• Wishlist

Lawan Virus Corona (COVID-19) Astra Grup Sumbang Rp 63 Miliar Termasuk Gran Max, Dyna dan Isuzu Elf

Lawan Virus Corona (COVID-19) Astra Grup Sumbang Rp 63 Miliar Termasuk Gran Max, Dyna dan Isuzu Elf

Astra International dan anak perusahaan serahkan bantuan guna cegah sebaran Covid-19 di Indonesia. Pada tahap awal kucuran dana yang didonasikan senilai Rp 63 miliar. Menurut mereka, pemberian bantuan ini sejalan dengan semangat kontribusi Astra untuk bangsa. Tak hanya dukungan finansial yang diberikan. Namun juga dalam berbagai wujud bantuan seperti unit kendaraan niaga.

Semua itu disalur melalui yayasan Nurani Astra. Kemudian didistribusikan ke instansi dan masyarakat yang membutuhkan. Antara lain berupa berbagai peralatan pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti alat uji tes, peranti pelindung diri, hand sanitizer hingga disinfektan, 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up. Kemudian 10 unit truk (lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR71). Kendaraan niaga ini dipakai sebagai armada penyemprotan disinfektan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Nurani Astra untuk tangkal Covid-19 Indonesia

Untuk penyerahan bantuan itu, Astra menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak. Yakni Kementerian Kesehatan RI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), laboratorium medis. Termasuk rumah sakit rujukan pemerintah senilai Rp 5,5 miliar. Lalu dengan suatu yayasan yang menampung dan mengelola bantuan dari grup-grup perusahaan di Indonesia, sebesar Rp 40 miliar.

Grup raksasa ini juga kerja bareng sejumlah perusahaan dalam pengadaan alat tes Covid-19. "Kami berharap seluruh elemen bangsa bersatu padu dalam menghadapi situasi saat ini. Bantuan awal ini merupakan wujud kontribusi kami dalam mensupport pemerintah dan masyarakat. Khususnya dalam mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban pemerintah dan masyarakat," ujar Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto, melalui keterangan tertulis (23/3).

Baca Juga: Langkah Mulia Wuling Hadapi COVID-19, Produksi 6 Juta Masker Gratis untuk Masyarakat

Dukungan Astra terhadap pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini dikatakan sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra. Juga masuk dalam cita-cita Astra untuk “sejahtera bersama bangsa.” Sebagai info tambahan. Kegiatan operasional bisnis Astra tersebar di seluruh Indonesia. Unit dikelola melalui 235 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi serta didukung oleh 226.105 karyawan, berdasarkan data Desember 2019.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang. Baik dalam aspek komersial bisnis maupun sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya. Kemudian melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan. Seperti Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Kegiatan ini patut diapresiasi saat kondisi Indonesia sedang tidak baik. Harapannya, beberapa APM atau produsen otomotif lain juga tergerak, turut memberi dukungan. Seyogianya ikut membagi masker, disinfektan, alat kesehatan dan peranti sejenis. Syukur kalau terinspirasi dari pabrikan otomotif di Tiongkok. Soalnya di sana, mereka ikut memproduksi cairan sanitizer dan masker akibat kelangkaan pasokan. (Alx/Tom)

Baca Juga: Karyawan Toyota Motor Corp. Terkena COVID-19, Perusahaan Tutup Gedung Sementara