Honda Step WGN Bakal Jadi Penerus Odyssey di Indonesia?

Honda Step WGN Bakal Jadi Penerus Odyssey di Indonesia?

Minggu lalu Honda telah memperkenalkan Step WGN (dibaca: Stepwagon) terbaru di Jepang lewat acara rilis virtual (7/1). Peluncurannya bertepatan dengan ulang tahun MPV tersebut ke-25 tahun pada 2021 lalu. Kendaraan yang menjadi generasi keenam tersebut hadir melalui dua varian berbeda, yakni Step WGN Air dan Step WGN Spada. Lantas apakah Honda Step WGN bakal jadi pemain pengganti Odyssey untuk pasar Indonesia?

"Kita pelajari terus marketnya (pengganti Odyssey), waduh Step WGN nantilah dilihat dulu," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy ditemui di sela media test drive BR-H, Ungaran, Jawa Tengah, Rabu (12/1).

Walau informasinya masih belum jelas, banyak yang meyakini kalau pesaing Toyota Voxy dan Nissan Serena itu menjadi pengganti Odyssey yang telah dihentikan produksinya. Dan tidak menutup kemungkinan mobil segmen MPV ini akan diboyong ke Tanah Air.

Honda New Odyssey 2021 Honda Odyssey

Seperti kita tahu, Honda Jepang harus memensiunkan Odyssey. Karena hal itu, otomatis berdampak pada penjualannya di sini. Sebab unit itu merupakan produk completely built up (CBU) atau impor utuh dari Jepang. Untuk di Indonesia, pengiriman terakhir dilakukan pada akhir tahun lalu. Setelah itu APM sudah tidak lagi menyalurkan dan tinggal penghabisan saja di diler resmi.

Baca juga: Honda Mulai Serahkan All New BR-V ke Konsumen, Sudah Dipesan 3.200 Unit

Mengutip situs resmi Honda Jepang, Step WGN terlihat mengambil inspirasi dari model generasi pertama dan kedua. Tampak di kap mesin yang mengkotak, desain pilar A lebih bersudut dari sebelumnya, dan lampu belakang LED vertikal. Tuas pintu gesernya dilengkapi sensor elektrostatis, sehingga pemilik bisa membukanya dengan satu sentuhan jari. Pintu bagasinya juga kembali "normal" dan tidak lagi mengadopsi Waku-Waku Gate seperti generasi sebelumnya.

MPV bongsor ini dapat menampung tujuh penumpang. Dilengkapi kursi model captain seat pada baris kedua, dan menariknya dilengkapi selonjoran kaki yang keluar secara otomatis (tipe SPADA). Seluruh kursi dibalut bahan semi kulit. Jok baris pertama dan kedua sudah dilengkapi arm rest. Pada bagian punggung jok pengemudi dan penumpang depan juga sudah disediakan juga meja lipat.

Honda Step WGN 2022

Secara keseluruhan interior dibalut warna hitam, dasbor, door trim, dan plafon. Layout dasbornya dibuat bertingkat dan sekilas desainnya mirip Civic terbaru, memainkan garis serba lurus, meter cluster full digital 10,25 inci dan bentuk lingkar kemudi.

Bagian tengah dasbor berdiri tegak monitor 11,4 inci. Sementara tuas transmisi dan tombol-tombol fitur lainnya dibuat menyatu di konsol tengah. Khusus tipe SPADA, Honda tak lagi menggunakan tuas transmisi, melainkan cuma berupa tombol P, R, N, dan D. Buat varian tertingi penumpang belakang disediakan layar di plafon berukuran 15 inci.

Fitur-fitur yang bersarang di mobil MPV tersebut meliputi integratif Honda SENSING (semua tipe) dan tidak lupa ada juga fitur konektivitas Honda CONNECT.

Honda Step WGN 2022

Sayangnya Honda belum membocorkan spesifikasinya, tapi menyebut Step WGN akan hadir dalam mesin bensin dan penggerak hybrid dua motor listrik e:HEV. Tapi besar kemungkinan masih menggunakan dua pilihan mesin. Yakni mesin bensin 1.5 L Turbo yang dikombinasikan transmisi CVT, serta mesin hybrid e:HEV 2.0 L dengan motor listrik dan dipadukan transmisi E-CVT. (Bgx/Tom)

Baca juga: Honda Sempurnakan Aplikasi e-Care untuk Layanan Purna Jual yang Lebih Baik

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil