• Wishlist

Wuling Siapkan Penerus Mobil Listrik E200

Wuling Siapkan Penerus Mobil Listrik E200

Mobil listrik Wuling E200 sempat dipamerkan di Indonesia. Sebetulnya bukan untuk jualan, melainkan unjuk teknologi elektrifikasi. Baru-baru ini, pabrikan Cina itu sudah pajang purwarupa New Energy Vehicle (NEV). Bentukannya berubah, bak anak anjing yang menggemaskan. Profil macam itu dibilang sebagai wujud desain geometri inspirasi luar angkasa Baojun.



Rancang bangun bodi berbentuk split avant-garde dan eksterior dua nada, memiliki tampilan futuristik. Optimasi bodi ini dibilang lebih menarik bagi konsumen muda. Bentuk karakter bumper depan menggemakan pola gelombang radar. Membuat kendaraan sangat mudah dikenali, sambil mengisyaratkan teknologi mutakhir di dalamnya.


Bagian bawah pintu terbuat dari bahan tahan gores. Penataannya datar, mengekspresikan kendaraan masa depan. Pegangan pintu tersembunyi dan desain roda berbentuk plus (+) mengerek daya tarik model. Sekaligus mengurangi hambatan angin, yang jadi keuntungan utama buat NEV. Ia masih dalam bentuk prototipe, yang kelak digadang sebagai penerus kendaraan listrik E100 dan E200. SGMW sudah mencanangkan tren teknologi ke depan. Diharapkan, mereka bisa menciptakan lebih banyak solusi transportasi bagi konsumen Cina dan dunia.


Sekadar menyegarkan ingatan kita pada Baojun E200. Ia memiliki panjang 2.497 mm, Iebar 1.526 mm dan tinggi 1.616 mm. Mobil didukung motor listrik dengan baterai lithium ion yang menghasilkan daya maksimal sebesar 29 kW. Sementara dorongan torsi puncak 110 Nm, mampu dipacu sampai 100 km/jam. Dalam kondisi baterai penuh, Wuling E200 dapat menempuh jarak 270 km (168 mil) pada kecepatan konstan. Namun torehan berbeda, mencapai 210 km (130 mil) pada metode pengujian New European Driving Cycle (NEDC).


Dan sayangnya, mereka belum merilis detail apa saja kelengkapan NEV. Baik itu spesifikasi jantung elektrik, baterai yang digunakan, hingga dimensi kendaraan sesungguhnya. Bahkan sebutan nama, belum dibeberkan. Namun pabrikan menjanjikan sesuatu yang lebih baik dari yang ada, seperti E200.



Sebetulnya model mobil listrik yang sudah diproduksi dan dijual mengusung bentuk dasbor yang modern. E200 dilengkapi 11 kompartemen penyimpanan. Mulai dari bagian pintu, konsol tengah, hingga tempat tersembunyi di bawah bangku penumpang. Setidaknya NEV punya kapabilitas yang sama, atau bisa ditambah.


Juga pada fitur-fitur pendukung. Harus lebih mumpuni dari Wuling E200. Seperti tersedianya sistem keyless entry, start stop button dan electric parking brake (EPB). Mobil diharap memiliki tiga mode berkendara: Eco, Normal dan Sport. Kemudian untuk memberikan hiburan bagi pengguna, Wuling NEV minimal wajib punya multikonektivitas. Ambil contoh pengaktifan fitur yang dilakukan melalui smartphone. Lalu pemutar audio yang bisa tersambung bluetooth, USB, Android Auto dan Apple CarPlay. (Alx/Tom)


Sumber: Media GM


Baca Juga: Wuling Siapkan Confero S Berjantung Listrik