Tips Dandani Mobil dengan Tetap Aman dan Nyaman Bagi Pemula

Tips Dandani Mobil dengan Tetap Aman dan Nyaman Bagi Pemula

Beraktivitas di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, penggunaan mobil pribadi menjadi pilihan utama moda transportasi yang lebih aman untuk bepergian. Bagi beberapa pengguna kendaraan, mobil digunakan tak hanya sebagai alat bantu mobilitas, namun juga sebagai sarana ekspresi dan berkreasi. Salah satunya dengan mendadani agar tampil lebih keren dan berkarakter sesuai keinginan pemilik atau modifikatornya.

Tapi bagaimana mendadani kendaraan kesayangannya dengan tetap aman dan nyaman? Apalagi jika Anda masih tergolong pemula. Salah-salah, jatuhnya malah norak dan tak jadi bergaya. Tak perlu khawatir karena ada tips modifikasi mobil. Daihatsu berikan sharing kepada Sahabat melalui acara bertajuk NGOBROL ASIK bertema Ngoprek Bareng Daihatsu pada episode Modifikasi Ala DDC (Daihatsu Dress up Challenge) yang disiarkan melalui kanal IGTV (Instagram) @daihatsuind.

Reza Aliwarga, selaku CEO PT HIN Promosindo IAM Automodified mengatakan, pada dasarnya, dalam hal modifikasi mobil terdapat beberapa kriteria yang dapat didandani seperti pada bagian Exterior, Interior, Audio, Undercarriage, dan bagian lainnya.

Secara umum, modifikasi termudah dan terjangkau yang paling sering dilakukan adalah mengganti komponen kaki-kaki, yakni pada velg (roda). Selain proses penggantian bongkar-pasang komponen yang lebih mudah, tampilan velg juga dapat mendongkrak penampilan mobil secara signifikan. Setelah itu, dapat diikuti dengan modifikasi audio dan bagian lainnya.

"Dalam hal modifikasi kendaraan, selain persiapan seperti selera dan budget, para modifikator perlu memperhatikan 2 hal utama, yaitu form (bentuk) dan function (fungsi). Pastikan bentuk modifikasi mobil kita tetap mengutamakan fungsi kendaraan, yakni sebagai sarana transportasi, agar mobil Sahabat selain dapat tampil keren, juga tetap aman dan nyaman dalam dikendarai baik bagi pengendara maupun orang lain di sekitar kita,” ujarnya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar dan Aman

modifikasi Daihatsu

Tentukan Tema atau Konsep

Tema atau konsep perlu ditentukan sebelum memulai modifikasi. Hal ini penting agar tidak ada tema yang saling bertubrukan dan malah tak nyambung satu sama lain. Anda bisa memilih gaya racing, sporty, gothic, retro, modern, elegan, atau malah cute. Tema ini bisa diterapkan baik untuk eksterior maupun interior. Inspirasi bisa didapatkan dari game balap atau film dan berbagai karakter. Anda bisa juga mendapatkan ide dengan sering mengunjungi pameran. Banyak pula pecinta mobil Indonesia yang tak pelit membagikan tips dan ide-ide uniknya.

Perkirakan Biaya dan Bengkel

Tema sudah jelas, kini saatnya memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. Sebagai awalan, pilih modifikasi yang sederhana dan tak terlalu membutuhkan banyak biaya. Misalnya saja mulai dari mengganti kaca film atau aksesoris lainnya. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mendapatkan komponen yang lebih murah. Ini cukup penting. Kemudian buat perhitungan sehingga Anda bisa menentukan mana yang bisa ditunda saat dompet mepet. Perkirakan juga bengkel dipercaya. Lakukan konsultasi apakah mereka bisa mengerjakan tema yang diinginkan.

modifikasi daihatsu

Siapkan Daftar Komponen yang Diperlukan

Selain daftar biaya, siapkan juga list komponen yang diperlukan. Mungkin ada beberapa yang sulit didapatkan sehingga perlu memesan dari luar kota, bahkan luar negeri. Ingat bahwa memesan komponen dari luar daerah juga bisa membuat biaya semakin membengkak. Karena itu, prioritaskan komponen yang mudah didapat dan sesuai dengan budget terlebih dahulu.

"Jangan lupa untuk melakukan riset dan berkonsultasi dengan ahlinya. Pastikan juga untuk tidak melakukan modifikasi yang berlebihan dan berbahaya," kata Reza.

Kontes Modifikasi

Daihatsu bekerjasama dengan HIN (Hot Import Night) Promosindo dalam menyelenggarakan kontes modifikasi melalui Daihatsu Dress Up Challenge sejak 2014 hingga saat ini dengan animo peserta yang selalu meningkat tiap tahunnya. Sebagai catatan, pada tahun 2020 ini, Daihatsu juga sukses menyelenggarakan kontes modifikasi ini secara virtual di seluruh Indonesia melalui DDeC (Daihatsu Dress up e-Challenge) 2020.

"Melalui modifikasi kendaraan, Sahabat muda dapat mengekspresikan diri dan unjuk kreativitas secara positif. Sahabat muda juga bisa mempertandingkan hasil kreasi modifikasi kendaraannya lewat kontes Daihatsu Dress up Challenge yang rutin digelar setiap tahun, dan hadir secara virtual pertama kali pada tahun 2020 ini untuk tantang para modifikator di seluruh Indonesia. Nantikan kontes modifikasi Daihatsu selanjutnya,” ujar Rudy Ardiman, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM). (Raju)

Baca juga: Isi Waktu Libur dengan Merawat Interior Mobil, Simak Tips Berikut ini