• Wishlist

Pesaing Honda HR-V Dari Hyundai Meluncur Di IIMS 2018?

Pesaing Honda HR-V Dari Hyundai Meluncur Di IIMS 2018?

Kabar terbaru kami dapat dari Hyundai Mobil Indonesia. Mereka meluncurkan mobil anyar di ajang Indonesia International Motor Show 2018. Sayangnya, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) tidak menyebutkan mobil apa.


Pihak HMI yang kami hubungi kemarin (27/03) hanya mengatakan, “Pokoknya all new. Tunggu saja,” begitu jawaban mereka. Jelas ini menimbulkan spekulasi. Dan seperti biasa, kami menelaah kira-kira mobil apa yang mereka tawarkan.



Mundur ke GIIAS 2017 lalu, Presiden Direktur Hyundai, Mukiat Sutikno mengatakan, pihaknya membawa SUV baru 2018, dan dirakit lokal (CKD). Inilah sepertinya yang mereka tampilkan. “Saya belum bisa bicara model SUV mana yang kita CKD-kan,” kata Mukiat ketika itu.


Melihat kemungkinannya, sepertinya mereka membawa Hyundai Creta. Ini adalah SUV compact sekelas Honda HR-V, yang konsepnya dibuat oleh Hyundai dan rekanan dari Cina, Beijing Group. Target pasarnya, negara-negara berkembang. Karena itu, pusat perakitannya ada di Brasil, India, Cina dan Algeria. Itulah kenapa spekulasi kami mengerucut pada mobil ini.



Hyundai Creta atau dikenal juga sebagai ix25 di Korea Selatan, mengandalkan empat pilihan mesin bensin dan dua mesin diesel. Yang bensin masing-masing berkapasitas 1,4 liter kemudian ada juga yang 1,6 liter, dan terbesar 2,0 liter. Sedang mesin turbodiesel berkapasitas 1,4 lter khusus untuk pasar India dan 1,5 liter. Yang terakhir itu sudah mengusung teknologi CRDi dengan variable geometry turbo.


Desainnya menggunakan bahasa desain SUV Hyundai terkini, yang bisa Anda lihat di Hyundai All New Santa Fe atau Tucson. Namun lebih konvensional, mungkin agar bisa lebih cepat diterima pasar. Kesan tegas didapat dari posisi grille yang tegak dan lebar. Lampu utama juga diposisikan tegak dan fog lamp besar terpasang di grille.



Bagian belakang mirip Tucson, dengan lampu yang melebar hingga ke bagian pinggang mobil. Secara keseluruhan, bentukya cukup menarik. Dan jika memang HMI mendatangkannya, seperti biasa harganya pasti sangat kompetitif dibanding rival-rivalnya. Kita tunggu saja. (DDN/RS)


Baca juga: Hyundai Tucson Sport 2018 Dapat Mesin Lebih Besar