jakarta-selatan

GIIAS 2019: Ini Fitur Baru Mitsubishi Triton

  • 22 Jul, 2019
  • 1891 Kali Dilihat

Salah satu dari tiga mobil baru Mitsubishi di GIIAS 2019, pikap kabin ganda Triton. Meski bukan ganti generasi, Triton baru punya banyak fitur ekstra dan kelengkapan. Apalagi untuk varian tertinggi, Triton Ultimate AT 4x4 dengan banderol Rp 480,5 juta. Saking lengkapnya, Triton jadi punya value for money yang sangat menarik ketimbang kompetitor.



Kelengkapan di dalam kabin Triton Ultimate ada tempat menaruh smartphone untuk penumpang baris kedua. Selain itu, ada kaca spion tengah yang sudah mendukung auto dimming. Sedang jok sudah dilapis bahan kulit dengan dominasi hitam. Triton varian, Exceed dan Ultimate, juga sudah dilengkapi AC otomatis dan keyless operation system, lengkap dengan tombol start/stop.


Lagi untuk varian Exceed dan Ultimate, transfercase baru menggunakan dial putar. Disebut Super select 4WD-II, untuk memindahkan mode penggerak antara 2H, 4H dan 4HLc. Menariknya, pengoperasian bisa dilakukan sambil mobil bergerak, sampai 100 km/jam. Tepat di bawah dial putar itu, ada dua tombol fitur baru. Tombol kiri untuk hill descent control dan kanan untuk memilih mode off road. Ada empat pilihan mode off road: gravel, mud/snow, sand dan rock. Sementara hill descent control, menahan laju mobil dengan rem otomatis dan mempertahankan kecepatan konstan ketika turunan.


Fitur baru lain banyak datang dari sektor keselamatan, sebagian besar cuma ada pada Triton Ultimate. Kantong udara, misalnya, sudah disiapkan tujuh untuk lebih menjamin keselamatan penumpang. Ada juga bantuan berkendara seperti forward collision mitigation system (FCM), blind spot warning (BSW), rear cross traffic alert (RCTA) dan ultrasonic misacceleration mitigation system (UMS). Sedang fitur lampu auto high-beam (AHB), tersedia untuk Ultimate dan Exceed.



BSW menggunakan sensor radar di sudut bumper belakang untuk mendeteksi kendaraan lain pada titik mati penglihatan pengemudi (blindspot). Ketika mendeteksi, sistem memberi indikator peringatan kedip pada kaca spion disertai bunyi. Sementara Fitur FCM membantu mengurangi risiko tabrak depan. Sensor radar dan kamera bakal memindai objek di depan mobil. Kalau dinilai punya risiko menabrak, bakal ada peringatan dan pengaplikasian rem. Tergantung seberapa tinggi risiko, peringatan dan pengereman otomatis juga semakin keras. Sedang objek yang bisa dideteksi termasuk mobil dan pejalan kaki.


RCTA memanfaatkan radar belakang untuk memindai kendaraan lain ketika mundur. Kala mendeteksi, ada peringatan lampu kedip di MID diiringi bunyi. Fitur ini sangat praktis ketika keluar parkiran mundur. Untuk fitur UMS bekerja saat parkir, memindai objek yang ada di depan dan belakang mobil. Kalau dinilai ada yang menghalangi, pengemudi diberi peringatan dan sistem menjaga mesin agar tak ada akselerasi instan tak disengaja. Tujuannya, mengurangi mobil loncat dan menabrak saat parkir.


Paket fitur baru itu melengkapi jaminan keselamatan Triton yang sudah dibekali rem ABS+EBD, kendali stabilitas dan traksi serta hill start assist (HSA). (Tom/Odi)


Baca Juga: 5 Alasan Mitsubishi New Triton 2019 Layak Dipilih

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Mitsubishi Triton

Lihat video terbaru Mitsubishi Triton untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Mitsubishi Pilihan

  • Populer
  • Komparasi