jakarta-selatan

GIIAS 2017: Pertarungan Isuzu MU-X Royale vs Toyota Fortuner TRD

  • Agt 12, 2017
  • 3280 Dilihat

Isuzu MU-X Royale dan Toyota Fortuner sama-sama tampil di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Keduanya, berada di kelas SUV 7-seater dan menggendong mesin diesel dengan kapasitas 2.500 cc. Dari beberapa fakta itu, tidak diragukan lagi, mereka adalah rival sepadan.


Tapi, pasti di antara dua itu, ada satu yang terbaik. Siapakah itu? Isuzu MU-X Royale atau Toyota Fortuner TRD? Agar lebih jelas, coba simak bahasan komparasi spesifikasi keduanya:



1. Desain


desain mu-x terbaru

 

Isuzu merancang mobilnya dengan tampilan mewah. Pada varian Royale, aksen krom berkilau pada sekujur tubuhnya. Ditambah lagi penggunaan velg besar berukuran 20 inci. Lampu depannya sudah mengadopsi LED proyektor dan DRL dengan desain seperti mata elang. Ditambah lagi sudah disematkan auto-leveling headlamp, secara otomatis memastikan jatuhnya cahaya lampu ke posisi yang tepat, tidak menggangu pengendara lain.


Dari sisi interior, kabinnya sudah menggunakan skema dua warna, sehingga tercipta kesan yang lebih nyaman. Layar sentuh LCD 8 inci dengan koneksi bluetooth dan port USB disematkan sebagai head unitnya. Di dalam head unit itu, tersedia juga fitur kamera bird view 360 untuk melihat keadaan sekeliling mobil, berguna terutama ketika parkir. Khusus kenyamanan penumpang baris kedua, MU-X Royale mempunyai roof monitor 13 inci yang bisa dimanfaatkan untuk menonton film dan lain-lain.


GIIAS-2017-1st-Fortuner-TRD (55)-005


Sementara Fortuner TRD kebalikannya dari Isuzu, eksteriornya mengurangi aksen krom. Lihat saja grille, cover lampu kabut, spion dan velgnya yang kini lebih menampilkan warna gelap (smoke chrome) sebagai penguat karakter. Kemudian bumper depan dan belakangnya dibuat lebih sportif dari varian Fortuner lain. Ditambah kehadiran emblem TRD Sportivo di bagian belakang mobil dan stiker TRD Sportivo di masing-masing sisi bodinya. Sementara dari sisi teknologi pencahayaan, hampir sama dengan MU-X Royale.


Interior milik Toyota, dibalut kombinasi warna hitam dan coklat, sama seperti varian lain. Head unitnya juga sudah menggunakan layar sentuh. Namun tidak ada roof monitor sebagai pusat hiburan penumpang belakang, layaknya MU-X Royale.



2. Fitur


Isuzu MU-X 2017 02

MU-X Royale meluncur dengan berbagai fitur keselamatan, sebut saja hill descent control yang memudahkan saat bertemu jalan menurun terjal dan hill start assist berguna mencegah mobil mundur saat berada di tanjakan. Selain itu, ada electronic stability control, brake assist, electric brake force distribution dan traction control yang memastikan kendaraan bisa melaju di berbagai kondisi jalan. Ditambah lagi pengereman anti-lock braking system (ABS), mampu mencegah roda terkunci saat pengemudi melakukan pengereman mendadak.


Hebatnya, semua fitur MU-X Royale juga dimiliki oleh Fortuner TRD. Bahkan ada satu fitur tambahan lagi, emergency brake signal (EBS) yang fungsinya mengaktifkan otomatis lampu hazard di depan dan belakang, bila mobil tiba-tiba melakukan pengereman mendadak. Tujuan fitur ini agar mobil lain mengetahui dan mencegah terjadinya tabrak belakang.



3. Mesin


mesin lama mu-x masih dipakai

Depot daya MU-X Royale menggunakan 2.5 diesel dengan VGS (turbocharger), bisa mengeluarkan torsi puncak 319,69 Nm pada 1.800-2.800 rpm dan tenaga maksimal 136 PS pada 3.400 rpm. Padanan mesin itu, sistem transmisi 5-percepatan otomatis.


Bila dibanding milik Fortuner TRD, jantung mekanis Toyota punya performa lebih unggul. Mesin diesel berkapasitas 2.393 cc miliknya sudah dibekali teknologi VNT (turbocharger). Kemampuannya dalam menyemburkan torsi puncak mencapai 400,11 Nm pada 1.600-2.000 rpm dan tenaga maksimal 149,6 PS pada 3.400 rpm. Sistem tranmsisinya mengandalkan 6-percepatan otomatis.


Menariknya, Fortuner TRD tersedia dalam mesin bensin berteknologi Dual VVT-i. Dalam hal tenaga mesin ini lebih unggul dari diesel, bisa menghasilkan tenaga maksimal 163 PS dan torsi puncaknya masih lebih baik mesin diesel, hanya 242,22 Nm.



4. Harga


Dalam hal harga, MU-X Royale lebih kompetitif dengan banderol Rp 498 juta (OTR Jakarta). Mobil ini cocok untuk Anda yang menyukai tampilan mewah dan kabin yang nyaman. Sementara harga Fortuner TRD mencapai Rp 527,9 juta (OTR Jakarta) bermesin diesel dan Rp 555,3 (OTR Jakarta) juta bermesin bensin. Kendaraan berpenggerak 4x2 buatan Toyota, sesuai bagi Anda yang lebih memilih tampilan dan senang berkendara.


Baca Juga: Toyota Voxy Resmi Meluncur!

Shares

Video Isuzu Mu-X

Lihat video terbaru Isuzu Mu-X untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi

Bandingkan Isuzu Mu-X dengan Mobil Sejenis

VS
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer