Merek Legendaris Alpine Kembali Ramaikan Pasar Audio Mobil Indonesia

Merek Legendaris Alpine Kembali Ramaikan Pasar Audio Mobil Indonesia

Kondisi otomotif dan pasar aftermarket yang masih terpuruk akibat pandemi Covid-19 tak menyurutkan langkah Audioworkshop (AWS). Mereka justru mengumumkan kehadiran kembali satu nama lawas car audio yaitu Alpine. Audioworks secara resmi menjadi authorized distributor Alpine yang baru di Tanah Air.

Alpine memang sempat absen di pasar Indonesia. Merek asal Jepang itu pernah mendominasi sebelum kemudian menghilang. Meski banyak merek-merek baru, Alpine masih terus dicari. Kini mereka kembali menyapa car audio enthusiast Tanah Air.

"Kabar kembalinya Alpine bakal menjadi berita gembira bagi para penggemarnya, karena Alpine memiliki penggemar fanatik tersendiri. kehadiran Alpine di Indonesia sangat dinantikan oleh para penggemarnya," kata Wahyu Tanuwidjaja, selaku Chief Executive Officer PT Audioworkshop dalam acara peresmian kembalinya produk Alpine secara virtual yang bertajuk “National Official Launch ALPINE – Comeback to Indonesia” pada Sabtu, 10 Oktober 2010 lalu.

Kedepannya, kata Wahyu, mereka akan menghadirkan line-up produk unggulan Alpine secara lengkap untuk konsumen Tanah Air. "Saat ini PT Audioworkshop telah resmi menjadi pemegang merek Alpine di Indonesia. Kami akan fokus menghadirkan seluruh line produk terbaik Alpine. Karena, produk Alpine terbilang komplit, mulai dari head-unit, speaker, subwoofer, processor hingga amplifier," jelas Wahyu belasan tahun berkecimpung di dunia audio mobil.

Alpine car audio

Sebagai langkah awal, Audioworkshop menghadirkan produk Hi-Resolution Alpine UTX-A09. Hi-Res audio Player ini memiliki desain unik dan bisa dipasang d banyak model mobil tanpa perlu modifikasi. Dilengkapi juga dengan bluetooth, MP3, dual port USB di bagian depan dan belakang. Menariknya, Anda juga bisa mendownload aplikasi Tunelt app di App store atau Google play sehingga bisa mengatur audio dari ponsel.

Sebagai pendukung, Alpine juga menampilkan jajaran speaker seperti R-S65C yang berukuran 6,5 inci. Ada juga coaxial 2-way speaker SPJ-161C2 berukuran 6 inci yang menghasilkan suara bass yang baik. Pasangan ini siap memanjakan indera pendengaran penikmat audio berkualitas.

Dikutip dari alpine-asia.com, produk Alpine memang cukup beragam. Mereka punya audio visual anda navigation system, in-dash receiver, rear seat entertainment, drive assist, amplifier, sound processor, speaker, subwoover, dan juga aksesoris pendukung.

Wahyu mengatakan selain akan menghadirkan seluruh jajaran produk Alpine, Audioworkshop juga tengah mempersiapkan jaringan distribusi untuk menjangkau konsumennya di seluruh Indonesia. “Kami juga akan menyiapkan Alpine Store. Jadi sistemnya one-stop-shop, ada penjualan produk, hingga edukasi. Sehingga, membeli Alpine sekaligus dapat merasakan experience-nya juga. Karena Alpine memiliki banyak teknologi canggih di dalamnya,” jelas pria yang kerap mengadakan seminar edukasi mengenai audio tersebut.

Produk-produk terbaru Alpine nanti akan dipasarkan dengan banyak cara. Melalui Alpine Store, jaringan dealer Audioworkshop yang ditunjuk, juga dapat dibeli secara online melalui e-commerce terkemuka Indonesia.

Alpine menjadi brand audi terakhir yang dibawa Audioworkshop ke Tanah Air. Sebelumnya sudah ada beberapa nama lain. Audioworkshop sendiri bukan nama baru. Mereka memulai dengan membuka gerai workshop bernama Mobiltronik (1993). Audioworkshop membuka sebuah sekolah audio bernama Audioworkshop Installer Institute (2001).

Wahyu Tanuwidjaja kemudian mendesains sendiri speaker bernama Creativ Orange dengan logo buah jeruk (2004). Di tahun yang sama, bekerjasama dengan PT. Roma Motor mereka mulai mendistribusikan U-Dimension Car Audio yang merupakan car audio merk Jepang. Lalu pada tahun 2010, PT Audioworkshop mulai mendistribusikan produk audio bermerek Focal Car Audio brand asal Perancis di Indonesia.

Pada tahun 2014, Audioworkshop juga sempat menjadi distributor resmi Harmotech asal Thailand dan Sinfoni, brand legendaris asal Italia. Pada tahun 2020, Audioworkshop adalah distributor untuk Dominations, Focal, Hertz, Audison, dan kini mereka menghadirkan Alpine. (Raju)

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store