Nostalgia Gara-Gara Viral Foto Honda Jazz Produksi Terakhir

Nostalgia Gara-Gara Viral Foto Honda Jazz Produksi Terakhir

Sebuah foto ramai dibicarakan di media sosial baru-baru ini. Foto tersebut memperlihatkan pekerja pabrik yang berpose bersama unit terakhir Jazz yang diproduksi. Setelah diusut, foto tersebut merupakan foto produksi Honda Jazz di Thailand.

Dalam foto tersebut juga diperlihatkan unit Honda Jazz tersebut dipasangkan pita pink berukuran besar. Lalu di atas kaca mobil terdapat tulisan "Jazz Last Production Unit Bye...Bye..."

Foto tersebut cepat menjadi viral di kalangan penggemar otomotif. Pasalnya generasi ketiga Honda Jazz ini memang lekat dengan masyarakat Indonesia. Pernah jadi jagoan penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) di Tanah Air sebelum akhirnya digantikan City Hatchback yang diperkenalkan Maret tahun ini.

Sebenarnya nasib Honda Jazz sudah menjadi pertanyaan saat model Jazz yang di pasar Amerika Serikat bernama Fit, diputuskan untuk berhenti dijual di sana. Hadir sejak 2006, akhirnya pada 2020 resmi berhenti.

Honda Jazz

Kabar ini pun merebak hingga ke Indonesia yang saat itu tengah bertanya-tanya, kapan Jazz akan mendapatkan pembaruan. Pertanyaan ini hadir sebab pada ajang Tokyo Motor Show 2019, Honda telah memperkenalkan Jazz terbaru. Sayangnya, dari pendekatan desainnya tidak terlalu cocok dengan Indonesia.

Jazz terbaru yang masih dijual di Jepang memiliki desain yang cenderung feminim dan klasik, sebuah bahasa desain yang dipilih Honda untuk beberapa produk masa depannya di pasar Jepang. Saat itu pihak HPM sendiri sudah mengungkapkan desain Jazz terbaru tidak akan dihadirkan di Indonesia. Pasar Indonesia lebih memilih bentuk kendaraan yang sporty dan memiliki garis-garis tegas.

Saat itu sempat berhembus kabar, Honda Jazz versi pasar China yang akan dibawa ke Indonesia. Bentuknya terasa lebih sporty yang diklaim lebih cocok dengan selera masyarakat di sini. Tapi HPM memberikan kejutan lain dengan membawa City Hatchback sebagai pengganti Jazz.

City Hatchback sendiri pertama kali diperkenalkan dengan status world premiere di Thailand, November 2020. Peluncurannya saat itu langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai Jazz di Indonesia. HPM menyatakan pada Februari 2021 sudah menghentikan produksi Jazz dan melanjutkan dengan produk baru di segmen hatchback tersebut.

Baca juga: Honda City Hatchback RS Meluncur Gantikan Jazz di Indonesia, Berapa Harganya?

Honda Jazz RS

Sejarah Jazz

Merujuk pada foto viral tersebut, Honda Jazz generasi ketiga pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada Juni 2014. Ini dilakukan setelah perkenalan perdananya di pasar Thailand tahun 2013 dan diboyong ke Tanah Air tahun berikutnya. Produksinya langsung dilakukan di pabrik Honda di Karawang dan langsung berstatus hatchback produksi dalam negeri.

Sebagai pembaruan dari generasi terdahulu, Jazz yang disebut New Honda Jazz ini menggunakan mesin 4 silinder SOHC 1.5 liter i-VTEC yang menghasilkan tenaga 120 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.800 rpm. Honda menawarkan transmisi manual lima percepatan dan otomatis CVT yang termasuk canggih pada jamannya.

Saat diperkenalkan, Jazz generasi ketiga ini ditawarkan dalam tiga varian yakni A, S dan RS. Banderol harganya ketika itu dimulai Rp 199 jutaan sampai yang teratas, varian RS CVT, dibanderol Rp 248 jutaan.

Bermain di kelas hatchback, Jazz menawarkan kabin yang cukup lapang, desain yang sporty serta kekuatan mesin 1.5L miliknya. Tidak heran, dalam beberapa kali laporan penjualan Jazz mampu memimpin pangsa pasar hatchback dengan raihan hingga 34 persen.

Membanjirnya permintaan Jazz membuat komunitas Jazz bertumbuh pesat. Salah satunya dengan melakukan modifikasi beragam bentuk untuk hatchback ini yang menjadikannya hatchback ikonik di dunia modifikasi.

Terkait resale value pun Jazz masih memiliki nilai lebih diantara produk hatchback lainnya. Dari penelusuran di situs Oto.com, hatchback ini masih dijual dengan kisaran harga Rp 200 jutaan untuk kendaraan berumur dua sampai tiga tahun.

Meski harus berpisah dengan Jazz, Honda telah memberi pengganti yang patut diperhitungkan. City Hatchback menawarkan desain yang tidak kalah sporty dan modern dengan fitur-fitur yang lebih lengkap, terutama dalam hal keselamatan. Soal tenaga, mesin terbaru City Hatchback juga lebih bertenaga. Model terbaru ini ditawarkan dalam dua varian transmisi yakni manual enam percepatan dengan banderol Rp 292 juta serta varian CVT dengan banderol harga Rp 302 juta. (Sta/Raju)

Baca juga: Road Test Honda City Hatchback RS, Entitas Baru Sang Penerus Jazz

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda