TMS 2017: Mazda Kai Concept, Wujud Masa Depan Mazda3 Hatchback

TMS 2017: Mazda Kai Concept, Wujud Masa Depan Mazda3 Hatchback

Estetika desain dan teknologi, menjadi yang paling disorot pada booth Mazda di ajang Tokyo Motor Show 2017. Di saat yang lain menampilkan mobil elektrik atau hybrid masa depan dengan desain kompak, Mazda malah memamerkan kepiawaian membuat mobil berestetika dan berparas menawan. Selain Mazda Vision Coupe Concept, Mazda Kai Concept juga kuat aura desainnya.

Mazda Kai Concept, sebuah hatchback kompak dengan bahasa desain KODO dan teknologi terbaru Mazda di dalamnya. Kabarnya, mobil ini menjadi Mazda 3 hatchback generasi baru. Berbicara desainnya, ada kemiripan dengan desain Vision Coupe yang menanggalkan elemen tak penting atau lebih minimalis. Lekukan desain lebih halus ketimbang bahasa desain KODO saat ini dan bodi mobil lebih terlihat mengalir.

Mazda-Kai_Concept-2017-1024-05

Bagian wajahnya juga terlihat sederhana, tapi punya aura agresif. Grille besar hitam menonjolkan logo Mazda berwarna silver. Mengapit grille ada lampu sipit dengan lampu utama bulat di ujungnya. Lekukan pada sisi samping punya peran aerodinamika maupun estetika. Fender yang terlihat lebar dan atletis menguatkan aura sporty.

Penampilan belakang juga terlihat bersih dan simpel, dengan lekukan yang dinamis. Lampu belakang menyerupai milik konsep RX-Vision. Di bawahnya ada dua corong knalpot dengan celah besar di antara keduanya. Di situ terdapat lampu strip vertikal yang berfungsi sebagai lampu rem. Lampu rem itu, masih satu garis lurus dengan lampu strip yang ada pada spoiler atas.

Mazda-Kai_Concept-2017-1024-07

Kabin dari Mazda Kai Concept juga elegan, sporty namun minimalis. Konsol tengah besar, memisahkan bangku pengemudi dan penumpang memberi kesan sporty. Di bagian dasbor, ada layar sentuh lebar sebagai pusat infotainment Commander Control dan beberapa tombol untuk climate control dan Start/Stop.

Arsitektur bangun kabarnya menggunakan SkyActiv-Vehicle Architecture yang merupakan peningkatan dari SkyActiv-Chassis yang ada pada model Mazda saat ini. Untuk dapur pacu, mesin bensin supercharger terbaru SkyActiv-X dibenamkan di balik kap mesinnya.

Mazda-Kai_Concept-2017-1024-0a

Meski belum pasti menjadi generasi penerus Mazda 3, Kai Concept punya indikasi kuat. Salah satunya dari segi dimensi, Mazda Kai Concept punya dimensi 4.420 x 1.855 x 1.375 mm (PxLxT) dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Sedang Mazda3 hatchback, saat ini berdimensi 4.475 x 1.795 x 1.465 mm dan dengan jarak antar poros roda 2.700 mm.

Mesin baru Mazda SkyActiv-X direncanakan memasuki tahap produksi pada 2019. Dari situ bisa diperkirakan, Mazda 3 baru berbasis Kai Concept lahir pada 2020. Kita nantikan saja kabar dari Mazda.

Baca juga: Mazda Vision Coupe Concept: Estetika Masa Depan Mazda

Model Mobil Mazda

  • Mazda CX 5
    Mazda CX 5
  • Mazda CX3
    Mazda CX3
  • Mazda 2
    Mazda 2
  • Mazda CX-30
    Mazda CX-30
  • Mazda 3 Hatchback
    Mazda 3 Hatchback
  • Mazda 3 Sedan
    Mazda 3 Sedan
  • Mazda CX 9
    Mazda CX 9
  • Mazda 6
    Mazda 6
  • Mazda CX-8
    Mazda CX-8
Mobil Mazda

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mazda Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mazda