Oto
jakarta-selatan

BMW Serius Kembangkan Mobil Autonomous

  • Des 26, 2016
  • 1136 Dilihat

BMW menyatakan siap memasarkan mobil yang dapat melaju tanpa pengemudi atau dikenal otonom di tahun 2021. Hal ini seiring dengan strategi dan keinginan pabrikan mobil mewah ini untuk menghadirkan kendaraan dengan teknologi masa depan.


Sebelum tahun 2021, BMW mengungkapkan akan merubah strategi produknya dengan menghadirkan varian bertenaga listrik untuk seluruh produk mobilnya. Saat ini, BMW tengah bergerak cepat dengan melakukan penelitian dan pengembangan pada mobil-mobil masa depannya itu.


Untuk itu, salah satu langkah yang ditempuh adalah, seperti diwartakan Carcoops, baru-baru ini BMW meresmikan kampus baru di Unterschleissheim, Jerman. Kampus yang terletak di dekat Munich ini dihadirkan BMW untuk melakukan mengembangkan konektivitas kendaraan dan mengemudi otomatis. Diharapkan, nantinya akan tercipta peneliti dan pengembang mobil BMW dari kampus tersebut.


i3 contoh kemajuan teknologi BMW


Langkah lainnya yang ditempuh untuk melakukan pengembangan mobil otonom yang dikenal sebagai iNext adalah, BMW perlu setidaknya 2.000 karyawan. Dimana 600 diantaranya akan fokus pada pengembangan software mobil tanpa pengemudi.


"Tentunya tidak menyenangkan kalau harus mengemudi di kepadatan lalu lintas, atau mencari tempat parkir di tempat yang padat. Tentunya dengan adanya fitur otonom ini, akan sangat membantu," papar Klaus Fröhlich, anggota Dewan Manajemen yang bertanggung jawab untuk Pembangunan di BMW Group.


"Selain itu, fitur (autonomous) bukanlah satu-satunya mode berkendara yang ada di mobil. Pengemudi BMW akan selalu mendapatkan pilihan yang lain (berkendara sendiri)," tambah Klaus.


Mobil masa depan BMW yang masuk dalam proyek iNext dikembangkan dengan menggabungkan semua teknologi terbaik yang diciptakan BMW. Contohnya seperti layar sentuh hologram yang rencananya akan dipamerkan BMW ajang Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat pada awal tahun mendatang.


Tidak hanya BMW, produsen mobil lain seperti Volvo, Nissan, Honda, Tesla, Ford, Toyota juga turut mengembangkan mobil otonom. Bahkan perusahaan teknologi seperti Google dan Apple juga turut ingin menghadirkan mobil masa depan yang dapat melaju tanpa pengemudi ini. Apple bahkan dikabarkan sudah mendekati BMW untuk bekerjasama mengembangkan teknologi mobil otonom.


Baca Juga: BMW i3 akan segera diperbaharui


Sumber: Carcoops, Motor1

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer