Sudah Punya Teknologinya, Bridgestone Indonesia Siap Sambut Pasar Mobil Listrik

Sudah Punya Teknologinya, Bridgestone Indonesia Siap Sambut Pasar Mobil Listrik

Usia Bridgestone Indonesia genap 45 tahun pada 2021 ini. Sepanjang eksistensinya, pabrikan ban itu kerap menyediakan produk sesuai kebutuhan pasar Indonesia. Bagaimana dengan elektrifikasi kendaraan yang sudah dimulai di Indonesia? Menanggapi itu, Bridgestone Indonesia bilang sudah punya teknologi ban yang sesuai.

Disebut dengan Enliten Technology yang diklaim ramah lingkungan, berbobot ringan dan punya rolling resistance sangat rendah (bisa mencapai 30 persen lebih rendah ketimbang ban yang sudah ada). Teknologi itu diterapkan pertama kali pada ban Turanza Eco dan mendebut pada mobil listrik Volkswagen ID.3 sebagai ban original equipment (OE).

Menurut Bangun Istyaji, Sales & Marketing Director Bridgestone Tire Indonesia, Enliten bakal diterapkan juga pada pembuatan ban di Indonesia untuk mendukung pasar, salah satunya kendaraan elektrik.

VW ID.3

"Teknologinya namanya Enliten, kami aplikasikan ke pattern ban. Kami akan aplikasikan dalam 2 tahun ke depan, akan kami terapkan ke dalam pattern kami menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Akan ada penetrasi ke depan. Memang belum secepat di tempat lain karena infrastruktur juga belum lengkap banget. Tapi kami akan masukkan itu dalam line-up. Skalanya kemudian akan membesar sesuai dengan perkembangan EV itu sendiri. Tapi Enliten itu adalah teknologi yang kami punya," ungkap pria yang akrab disapa Aji saat jumpa media di kawasan Proving Ground Bridgestone Indonesia, Karawang, Jawa Barat (2/12).

Baca juga: Bridgestone Turanza Jadi Ban Resmi All New Honda BR-V

Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno mengungkap pertumbuhan kendaraan elektrik di Indonesia masih punya banyak tantangan. Seperti harga dan infrastruktur. Namun dipastikan Bridgestone Indonesia siap menyambut pertumbuhan EV.

"Pajak emisi akan sangat mendukung pertumbuhan EV. Tapi memang kembali lagi tantangan utama bagaimana membuat harga mobil listrik bisa lebih kompetitif. Karena kita tahu harga mobil elektrik kalau benar-benar apa adanya, itu bisa 30-40 persen di atas mobil konvensional. Kemudian pengembangan charging port, Indonesia sangat luas dan jadi tantangan tersendiri. Tapi apa pun tantangannya, kalau dari Bridgestone sendiri, kami sudah siap."

Enliten Technology

Lightyear One

Teknologi Enliten diklaim cocok untuk digunakan mobil listrik. Seperti Turanza Eco dengan Enliten, diklaim dibikin secara ramah lingkungan dan bahan baku yang lebih sedikit dari biasanya. Alhasil, bobot ban bisa lebih ringan dan punya hambatan gulir lebih rendah. Dari data perbandingan Bridgestone, Turanza Eco punya hambatan gulir 30 persen lebih rendah dari ban standar sama. Sedangkan bobotnya 20 persen atau bisa sampai 2 kg lebih enteng.

Poin itu tentu mendukung efisiensi bahan bakar. Dalam kasus kendaraan listrik, daya tahan baterai yang digunakan. Meski begitu, turut diklaim performanya bisa tetap dimaksimalkan. Dengan kombinasi rongga dan pola desain 3D, kemudian memaksimalkan kinerjanya di medan basah sampai daya tahan keausan.

Selain VW ID.3, mobil listrik lain juga sudah ada yang memakai ban Bridgestone dengan teknologi Enliten. Disebut Lightyear One, mobil listrik dengan panel tenaga surya asal perusahaan Belanda. Selain itu, merek mobil listrik Fisker juga disebut memakai ban khusus dari Bridgestone. SUV elektrik Fisker Ocean mendapat ban pengembangan khusus Potenza Sport dan Alenza Sport dengan teknologi Enliten.

Bridgestone for Fisker Ocean

"Enliten itu secara teknologi, rolling resistance-nya lebih rendah. Secara spesifikasi lebih ringan, noise-nya lebih rendah dan bisa mengejar efisiensi lebih tinggi. Kalau di EV kan sudah tidak ada bunyi mesin, tinggal bunyi ban saja. Nah itu nanti noise reduction-nya bakal lebih baik. Jadi secara konsep seperti itu," pungkas Aji. (Tom)

Baca juga: Bridgestone Potenza Sport dan Alenza Sport Jadi Ban Resmi Mobil Listrik Fisker Ocean

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil