• Wishlist

Ubahan Radikal Kia Sorento 2020, Diprediksi Mendebut Bulan Ini

Ubahan Radikal Kia Sorento 2020, Diprediksi Mendebut Bulan Ini

Baru-baru ini muncul spy shot Kia Sorento terbaru tanpa balutan kamuflase. Bukan pula hasil rendering. Wujud nyata itu menggambarkan transformasi radikal pada sang SUV. Dari model lawas bertampilan moderat kini ditukangi kian elok nan lebih tegas. Kabarnya mobil pembaruan segera mendebut di Korea Selatan bulan ini. Lantaran produk global, ia siap dikenalkan di negara-negara lain.


Kia Sorento terbaru


Sorento berlapis cat biru terlihat makin dewasa. Muka lebih tajam dari model saat ini. Lihatlah, alur garis depan lebih keren, turut mendongkrak tampilan. Rumah lampu utama dibikin tipis, tiga buah LED tersisip di dalamnya. Ada kolaborasi grille model jaring gelap, bumper mencuat dan bahasa desain Tiger Nose yang tertata apik.


Kemudian garis atap, roof rail, rumah kaca seolah-olah ditarik melandai ke belakang. Sementara di buritan tak lagi memakai stop lamp model horizontal. Namun berorientasi pada desain vertikal di setiap sisi. Lampu sudah berteknologi dioda, sangat cocok bertemu dengan sudut tajam dan lencana Sorento. Estetika itu sayangnya menjadi berkurang, lantaran sepasang lubang gas buang palsu. Padahal pipa berada di bawahnya.


Baca Juga: First Drive Kia Seltos EXP: Rangsangan Turbo dan Transmisi Kopling Ganda


Dan terlihat informasi penting. Lencana hybrid tertempel di bagian belakang Sorento. Itu mengonfirmasi, varian mesin konvensional dan motor listrik ditawarkan untuk kali pertama. Tapi dari gambar tak terlihat port pengisian daya. Disinyalir ia hanya model hybrid konvensional bukan plug-in hybrid. Sebagai mekanikal pacu, tersedia opsi mesin bensin  V6 dan empat silinder. Distribusi output memakai transmisi otomatis terus dipertahankan. Lalu metode penggerak semua roda menjadi pilihan, sebagaimana logo 4WD yang Anda lihat di belakang.


Desain lebih sporty ketimbang sebelumnya


Tak ada gambar kabin. Tapi menurut situs Caranddriver, tatanan interiornya jua tak kalah menarik. Sebab disediakan layar sentuh besar yang menyembur di atas dasbor (floating monitor). Meter kluster di depan pengemudi serbadigital. Bisa memberi banyak info bagi si pemakai. Lalu ventilasi udara berbentuk agresif yang mengapit pengontrol suhu kabin. Namun belum bisa dipastikan konfigurasi tempat duduknya. Apakah menggunakan enam tempat duduk atau menyuguhkan model tujuh penumpang.


Itu semua buah usaha pabrikan yang patut diapresiasi. Sebab kompetisi pasar di segmen SUV sangat ketat. Tak hanya tampilan saja yang bisa mengerek penjualan. Tapi juga fitur pendukung dan peranti keamanan plus keselamatan. Tentu, selain melahirkan produk unggulan, pabrikan juga dituntut memiliki strategi marketing jitu. Dan tiap pasar memerlukan pendekatan berbeda.


Pertanyaannya, akankah masuk sini? Sorento model lama sempat dijual Kia Motors Indonesia. Namun usai hak dagang beralih dan digenggam Indomobil Group, mereka memetakan kembali market lokal. Setelah menjajakan Seltos, dua model SUV baru dijanjikan segera dikenalkan. Bukan tak mungkin, mobil gres ini melengkapi jajaran produk Kreta Indo Artha (KIA) kelak. (Alx/Tom)


Sumber: Caranddriver


Baca Juga: Kia Pamerkan Seltos X-Line Concept, Tampilkan Kepribadian Berbeda