IIMS Digeser Februari Tahun Depan, Motobike Expo Masih Menunggu Kondisi

IIMS Digeser Februari Tahun Depan, Motobike Expo Masih Menunggu Kondisi

Indonesia International Motor Show (IIMS) sudah dipastikan batal tahun ini. Pameran yang harusnya berlangsung pada 9-19 April lalu tak jadi dilaksanakan, lantaran pertimbangan keselamatan akibat pandemi. Walau begitu, PT Dyandra Promosindo, penyelenggara memutuskan untuk mengadakannya kembali pada 2021, tepatnya 15-28 Februari. Lokasinya masih sama di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.


Tema yang diusung pun berbeda. Tak menggunakan Your Infinite Automotive Experience yang seharusnya diterapkan tahun ini. Menurut Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, untuk perhelatan mendatang IIMS mengambil konsep New Normal. Mengingat ungkapan itu tengah menjadi tren.


“Kami memang telah menentukan IIMS 2021 sampai 2023 di Februari. Karena juga menyesuaikan Ramadhan dan Lebaran yang semakin maju. Seandainya kita buat akhir tahun ini, kan jaraknya terlalu dekat dengan 2021. Makanya dengan pertimbangan matang, terpaksa tak mengadakan tahun ini,” jelasnya.


Sesuai tema, banyak hal baru ditemukan nanti. Terutama terkait keselamatan pengunjung, dengan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Swab test mungkin saja dilakukan saat IIMS, meski harus mengeluarkan biaya lebih untuk memanjakan para pengunjung.


Baca Juga: Terdampak COVID-19, Bagaimana Bisnis Otomotif Astra Kuartal Pertama?


Waktu yang cukup panjang hingga pagelaran, memberikan banyak ruang bagi penyelenggara untuk mempersiapkan lebih matang. Tujuannya tak hanya membuat acara menjadi ramai, tapi juga mampu mendukung para pelaku industri otomotif untuk bangkit lagi.


IIMS 2019


Jalur online menjadi salah satu strategi. Baik untuk mensosialisasikan maupun penyediaan sarana transaksi. IIMS telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan e-commerce untuk memudahkan masyarakat membeli kendaraan, termasuk mereka yang berada di area jauh dari venue. Hal ini bahkan digalakkan jauh sebelum event berlangsung tahun depan.


“Sejak kita umumkan hari ini, tentu kita tidak berpangku tangan. Kita berusaha mendukung industri. Terutama dalam aktivitas marcom dan program-program sales. Salah satu concern dari industri adalah bagaimana memulihkan market. IIMS akan menggunakan semua kanal dan resource kami. Agar program sales dari para stakeholder dan APM bisa kita bantu penjualannya,” terangnya.


Makin menarik lantaran fasilitas virtual bakal disuguhkan. Masyarakat dapat melihat bagaimana kondisi pameran tanpa perlu mendatangi lokasi. Tujuannya untuk menjangkau pengunjung yang tinggal cukup jauh. Selain itu, pengenalan kendaraan elektrifikasi juga bakal diperdalam lagi. Harapannya, masyarakat bisa lebih memahami tentang keunggulan dari tunggangan ramah lingkungan ini.


Guna memeriahkan, sekaligus memastikan keselamatan pengunjung. Dyandra Promosindo siap menerapkan berbagai acara, termasuk hiburan musik pada hari biasa, bukan cuma akhir pekan. Untuk mencegah terjadinya penumpukan pengunjung seperti yang sering dialami pada tahun-tahun sebelumnya.


“Distribusi pengunjung IIMS kami mengetahui itu tidak merata. Biasanya dua atau tiga kali lipat di weekend. Kita akan mencoba meratakan pengunjung. Acara di weekdays juga dibuat menarik. Ada langkah preventif, ada juga langkah pencegahan di venue saat penyelenggaran event,” jelasnya.


IIMS Motobike Expo dan IIMS Surabaya


Bagaimana dengan dua event lainnya, seperti IIMS Surabaya dan IIMS Motobike Expo? Hendra mengaku pihaknya masih menunggu dan memantau perkembangan untuk penyelenggaraan keduanya. IIMS Surabaya sendiri sebenarnya telah dijadwarlkan berlangsung pada 10-15 November di Grand City Convex.


Untuk IIMS Motobike Expo yang seharusnya dilaksanakan Juli nanti, belum diketahui akan digelar tahun ini atau tidak. Kalau pun memungkinkan, Hendra mengungkapkan akhir tahun menjadi waktu paling pas untuk menghadirkan ajangnya para pecinta kendaraan roda dua di Tanah Air itu. Namun, pihaknya masih menunggu dan terus memantau perkembangan. “Kalau November atau Desember sudah bisa, mungkin akan kita laksanakan,” tutupnya. (Hfd/Odi)


Baca Juga: GIIAS 2020 The Series Tetap Digelar, Catat Jadwalnya!

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store