• Wishlist

Bikinan Lokal, Ban Off-Road Delium Xtreme Xpedition Dibanderol Murah

Bikinan Lokal, Ban Off-Road Delium Xtreme Xpedition Dibanderol Murah

Kini tersedia alternatif ban lokal bagi kendaraan pelahap medan off-road. PT Indusutri Karet Deli, melansir Xtreme Xpedition Delium, dengan tapak superkasar. Menurut pabrikan, barang anyar yang dirilis ini mengantongi sertifikasi SNI dan DOT (Departement of Transportasion USA). Banderolnya dibilang sepertiga dari harga ban impor selevel.


Ban yang dibikin di fasilitas produksi di Medan (pabrik Swallow), Sumatra Utara, dijual retail dengan harga Rp 2,82 juta untuk ukuran 35 x 10,5 – 15 LT 6PR/TL atau untuk pelek 15 inci. Sementara dimensi 16 inci, tipe 37 x 10,5 – 16 LT 6PR/TL dilego Rp 3,58 juta. Dan ukuran lain siap diluncurkan dalam waktu dekat. Sementara hanya dua distributor yang menjajakan. Pertama, Roma Autosport di Kelapa Gading, Jakarta. Dan lokasi kedua, Outdoor Heaven di Medan.


Diuji langsung oleh off-roader


"Pola ini didesain untuk melawan gaya lateral. Kedalaman tapaknya bagus. Sidewall juga dirancang untuk menahan tusukan dari samping. Ban ini sangat memudahkan offroader mendapat traksi. Cukup merayap saja, kendaraan sudah bisa meluncur. Jadi cengkeraman bagus. Ini sangat bermanfaat untuk konsumsi bahan bakar dan spare part macam kopel, gardan, as roda serta bagian lain. Nah, untuk pemakaian aspal dan off-road itu pasti berbeda. Utamanya tekanan angin. Lantaran ban ini kembangnya dalam dan polanya ekstrem, pasti kurang nyaman di aspal. Namun peruntukannya di medan off-road," terang Sam Wirawan, Business Development Manager Industri Karet Deli, di Kelapa Gading (12/2).


Lantas apa saja nilai jual yang diberikan? Menurut mereka setidaknya ada empat poin. Itu didapat berdasar dari riset selama sembilan bulan dan input dari offroader kawakan. Bagian utama ialah desain alur atau channel di tengah tapak. Polanya dibikin lebih baik saat melahap jalan dan membuang lumpur. Lalu channel dan groove memungkinkan tapak mengikuti medan yang dilalui, sehingga memaksimalkan traksi.


Nomor tiga, pola desain uni wrap arround. Dikatakan turut membantu daya cengkeram ban ketika melibas medan berat. Dan terakhir, pola tapak dirancang zig zag guna melawan gaya lateral yang timbul tatkala melahap medan terjal dan miring. Sebelumnya mereka memiliki produk serupa, Terra Mania. Tapi model anyar lebih disempurnakan.


punya 4 keunggulan utama


"Dan kali ini kami berkolaborasi dengan komunitas offroad Xtrim Indonesia, untuk menghasilkan ban khusus mobil off-road ekstrem. Sudah diuji dan dipakai kejuaraan nasional, hasilnya bagus. Jenis ini bukan MT, tapi di atas itu karena tapak lebih kasar lagi. Dan banderolnya sangat murah. Sebab ini bikinan lokal di Medan dan bahan baku karet juga dari sini juga. Maka kalau dibanding ban impor, harganya sangat jauh," pungkas Edwin Joetan, Sales Manager for Indonesia dan Amerika PT Industri Karet Deli. (Alx/Tom)


Baca Juga: Standardisasi Euro 4 Diesel Dinilai Bisa Dongkrak Ekspor Kendaraan