Pabrikan Start-up Electric Brands Rancang Van Listrik Serbabisa

Pabrikan Start-up Electric Brands Rancang Van Listrik Serbabisa

Industri otomotif elektrik terus mengalami perkembangan. Bahkan, mulai banyak pabrikan baru bermunculan fokus menggarap segmen ini. Electric Brands menjadi salah satunya. Perusahaan start-up asal Jerman yang siap meluncurkan produknya tahun depan. Bernama eBussy, mobil boxy berplatform modular.

Berarti unit dapat ditransformasi dalam ragam bentuk. Baik minivan, pikap atau double cabin. Setidaknya ada sepuluh gaya bodi berbeda disuguhkan, sehingga dapat memenuhi bermacam kebutuhan pelanggan. Bahkan tersedia dalam rancangan off-road, lengkap dengan ban mud-terrain dan sistem penggerak empat roda. Guna memudahkannya melintasi medan berat. Makin menarik, lantaran Electric Brands dapat mengonversi posisi setir dari kiri ke kanan, termasuk di tengah sekalipun. Hal ini disebabkan penggunaan teknologi drive-by-wire yang tak perlu menghubungkan kemudi atau pedal secara mekanis ke roda depan.

ebussy

Baca Juga: Nama e-Beetle Dipatenkan, VW Kodok Jadi Mobil Listrik?

Bicara desain, pabrikan menerapkan konsep unik. Sepintas mirip Volkswagen Type 2 atau biasa dikenal dengan sebutan VW Kombi. Ya, wujudnya kotak bersudut membulat. Tak ada hidung menjorok, digantikan ruang untuk menampung penumpang. Wajar saja, mobil listrik tak butuh tempat untuk mesin konvensional. Perpaduan gaya klasik dengan futuristik terlihat begitu apik. Mampu menjadi pencuri perhatian di jalan. Secara dimensi: panjangnya 3.600 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.940 mm.

Di balik bodinya tersemat baterai kecil 10 kWh yang sanggup menjalankan mobil sejauh 200 km. Ini merupakan perangkat standar pada seluruh varian. Ada opsional berupa sumber daya 30 kWh, yang melejitkan daya jelajah hingga 600 km. Komponen itu menyuplai motor elektrik penghasil tenaga puncak hanya 20 PS. Angkanya kalah dengan motor sport yang dijual belakangan. Namun masih bisa melesat hingga kecepatan puncak 90 kpj. Torsinya pun gila, mencapai 1.000 Nm. Terbayang bagaimana kemampuan akselerasinya. Membantu terutama saat melewati jalur off-road. Ini masih ditopang bobot mobil yang berkisar 450 kg dan 600 kg (tergantung varian). Mobil ini pada dasarnya ditargetkan untuk menjadi kendaraan urban, baik penggunaan personal maupun komersial.

ebussy off-road

Perangkat canggih turut dibenamkan. Atap diimbuhi panel surya untuk mengisi baterai menggunakan tenaga matahari. Sudah pasti regenerative brake terpasang, guna memaksimalkan daya jelajah. Banderolnya? Electric Brands berencana menjualnya dengan harga sangat terjangkau. Varian dasar € 15.800 atau Rp 268 jutaan. Paling malah pilihan Off-road Camper dilego € 28.800 atau Rp 490 jutaan. (Hfd/Odi)

Sumber: Carscoops

Baca Juga: Twisted Boyong Land Rover 90 Spek Amerika ke Zaman Setrum

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store