Mitsubishi Donasikan Mobil untuk SMK dan Lembaga Pelatihan

Mitsubishi Donasikan Mobil untuk SMK dan Lembaga Pelatihan

Mitsubishi Indonesia (MMKSI) donasikan sembilan unit kendaraan ke tujuh SMK. Dua selebihnya diberikan kepada dua Lembaga Pelatihan Kerja di Jakarta dan Bandung. Mereka mengemasnya dalam tajuk Mitsubishi CSR Education Program (MEP).

Tahun ini, pabrik mobil berlogo tiga berlian itu menyerahkan secara simbolis unit kendaraan donasi. Dilakukan langsung Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI ke sekolah terpilih. Tak semata donasi, sekolah terpilih ini juga mendapakan pelatihan khusus terkait teknologi Mitsubishi.

“Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masa depan dunia. Pendidikan yang berkualitas bisa memberikan penerus yang memiliki karakter. MMKSI melalui Mitsubishi CSR Education Program, terus berkontribusi. Kami memberikan alat bantu praktik bagi sekolah kejuruan. MMKSI berharap, dengan dilaksanakannya program ini, dapat memberikan kesempatan yang lebih banyak bagi masa depan pendidikan di Indonesia. Tentunya juga berkontribusi untuk industri Indonesia, khususnya otomotif,” ujar Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, di kantor pusat MMKSI (28/3).

CSR Education Program (MEP) menjadi salah satu cara MMKSI untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan. Program ini kali pertama dilaksanakan pada 2014. Hingga kini Mitsubishi Motors kerja bareng 33 SMK yang tersebar di penjuru Indonesia. Total, mereka mendonasikan 29 unit kendaraan Mitsubishi dan memberi pelatihan pada 495 orang siswa SMK.

“Siswa yang diberi pelatihan ini juga punya kesempatan lebih luas. Misalnya, kalau sudah lulus, bisa menjadi mekanik di diler resmi Mitsubishi Indonesia. Apalagi kami sedang mekakukan ekspansi diler di banyak tempat,” tambah Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

Dalam menentukan sekolah yang menerima donasi, MMKSI memiliki kriteria atau kualifikasi tertentu. Salah satunya, mengutamakan sekolah yang memiliki kelas otomotif dengan reputasi yang baik. Sebab sekolah terpilih bakal diprioritaskan untuk dapat bergabung di dunia industri otomotif. MMKSI memilih sekolah, yang memiliki setidaknya dua kelas otomotif. Kaitanya dengan efektifitas, penyebaran informasi dan materi teknologi Mitsubishi di sekolah terpilih.

Kualifikasi lainnya, sekolah terpilih tidak terikat dengan brand otomotif lain. Sebab kerja sama bukan hanya praktik semata. Terakhir, perusahaan memprioritaskan sekolah yang masih memerlukan bantuan alat praktik. Dan sekolah belum banyak memiliki banyak alat bantu.

Untuk melengkapi program donasi kendaraan, MMKSI turut memberikan pelatihan. Nama programnya Mitsubishi Service Technician Education Program (M-STEP) 1, kepada 15 orang siswa dari tiap sekolah terpilih. Materi yang diberikan mencakup keterampilan teknik dasar otomotif. Ini adalah program wajib bagi setiap mekanik Mitsubishi di seluruh dunia.

Para siswa bakal mempelajari sistem pada kendaraan. Meliputi mesin bensin atau diesel, sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, sistem power train, sasis dan sebagainya. Mereka juga diberikan pengetahuan mengenai Pre-Delivery Inspection (PDI), free service serta perawatan rutin kendaraan. Diharapkan para siswa SMK memperoleh ilmu yang sangat aplikatif, untuk memasuki dunia kerja. (Alx/Odi)

Baca Juga: Kerjasama Mitsubishi dan Garuda Indonesia Berlanjut ke Jepang

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil