Ini Bedanya Servis Mobil di Diler Resmi Dibandingkan Bengkel Umum

Ini Bedanya Servis Mobil di Diler Resmi Dibandingkan Bengkel Umum

Mau servis mobil di diler atau bengkel biasa itu keputusan konsumen. Namun ada sejumlah pertimbangan dalam melakukan itu. Salah satu faktor utamanya ialah besaran biaya dikeluarkan. Memang acap kali saat perbaikan mobil di tempat resmi relatif lebih mahal. Tapi ada sejumlah benefit diberikan. Yang pasti, perawatan kendaraan secara berkala menjadi hal krusial dalam menjaga performa mesin maupun umur kendaraan.

Selain dilakukan sendiri secara rutin seperti membersihkan kendaraan dan mengecek mesin. Perawatan kendaraan secara berkala juga baiknya dilakukan di bengkel resmi, menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Beberapa perbedaanya lumayan banyak. Bahkan bisa menjaga nilai jual dari kendaraan itu sendiri.

Adanya Garansi

Dengan melakukan perawatan kendaraan di bengkel resmi. Dipastikan masa garansi kendaraan dan performa mesin lebih terjaga. Selain itu, rajin servis mempengaruhi nilai jual jika pemilik kendaraan berniat untuk melepas kendaraan kembali. Kalaupun ada problem, pelanggan bisa melakukan aduan atau komplain di tempat bersangkutan.

Menggunakan Suku Cadang Asli

Jaminan keaslian suku cadang atau aksesori lain yang digunakan di bengkel resmi itu pasti. Kalau ada kerusakan, onderdil sudah disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Sehingga dijamin kompatibel dengan komponen lain di kendaraan. Daya tahan lebih baik, memiliki garansi, serta sudah teruji kemampuan dan performanya. Kalau di bengkel biasa, ada kemungkinan barang imitasi. Kecuali Anda sudah benar-benar kenal dengan pemilik. Itu lain cerita.

Suzuki bengkel uji emisi

Peralatan Lengkap dan Teknisi Terlatih

Adanya tenaga pelayanan serta teknisi yang bersertifikasi di bengkel resmi. Mereka sudah dilatih secara khusus untuk menguasai produk kendaraan. Serta seluruh komponen pada produk. Selain itu, bengkel resmi juga dilengkapi dengan alat khusus berupa komputer yang dapat mendeteksi secara otomatis. Misal, terdapat komponen kendaraan bermasalah. Jadi, seharusnya dapat dipastikan kualitas perawatan kendaraan dibutuhkan sesuai dengan standar produk maupun perusahaan. Di sini juga dapat mendeteksi masalah pada komponen dengan akurat.

Catatan Riwayat Servis

Perawatan berkala kendaraan di bengkel resmi tentu tercatat seluruh riwayatnya. Mulai dari pengecekan, perbaikan, maupun penggantian komponen atau suku cadang. Adanya bukti histori servis akan mempermudah pemilik kendaraan dalam menentukan perawatan berikutnya. Serta membantu mempertahankan nilai jual kendaraan kembali tetap tinggi.

Transparansi Harga dan Biaya

Tatkala Anda melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Segala informasi mengenai layanan dan pekerjaan yang dilakukan teknisi serta perincian biaya berdasarkan standar harga. Bakal dijelaskan serta dicatat guna mempermudah pemilik kendaraan setiap melakukan perawatan.

Baca juga: Melihat Spesifikasi Suzuki Ertiga dan XL7 Mild Hybrid yang Siap Diproduksi di Indonesia

Suzuki Bengkel

Adanya Asistensi Customer Service

Ketersediaan pelayanan konsumen dalam menanggapi keluhan, saran, compliment, maupun pertanyaan terkait pelayanan di bengkel resmi. Itu disediakan perusahaan untuk menunjang kenyamanan pemilik kendaraan. Selain itu, bengkel resmi juga menyediakan layanan pengingat atau reminder. Dalam hal ini, pemilik kendaraan bakal diingatkan untuk melakukan perawatan berkala ke bengkel resmi. Sesuai dengan waktu yang telah disesuaikan kebutuhan.

Penawaran Paket Perawatan Hemat

Banyak promo atau paket menarik tersedia. Contohnya Suzuki Indonesia, ingin memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan produk dan layanan terbaik. Sehingga pelanggan atau pembeli produk Suzuki juga mendapatkan program servis gratis. Di dalamnya sudah termasuk biaya jasa serta suku cadang hingga 50.000 km atau 3 tahun (mana yang tercapai lebih dulu). Syarat serta ketentuan berlaku. Sebagai catatan, Suzuki mengimbau agar konsumen melakukan perawatan berkala hingga 50.000 km sesuai dengan jadwal ditentukan. Hal ini agar tidak menggugurkan garansi berlaku.

“Kemudahan dan layanan, kami hadirkan lewat bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Merupakan upaya menjaga performa kendaraan. Serta memudahkan konsumen dalam merawat kendaraan miliknya. Dengan beragam layanan serta kemudahan yang kami tawarkan, diharapkan konsumen Suzuki Indonesia tetap melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi. Yakni untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima,” tutup Hariadi.

Nah, selama pemberlakuan PPKM. Operasional bengkel resmi Suzuki yang terdiri dari 238 bengkel mobil dan 251 bengkel sepeda motor mengikuti peraturan pemerintah setempat. Namun, perusahaan tetap menyediakan layanan Home Service, Pick Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA). Anda dapat mengakses melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800. (Alx/Raju)

Baca juga: Suzuki Finance Kasih Potongan 2 Kali Angsuran Demi Gaet Banyak Pelanggan

Model Mobil Suzuki

  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry
  • Suzuki APV Luxury
    Suzuki APV Luxury
  • Suzuki APV Arena
    Suzuki APV Arena
  • Suzuki Karimun Wagon R GS
    Suzuki Karimun Wagon R GS
  • Suzuki Ignis
    Suzuki Ignis
  • Suzuki Karimun Wagon R
    Suzuki Karimun Wagon R
  • Suzuki SX4 S Cross
    Suzuki SX4 S Cross
  • Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno
Mobil Suzuki

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Suzuki Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Suzuki