• Wishlist

Generasi Kedua Mercedes-Benz GLA, Tambah Gagah dan Lega

Generasi Kedua Mercedes-Benz GLA, Tambah Gagah dan Lega

Enam tahun dipasarkan, generasi pertama GLA diregenerasi. Ubahannya membuat mobil itu makin gagah dan lapang kabinnya. Bila memandang sekilas tampilan luar, transformasinya terlihat kurang signifikan. Nyatanya, ada perubahan spesifikasi dan detail. Bahkan interiornya mampu membuat penggemarnya mengangguk, membenarkan adanya ubahan mayor.



Tengok saja dimensi, panjangnya lebih pendek 0,6 inci dari generasi lama. Tapi jarak sumbu rodanya malah memanjang 27,94 mm. Lalu tingginya menjadi 1.610 mm atau lebih jangkung 104,14 mm. Transformasi ini membuat gaya crossover GLA menjadi lebih tegas. Tak seperti sebelumnya, yang lebih menyerupai hatchback. Kesan tangguh juga semakin terasa, berkat dipanjangkannya trek pada area depan dan belakang sebanyak 45,72 mm.


Interior turut dipengaruhi setelan baru ini, terutama dalam hal kelapangan kabin. Fokusnya lebih ke penumpang di belakang, yang mendapat ruang ekstra untuk bahu dan kaki. Tapi sayang, jarak kepala dengan langit-langit harus terpangkas sedikit. Jok belakang punya konfigurasi pelipatan 40:20:40. Sandarannya dibuat lebih rata, memastikan ruang kargo lebih optimal dimasukkan barang. Untuk baris pertama turut dilapangkan, tapi lebih ke bahu dan kepala, sedangkan area kaki malah sedikit mengecil.


Di Eropa, Mercedes-Benz mengklasifikasikan lini GLA dalam beberapa pilihan. Versi entry-level diketahui bernama GLA 200, mengusung mesin 1,3 liter hasil pengembangan bersama Renault. Ia mampu menyemburkan daya 161 hp dan torsi puncak 250 Nm. Jantung mekanis disandingkan transmisi otomatis kopling ganda 7-speed. Ada pula opsi mesin diesel dan plug-in hybrid. Tapi belum tahu kapan keduanya bakal disajikan. Versi lebih bertenaga, GLA 45 dan 45 S dengan ekstraksi daya 382 hp dan momen puntir 480 Nm juga disiapkan.


Sementara di Amerika Serikat, crossover itu dipasarkan dalam model GLA 250. Dibekali dapur pacu turbocharged 2,0 liter, menghasilkan 221 hp dan torsi 350 Nm yang dikirim oleh transmisi otomatis kopling ganda 8-speed ke roda depan. Racikan itu diklaim melontarkan GLA dari diam hingga 96 km/jam dalam 8,6 detik. Bisa juga merogoh kocek lebih untuk memilih sistem gerak empat roda 4Matic dari GLA 250.



Versi lebih berotot ada AMG GLA 35. Ia menggendong jantung mekanis empat silinder 2,0 liter yang disokong turbocharger. Kombinasi itu menyediakan dorongan 302 hp dan momen puntir 400 Nm seperti dinukil dari motor1.com (13/12). Transmisi eksklusif otomatis 8-speed kopling ganda, mendistribusi output ke penggerak empat roda 4Matic. Klaim akselerasi, 5 detik (0 - 96 km/jam) dan menyentuh limit di kecepatan 250 km/jam.


Fitur canggih tak luput disematkan untuk model berpenggerak 4Matic, seperti tambahan driving mode off-road, fungsi downhill assist, lampu spesial untuk pengalaman mengemudi di medan ekstrem. (Hfd/Tom)


Sumber: Motor1, Newspress UK


Baca Juga: Mercedes-Benz Luncurkan GLC Facelift, Tambah Fitur dan Harga

Jelajahi Mercedes Benz GLA-Class

Mercedes Benz GLA-Class Rp 775 - Rp 789 Juta Cicilan : Rp 17,68 Juta

Bandingkan & Rekomendasi