jakarta-selatan

Alibaba Buat Vending Machine Mobil Berbentuk Kucing di Cina

  • 15 Des, 2017
  • 1017 Kali Dilihat

Raksasa e-commerce di Cina, Alibaba, semakin menggeliat melebarkan sayap bisnis. Sektor otomotif pun digasak dengan masif dan membuat model bisnis baru di pasar terbesar dunia ini. Siapa yang tak tergiur ingin kerjasama dengan Alibaba. Ford begitu bernafsu mencicipi manisnya pangsa pasar Cina. Kerjasama pun terjalin, Alibaba menjual produk-produk Ford secara online di sana. Apalagi Alibaba punya online shopping mall bernama Tmall. Di situs itu, berbagai model Ford dijual, termasuk pikap tangguh Ford F-150 Raptor.


Tak cukup hanya online, penjualan offline juga perlu dikembangkan. Cara yang dilakukan Alibaba dan Ford termasuk membangun vending machine otomotif dan infrastruktur penjualan lain di Cina. Seperti kita ketahui, di Singapura sudah ada vending machine mobil berupa gedung 15 lantai. Lalu juga ada Carvana, salah satu diler mobil di Amerika Serikat. Tapi yang dilakukan Tmall ini unik, karena bangunan vending machine yang dirancang menyerupai hewan kucing.


Alibaba Car Vending Machine


Direncanakan vending machine bakal dibangun di Nanjing dan Shanghai untuk menjaring pembeli potensial besar di dua metropolitan itu. Bangunan vending machine merupakan tempat calon pembeli dapat melihat mobil yang ditaksir melalui aplikasi, kemudian mengajukan test drive dan bahkan sampai melakukan pembelian. Jadi, ucapkan selamat tinggal pada proses pembelian mobil secara konvensional. Cara seperti ini lebih praktis dan memudahkan.


“Pemikiran kami di balik Car Vending Machine adalah fokus membantu pengguna untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi saat proses pembelian mobil,” kata Huan Lu, marketing director divisi otomotif Tmall, dikutip dari Cnet.com. Untuk mewujudkannya, kami membuat fisik bangunan, sebuah toko yang menawarkan antaran mobil tanpa perlu bantuan staff, melalui pengenalan wajah kustomer, kemudian melakukan test drive mendalam selama tiga hari dan proses pembelian dari mobil display berbagai merek,” ujarnya.


Tidak seperti vending machine mobil lain yang mengakomodir penjualan mobil mewah, konsep Alibaba ini menjual mobil mainstream yang lebih terjangkau. Tapi pembelinya pun harus memenuhi persyaratan yang tidak sembarangan juga. Calon konsumen harus memiliki poin lebih dari 700 dari sistem kredit Zhima Credit System dan juga menjadi anggota Alibaba Super Member.


Ada aplikasi yang digunakan untuk mengidentifikasi mobil yang dipilih dan pengajuan test drive. Cara verifikasi data di vending machine melalui pengenalan wajah, kemudian mobil diantar secara otomatis di gedung vending machine. Untuk awalan, pengguna hanya dibolehkan test drive satu mobil sekali saja, dan maksimal lima mobil sepanjang dua bulan pertama program ini berjalan. (Odi/RS)


Baca juga: Ide Gile Mantan Insinyur Ford, 1 Silinder 1 Turbo


Sumber: Cnet

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan