KTM Rilis 1290 Super Adventure R, Punya Spesifikasi Powerfull untuk Offroad

KTM Rilis 1290 Super Adventure R, Punya Spesifikasi Powerfull untuk Offroad

Satu bulan setelah merilis 1290 Super Adventure S, KTM melanjutkan dengan membuka selubung 1290 Super Adventure R. Model R lebih menekankan gaya yang terinspirasi motor Dakar, suspensi panjang, dan memiliki spesifikasi powerful untuk mendukung kebutuhan off-road. Unit ini tersedia dalam satu skema grafik atau warna. Dijual US$ 18.599 atau sekira Rp 340 jutaan.

Bagi KTM, 'R' adalah singkatan dari 'Rally' dan 'Racing'. Jadi 1290 Super Adventure R hadir untuk menetapkan standar baru motor di segala medan. Pabrikan merancangnya dengan kemampuan berkendara yang mumpuni, ergonomi yang berfokus pada pengendara dan peningkatan kinerja suspensi. Kuda besi baru ini juga menawarkan kelincahan berkendara karena distribusi bobot yang telah disempurnakan. Monster Austria ini disebut-sebut membawa begitu banyak elemen baru ke dalam jangkauannya.

Utamanya ada di bagian dapur pacu. KTM 1290 Super Adventure R mengandalkan LC8 baru berkapasitas 1.301 cc, 2 silinder, DOHC, 4 langkah, V 75° dan sudah berstatus Euro 5. Jantung mekanis yang sekarang lebih ringan 1,6 kg dan mampu menghasilkan tenaga 160 hp pada 9.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 6.500 rpm. Boleh dibilang, ia memiliki power-to-weight terbaik di segmennya. Ia juga mendapat piston baru, revisi pada transmisi dan knalpot gres.

KTM 1290 Super Adventure R

Pabrikan juga berupaya mengoptimalkan komponen lain untuk mendongkrak kinerja mesin. Termasuk penggunaan dua radiator sebagai pengganti unit tunggal seperti yang ditemukan pendahulunya. Air Ducts dirakit ulang, mengarahkan udara panas menjauh dari kaki pengendara. Tentu membantu dalam hal kenyamanan.

Berkat airbox yang dikerjakan ulang, pengendara sekarang dapat dengan mudah mengakses filter udara hanya dengan melepas empat sekrup. Filter itu sendiri sekarang memiliki rusuk vertikal, bukan horizontal, yang membantu mengarahkan debu atau pasir ke bagian bawah kotak udara. Secara keseluruhan, desain yang lebih baik untuk petualang hardcore.

Bersama PANKL, KTM juga mengerjakan ulang mekanisme perpindahan gearbox untuk aksi yang lebih cepat, ringan, dan responsif. Kekuatan penuh dari pembaruan ini dapat dirasakan melalui Quickshifter + opsional, kini memiliki operasi lebih cepat dan bahkan lebih presisi.

Baca juga: Top 10 Berita Motor Sepanjang Februari 2021

KTM 1290 Super Adventure R

Kelincahan di Segala Medan

Melintasi medan kasar dengan cara termudah dan paling intuitif telah menjadi prioritas pengembangan KTM 1290 Super Adventure R. Bodywork anyar memberikan ergonomis yang sangat baik. Dirancang untuk meningkatkan kelincahan, menjaga bobot dan pusat gravitasi serendah mungkin, serta menawarkan posisi berkendara menyenangkan.

Penggunaan rangka baru berefek pada steering head yang bergeser 15 mm ke belakang. Dan mengubah posisi mesin untuk lebih memfokuskan bobot motor ke arah depan. Swingarm pakai model baru, lebih kuat dan lebih panjang dibanding model S yang berkontribusi saat berakselerasi. Insinyur KTM telah menganalisis dan memangkas setiap sentimeter bodywork baru untuk memberikan ketebalan yang tepat dan agar mendapat hasil optimal.

Sensasi kontrol diperkuat oleh tangki bahan bakar tiga bagian baru yang menampung 23 liter dan diposisikan lebih rendah untuk membantu keseimbangan berkendara. Seperti sasis, subframe juga telah direkonstruksi dan ditutup dengan kursi berundak yang sporty dengan tinggi 880 mm. Meski dimensinya ramping, kompartemen penyimpanan praktis di bawahnya masih tetap ada.

Peningkatan lebih lanjut adalah konfigurasi suspensi yang dikerjakan ulang. KTM 1290 Super Adventure R memakai WP XPLOR yang pengembangannya mengacu pada kesuksesan KTM di dunia balap. Depan gunakan model upside down 48 mm yang dapat disetel sepenuhnya dengan fitur travel 220 mm. Komponen ini memiliki fungsi peredaman terpisah, kompresi di kiri dan rebound di kanan. Masing-masing dapat disetel secara manual melalui tombol yang mudah dijangkau di bagian atas. Belakang WP XPLOR dengan Progressive Damping System (PDS). Kompresi (kecepatan tinggi dan rendah), rebound, preload hidrolik bisa disesuaikan.

Roda pakai model ruji 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Pelek menggunakan merek Alpina dengan bahan aluminium tempa dengan jari-jari tertutup. Dapat dioperasikan dengan ban tubeless dan sealant O-ring yang terpasang di nipel spoke. Masing-masing dibungkus ban Bridgestone yang dirancang khusus penggunaan Adventure. Penghenti laju mengandalkan cakram berdiameter 320 mm yang dijepit kaliper empat piston radial di depan. Belakang 267 mm yang diapit dual piston. Masing-masing menggunakan lansiran Brembo. Dan tentu saja sudah dilengkapi dengan ABS Bosch 10.3ME dual channel (termasuk Cornering-ABS dan mode offroad).

KTM 1290 Super Adventure R

Teknologi yang Disesuaikan dengan Performa

KTM 1290 Super Adventure R merupakan motor tualang dengan paket elektronik komplet. Tak tanggung-tanggung, pabrikan berkolaborasi dengan Bosch, perusahaan nomer wahid untuk masalah komputerisasi. Memiliki IMU enam sumbu yang sensitif, traction control, slip regulation, stability control systems dan off-road ABS. Sejumlah perangkat tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan berkendara segala medan dan semua dapat disesuaikan atau dilepaskan.

Tak lupa juga dengan ketersediaan mode berkendara, ada Rain, Street, Sport, dan Off-Road. Ada pula Rally (opsional), dengan kemampuan untuk menyesuaikan atau mengatur respon throttle dan di antara sembilan tingkat putaran roda.

Semua perubahan sudah disesuaikan dengan segala jenis topografi, dipetakan melalui dasbor TFT 7 inci serbabaru. Menawarkan konektivitas smartphone untuk navigasi, panggilan, dan kontrol musik, serta dapat disinkronkan ke aplikasi KTM MY RIDE. Berkat tampilan besar, pemilihan menu terlihat jelas serta bisa dilakukan lebih cepat dan praktis. Dari situ pula bisa memilih Tech Pack yang mencakup Quickshifter +, Motorcycle Slip Regulation, Hill Hold Control, lampu rem adaptif, serta fitur yang disertakan dalam Rally Pack.

Baca juga: MotoGP: Indonesia Turun di Musim 2021 Lewat Pertamina Mandalika SAG Team

KTM 1290 Super Adventure R

Teknologi KTM RACE ON membawa ke tingkat otonomi baru dengan konsep tanpa anak kunci. Menggabungkan sistem berbasis transponder dengan mode Anti Relay Attack (ARA). ARA memberikan keamanan ekstra dan mengurangi risiko penyalahgunaan sistem keyless. Fitur ini dapat dinonaktifkan sepenuhnya di menu dasbor.

Kecanggihan selanjutnya yakni TPMS, sistem pemantauan tekanan ban. USB socket juga disediakan di dekat tangki bensin, lengkap dengan penutup. Windshield, tuas, footpeg, dan setang semuanya dapat disesuaikan untuk lebih meningkatkan kemampuan adaptasi pengendara. Meski gayanya sebagian besar sama dengan Super Adventure S, R mendapatkan grafis yang lebih sporty.

Kehadirannya berhadapan langsung dengan BMW R1250GS dengan power 134 Hp, pendatang baru Harley-Davidson Pan America yang mampu menghasilkan tenaga 150 Hp, dan Ducati Multistrada V4 dengan output 170 Hp. (Bgx/Raju)

Sumber: Bennetts, Advpulse