Toyota Urban Cruiser Hyryder Resmi Meluncur, Hasil Kolaborasi dengan Suzuki

Toyota Urban Cruiser Hyryder Resmi Meluncur, Hasil Kolaborasi dengan Suzuki

Toyota baru saja memperkenalkan produk anyar bernama Urban Cruiser Hyryder. Merupakan produk yang dibuat sebagai hasil kerja sama dengan Suzuki di India. Penandatanganan memorandumnya dilakukan 2017 silam. Kedua perusahaan memberikan teknologi terkininya. Seperti teknologi elektrifikasi dari Toyota dan Suzuki di teknologi kendaraan kompak miliknya.

KEY TAKEAWAYS

  • Toyota Urban Cruiser Hyryder

    Hasil pengembangan bareng merek Suzuki untuk pasar India
  • Urban Cruiser Hyryder merupakan SUV dengan dimensi panjang 4.365 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.635 mm. Jarak sumbu rodanya sekitar 2.600 mm yang menawarkan radius putar sejauh 5,4 meter. Desainnya cukup futuristik dengan garis-garis yang mengingatkan pada produk Corolla Cross serta Harrier di beberapa bagian. Desain Toyota nampak jelas dengan kehadiran gril trapezoidal berukuran besar di bagian bawah yang dipadukan dengan grille garnish di bagian atasnya. Pencahayaan sudah menggunakan teknologi LED dengan posisi lampu utama sedikit turun di bagian bumper dan kesan futuristik hadir dari twin LED DRL pada kap mesin.

    Urban Cruiser Hyryder

    Lekuk desain pada bagian samping SUV ini terlihat cukup kekar dengan pelek berukuran 17 inci two tone yang atraktif serta wheel arch cladding yang memberikan kesan SUV gagah. Garis atapnya terlihat melandai, sesuai dengan karakteristik produk modern. Bagian belakang, tampilannya terhitung sporty dengan kehadiral stop lamp LED dan kehadiran skid plate di bagian bawah. Toyota memberikan opsi two tone pada model Urban Cruiser Hyryder dengan bagian atap berwarna hitam dan pilihan warna seperti merah, silver, biru dan putih. Masih ada warna tunggal yang bisa dipilih yakni putih, silver, abu-abu, merah, midnight black, cave black dan biru.

    Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Punya Beberapa Fakta Tersembunyi Ini!

    Masuk ke bagian interiornya, Urban Cruiser Hyryder hadir dengan perpaduan warna hitam dan coklat. Sejujurnya, melihat bagian interiornya ini aura desain Suzuki kental terasa. Ini terlihat dari area lingkar kemudi mulai dari tombol, klakson serta meter cluster juga bagian tengah dashboard yang hadir dengan head unit dengan frame untuk audio.

    Urban Cruiser Hyryder

    Beberapa fitur yang ditawarkan pada interior Hyryder antara lain pengisian daya nirkabel, ventilated seat, head up display dan paddle shift.Hadir juga layar TFT di meter cluster sebesar 7 inci, tilt teleskopik, push start stop button, auto AC dengan filte PM2.5. Head unit layar sentuh berukuran 9 inci dengan kemampuan perintah suara Google dan Siri serta menjadi display untuk fitur kamera 360 derajat. Baris kedua hadir kenyamanan seperti ventilator AC dan USB port untuk pengisian daya. Kursi baris kedua juga bisa direbahkan rata lantai untuk ruang penyimpanan bagasi yang lebih besar. Tidak lupa Hyryder juga menawarkan panoramic roof untuk kesan premium selama berkendara.

    Urban Cruiser Hyryder menggunakan mesin TNGA 1.490 cc dengan tenaga 92,4 ps pada 5.500 rpm dan torsi 122 Nm pada 3.800-4800 rpm. Sistem hybrid AC synchronous Motor memberikan tenaga pada motor sebesar 80,2 ps dan torsi 141 Nm. Baterainya lithium-ion sendiri memiliki daya sebesar 177,6 V. Transmisinya menggunakan teknologi e-Drive dengan tenaga disalurkan ke dua roda depan.

    Urban Cruiser Hyryder

    Model non hybrid, Toyota menyebutnya Neodrive, hadir dengan mesin 1.462 cc dengan tenaga 101,9 ps pada 6.000 rpm dan torsi 135 Nm pada 4.400 rpm. Transmisinya terdapat manual lima percepatan dan 6AT konvensional. Toyota memberikan opsi penggerak 2WD dan AWD yang hadir hanya dengan transmisi manual. Varian ini mendapatkan fitur ISG alias mild hybrid dengan baterai 12V-6Ah li-ion.

    Belum ada fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada produk terbaru ini. Namun Toyota sudah memberikan enam airbag untuk keamanan, fitur hill hold control, hill descent, vehicle stability control, tire pressure monitoring system, serta pengereman ABS EBD dan cakram di keempat roda.

    Urban Cruiser Hyryder

    Toyota Urban Cruiser Hyryder akan diproduksi oleh Toyota Kirloskar Motor (TMM) di Bidadai, Karnataka, India. Rencananya model ini akan hadir bulan depan dengan banderol harga mulai 10,5 lakh Rupee atau sekitar Rp198 jutaan sampai 17 lakh Rupee atau sekitar Rp322 jutaan.

    Suzuki juga sudah memperlihatkan produk kembaran model ini dengan nama Vitara. Apakah kedua kendaraan ini akan hadir di Indonesia? Kemungkinan tersebut cukup besar dari sisi Suzuki, namun untuk Toyota sepertinya kecil. Namun teknologi yang disematkan pada Hyryder ini bisa diaplikasikan pada model masa depan hybrid di Indonesia. Kemungkinan untuk Toyota Innova Hybrid terbarunya. Kemungkinan ini bisa saja terjadi. Kita tunggu saja bersama-sama. (STA/TOM)

    Baca juga: PEVS 2022 Bakal Jadi Sarana Edukasi Industri Kendaraan Listrik

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature