Komunitas Ini Ajak Touring Sambil Tumbuhkan Semangat Nasionalisme

Komunitas Ini Ajak Touring Sambil Tumbuhkan Semangat Nasionalisme

Pelonggaran aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi kabar gembira banyak pihak. Berbagai komunitas, termasuk komunitas otomotif, kembali berkumpul untuk membuat bermacam acara. Salah satunya menghadirkan acara touring yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme.

Acara yang digagas panitia Nasional Cars & Nationalism (CNN) pada Jumat (8/10/2021) lalu ini menggelar persiapan kerja Panitia Nasional dalam menyelenggarakan gelaran Cars & Nationalism selama satu tahun ke depan.

Acara yang melakukan kegiatan dengan tema Touring Bela Negara ini diinisiasi oleh lembaga Bakorcadnas dan perwakilan beberapa klub Otomotif di sekitar Jabodetabek. Para anggota klub ini ingin menggabungkan antara hobi otomotif dengan penanaman kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan.

Tak hanya sekali, rencananya gelaran touring ini akan digelar beberapa kali. Disebutkan ada touring dilakukan enam putaran selama satu tahun ke depan yang mengambil tema atau momentum perayaan-perayaan hari nasional bangsa Indonesia.

komunitas

Wakil Ketua Umum Bakorcadnas, Mangatur Simanjuntak mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya memang memiliki tugas dan turut berperan aktif dalam membumikan Pancasila dan kesadaran bela negara. "Salah satu upaya membumikan Pancasila yang kita lakukan dan sudah terbukti efektif adalah melakukan kegiatan-kegiatan bersama-bersama dengan komponen masyarakat yang memiliki hobby otomotif dan sekaligus peduli terhadap nilai-nilai Pancasila," ucap Simanjutak dalam keterangannya.

Simanjuntak mengatakan acara gelaran touring ini juga menggelar sosialisasi dan edukasi wawasan kebangsaan dengan melibatkan tokoh nasional dan kalangan cendekiawan lainnya dengan cara mengajak touring mobil bersama mengunjungi tempat-tempat yang bisa membangkitkan rasa patriotisme.

Beberapa pihak yang berasal dari berbagai latar belakang bisnis juga menyatakan dukungannya pada kegiatan ini. Beberapa di antaranya Bank CIMB Niaga, Kimia Farma, PRO Motor Mercedes - Benz , Enkasari, dan Diversey. "Kegiatan kami juga banyak didukung oleh klub-klub otomotif dengan berbagai varian jenis mobil, dari mulai Multi Purpose Vehicle (MPV), sedan, Sport Utility Vehicle (SUV) sampai mobil sport dan mewah semua ada," ucap Ketua CNN, Irwantoko SP yang akrab dipanggil Adoy.

Cukup banyak klub dan komunitas otomotif yang bergabung. Disebutkan sampai saat ini terdapat 250 unit kendaraan dari 42 komunitas dan klub yang terdiri dari berbagai jenis dan merek yang mengikuti kegiatan Touring Bela Negara. Mereka bersiap untuk melaksanakan kegiatan dalam waktu dekat di 2021 ini. (Sta/Raju)

Baca juga: Soal Energi Terbarukan, Munawar Chalil: Pemerintah Harus Keluar dari Zona Nyaman

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil