• Wishlist

F1: Jelang Seri Pembuka, Tim Mercedes Jalani Tes di Silverstone

F1: Jelang Seri Pembuka, Tim Mercedes Jalani Tes di Silverstone

Tim Mercedes mulai bersiap diri. Setelah tiga bulan tanpa kegiatan, mereka kembali menjalankan mobil di trek untuk sesi tes. Langkah ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi musim 2020 yang bakal diselenggarakan dalam waktu dekat.

Bertempat di sirkuit Silverstone, Inggris, Mercedes melakukan aktivitas selama dua hari untuk menguji protokol baru terkait kesehatan. Ini merupakan bentuk persiapan jelang berlangsungnya seri pertama tahun ini di Austria, setelah kalender balap diperbarui.

Selama dua hari, masing-masing Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas secara bergantian menguji mobil di trek. Pada hari pertama, Selasa (9/6/2020), Bottas mendapat giliran pertama turun ke lintasan. Kemudian Hamilton akan mendapat giliran pada hari kedua, Rabu (10/6/2020).

Disampaikan oleh Toto Wolff selaku bos tim Mercedes, tes ini untuk mempersiapkan diri hadapi balapan yang tanpa penonton di sirkuit, serta menghadapi protokol khusus. Selain itu, jadwal baru yang padat juga akan menjadi tantangan baru bagi seluruh tim.

“Setidaknya kami tahu bahwa kami akan kembali balapan untuk beberapa bulan ke depan. ini adalah kalender balapan Eropa yang solid, dan semua orang di Brackley dan Brixworth senang bahwa kami akhirnya bisa kembali ke trek. Kami cinta kompetisi, dan kami merindukan itu,” ujar Wolff dikutip Sky F1.

“Ini sebuah tantangan. Kami semua mengerti itu, tapi menurut saya kami berhutang itu kepada pfans kami untuk menghadirkan balapan dan pertunjukkan yang bagus. Tentu akan berat untuk kami semua, melakukan tiga balapan beruntun, tidak bisa pulang, tapi inilah situasi yang khusus.”

Baca juga: Bintang Muda Ferrari Diklaim Perpaduan Schumacher dan Raikkonen

Demi mencegah Mercedes meraih keuntungan dari tes privat dua hari ini, FIA hanya mengizinkan tim memakai mobil dengan usia minimal dua tahun. Jadi, pada tes ini Mercedes menggunakan mobil W09, edisi tahun 2018. Tim juga dilarang menguji komponen tertentu untuk dipakai pada mobil baru.

Mercedes Jalani Tes di Silverstone

Selain itu, tim juga hanya boleh menggunakan ban dengan spesifikasi untuk keperluan tes. Artinya, ban yang digunakan untuk kompetisi musim ini tidak disediakan untuk tes khusus ini.

Protokol Baru

Mendapat kesempatan pertama turun ke trek dibandingkan rekan setimnya yang adalah juara dunia bertahan, Bottas mengaku banyak belajar hal baru dari sesi tes ini. Menurutnya, sesi tes persiapan ajang dengan protokol tertutup ini sangat membantunya dalam beradaptasi.

Selain protokol khusus yang ditujukan mencegah potensi penyebaran virus, sesi tes juga bermanfaat demi mempersiapkan kekuatan fisik setelah setengah tahun tidak balapan.

“Tentu semua orang tidak balapan dan di lingkungan garasi untuk waktu yang lama, dan ada banyak regulasi baru, dan kami harus berhati-hati dengan berbagai hal terkait kesehatan. Itu bagus untuk berlatih,” kata Bottas.

“Saya rasa kami sudah belajar banyak selama hari ini, bagaimana melakukan semuanya dengan efisien dan memastikan semua orang akan aman begitu akhirnya kami mulai balapan.

“Saya senang bisa kembali ke mobil, dan sekarang saya tidak sabar untuk Austria, dan bisa kembali balapan sesegera mungkin.”

Dari rangkaian foto dokumentasi yang diunggah tim, tampak seluruh personil tim termasuk Bottas memakai masker di dalam garasi. Hal tersebut diwajibkan oleh FIA demi memastikan keamanan dan kesehatan. Dari tes yang dilakukan baru-baru ini juga, seluruh anggota tim Mercedes dipastikan negatif COVID-19.

Selain Mercedes, Ferrari juga kabarnya akan melakukan tes serupa dalam waktu dekat. Sementara McLaren yang juga sempat merencanakan, mengungkap tidak sanggup menggelar tes menggunakan mobil F1 lamanya. (Why/Ano)

Sumber: Motorsport

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store