter, lebar 2 meter, tinggi 1,15 meter dan jarak sumbu roda 2,70 meter. Penggeraknya terdiri dari tiga motor listrik, dua di antaranya berada di belakang, yang secara terpisah menggerakkan kedua roda belakang dan salah satunya terletak di depan. Dari kombinasi motor listrik itu saja, sudah memberikan sekitar 680 PS daya maksimum (dapat diboost ke 775 PS) dengan torsi puncak 830 Nm. PB 18 diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2 detik saja.



Baterai berpendingin cairan yang memiliki daya 95 kWh, tersimpan di dalam mobil untuk mentenagai motor listrik. Pihak pabrikan mengklaim, hanya butuh waktu 15 menit untuk mengisi penuh baterai dan dapat melakukan perjalanan sejauh 500 km dari kondisi penuh dengan tegangan listrik 800 volt. (Odi)


Baca Juga: Audi Sport R8 LMS Cup Ajak Konsumen Audi Balapan Serius