Jejak Nissan GT-R, dari Sang Pangeran Menjadi Monster

Jejak Nissan GT-R, dari Sang Pangeran Menjadi Monster

Kalau dilihat kelahirannya, Nissan GT-R memang punya kaitan erat dengan Nissan Skyline. Tapi Cuma dari sisi garis keturunan dan sejarah. Dari platform, bisa dibilang Nissan GT-R adalah sportscar yang betul-betul baru, sekarang sudah lepas dari Skyline.

Nissan GT-R sendiri bukan nama yang asing di kalangan enthusiast. Baru-baru ini, mencuat lagi setelah kecelakaan fatal yang menewaskan Wakil Jaksa Agung Dr. Arminsyah Sabtu lalu (4/4). The Godzilla yang almarhum kemudikan menghantam dinding pembatas dan hangus terbakar di Tol Jagorawi. Kejadian tersebut melayangkan kembali ingatan penulis pada The Monster yang pernah menggemparkan jagat motorsport dan sportscar dunia.

Nissan GT-R dihasilkan pabrik Nissan di Tochigi yang direkayasa sebagai high-performance car sekaligus grand tourer. Diproduksi untuk menggantikan Nissan Skyline GT-R yang sudah dihentikan produksi tahun 2002. Jadi keduanya memang memiliki hubungan sejarah dalam line-up sportscar pabrikan Yokohama ini. Artinya kalau kita bicara soal GT-R, merunutnya dari Skyline.

prince skyline

The Living Legend pertama kali diperkenalkan tahun 1957 dan dibuat oleh Prince Motor Company asal Jepang. Produksi Prince Skyline hanya berumur 10 tahun sampai tahun 1967, waktu Prince melakukan merger dengan Nissan. Tadinya Skyline merupakan mobil mewah 4 pintu, bukan sportscar seperti sekarang. Setelah Prince dan Nissan merger, baru berevolusi menjadi sportscar. Kini Skyline dikenal sebagai kendaraan yang cukup berpengaruh atas kelahiran GT-R.

Baca Juga: Ini Mobil Buas Nissan GT-R Yang Terbakar di Tol Jagorawi

Prince Skyline pertama diperkenalkan tahun 1957, tapi baru dijual ke publik pada 1961. Model yang tersedia adalah sedan empat pintu dan station wagon lima pintu dengan mesin GA-30 1.5L. Sedangkan Skyline versi balapnya dengan nama GT Skyline diproduksi tiga tahun kemudian, 1964. Produksi GT Skyline menandai shifting Skyline dari sedan ke mobil balap.

Setelah merger Prince dan Nissan tahun 1966, Skyline akhirnya menjadi Nissan. Skyline versi high-performance mulai diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 1969. Modelnya masih tetap sedan, namun masih memakai mesin enam silinder segaris bertenaga 160 hp. Nissan Skyline generasi pertama diproduksi tahun 1969 – 1972.

Nissan 2000GT-R

Nissan Skyline 2000GT-R Hakosuka (KPGC10)

Merunut darah GT-R, tak bisa tanpa memasukkan Skyline 2000GT-R kelahiran 1969. Inilah buyut GT-R sesungguhnya dan sangat akrab dipanggil Hakosuka. Terlahir dalam kode PGC10, lalu dibekali mesin S20 enam silinder segaris berkapasitas 2,0 liter. Tenaga 160 hp dengan torsi 177 Nm memasuki teritori mobil kencang pada era itu. Model dua pintu dengan logo GT-R baru muncul menjelang berakhirnya masa edar pada 1971, dengan kode internal KPGC10.

Nissan Skyline 2000GT-R Kenmeri (KPGC110)

Jika Hakosuka begitu mempesona, justru kelanjutannya kurang beruntung. Skyline 200GT-R kelahiran 1973 dengan nama pendek Kenmeri, sepi peminat kala itu. Sebabnya, terlahir bertepatan krisis energi yang melanda dunia. Padahal desain coupe 2 pintu makin seksi mirip muscle car Amerika. Performa tak kalah hebat dibanding Hakosuka. Dibekali mesin S20, disk brake di keempat roda dan suspensi semi-trailing arm. Jumlah produksi hanya 197 unit. Ekistensinya amat langka, sehingga banyak diincar kolektor kelas kakap.

Skyline GT-R R32

Nissan Skyline GT-R R32

Satu dekade lebih tak ada model baru, R32 mempelopori kembali kelahiran generasi GT-R pada tahun 1989. Saat itu pabrikan merasa Skyline sudah melewati ragam tahapan sehingga menjadi performance car terkenal. Jantung pacunya memakai mesin enam silinder segaris RB26DETT dengan penggerak AWD. Mesin menyemburkan tenaga standar 276 hp ini masih populer hingga sekarang. Mudah dioprek dan ditingkatkan lagi kemampuannya.

R32 tidak dijual di Amerika, hanya dipasar Jepang (JDM). Sangat legendaris di kalangan tuner Amerika dan sedikit orang yang beruntung bisa mengimpornya secara legal. Untuk bisa digunakan sana, konsumen harus sedikit memodifikasi agar sesuai regulasi emisi.

Versi balap R32 mulai mengikuti Japanese Touring Car Championship tahun 1989. Performanya sulit dikalahkan, dengan menjuarai setiap balapan selama empat musim, mulai 1990 sampai 1993. Bahkan 29 kali kemenangan diraih secara berturut-turut. Perjalanan itu menjadi fakta bahwa kisah GT-R yang melegenda justru lahir dari dalam sirkuit.

Nissan Skyline GT-R R33

Skyline GT-R R33 mulai diluncurkan Januari 1995 dengan mesin sama RB26DETT. Namun sebelum diperkenalkan, memulai debut sebagai prototipe di Tokyo Motor Show 1993.

Pabrikan mengklaim kendaraan ini lebih kencang, lebih stabil dan lebih fun-to-drive dibandingkan R32. Klaim tersebut diamini konsumen dan sejumlah pembalap. Yang membuatnya lebih kencang karena bodynya dibuat lebih stiff, distribusi bobot dibuat lebih baik dan presisi lagi. Traction control juga dioptimalkan dengan didukung oleh sistem 4WD terbaru “ATTESA E-TS PRO”.

R34 Nissan GT-R

Nissan Skyline GT-R R34

Mulai diperkenalkan tahun 1999, lantas dijual ke publik pada 2002. Dilengkapi dengan display canggih di eranya. Masih memakai jantung pacu lama RB26DETT yang dipakai di R32 dan R33. Semburan tenaganya tetap 276 hp. Tapi wheelbase dibikin lebih pendek dan body lebih ramping sehingga performanya lebih bagus dibandingkan para pendahulunya.

Nissan GT-R R35

Penyandang Nissan GT-R pertama lahir pada 2008 dan secara resmi masuk Amerika. Namanya tidak lagi memakai embel-embel Skyline. Sudah dihapus dan ditambahkan mesin baru VR38DETT V6 twin-turbo 3.8 liter dengan semburan tenaga monster, 473 hp. Mesin lebih besar tentu saja mendongkrak GT-R, yang tak hanya menyaingi, bahkan malah mengalahkan performa muscle car Amrik atau pun supercar Jerman dan Italia.

Dalam waktu singkat, nama Nissan GT-R meroket. Menjadi legenda. Teknologi AWD yang dipakai terdepan di kelasnya, handling sangat stabil dibungkus dengan desain body berotot namun modern. Dari sini model-model The Godzilla terus lahir sampai sekarang yang telah memasuki generasi keenam. (Eka)

Baca Juga: Toyota 2000 GT: Kisah Kolaborasi Yamaha - Toyota Menantang Tiran

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store