• Wishlist

Inilah X-Class, Double Cabin Pertama Mercedes-Benz

Mercedes-Benz X-Class. Itulah nama yang diberikan untuk kendaraan duble cabin pertama dari pabrikan mobil mewah, Mercedes-Benz. Ya, inilah mobil pickup Mercedes yang berbasis Nissan Navara, dan menurut klaim pabrikan Jerman tersebut, menjadi kendaraan double cabin premium pertama di dunia.

Meski saat ini masih bersatus sebagai X-Concept, mobil ini didesain untuk bisa mencakup dua habitat: Kemewahan dan medan offroad berat. Itulah kenapa ada dua gambar yang merepresentasikan kemampuan tersebut. Keduanya disebut sebagai X-Class Stylish Explorer, serta X-Class Powerful Adventurer.

Di dalamnya, Anda akan menemukan kemewahan khas sebuah Mercedes-Benz, untuk lima orang, plus bak besar di belakang. Pengendaraannya juga diklaim akan memiliki ciri khas sebuah kendaraan offroad tulen (seperti G-Class), yang mampu melahap medan berat sekaligus sangat nyaman di jalanan aspal.

X-Class di medan offroad

Meski di Indonesia Nissan Navara, Toyota Hilux, Mitsubishi Strada Triton, dan sejenisnya sudah tidak lagi dianggap sebagai kuda beban yang mengangkut hasil bumi di medan offroad, dan bertransformasi menjadi bagian gaya hidup, namun Mercedes-Benz sepertinya merasa perlu untuk mempertegas bahwa mobil ini yang akan membuat pandangan orang berubah.

Mercedes-Benz juga sepertinya sangat serius untuk menggarap mobil ini. Mereka menginvestasikan milyaran Euro untuk merealisasikannya, dan diperkirakan menjelang akhir 2017 mobil ini akan mulai dipasarkan dengan nama X-Class di beberapa negara seperti Argentina, Afrika Selatan, Brazil, Australia, dan tentunya di pasar Eropa.

DR Dieter Metzke, Chairman Of The Board Mercedes-Benz juga menaruh harapan besar pada X-Class, "Dengan kehadiran Mercedes-Benz pickup kami melengkapi porto folio yang belum pernah ada sebelumnya. Target kami adalah memenuhi kebutuhan konsumen secara spesifik, dan X-Class akan memberikan sebuah standar baru untuk pasar (double cabin satu ton) yang sedang berkembang."

X-Class di medan aspal

Mercedes-Benz X-Class, akan diproduksi di fasilitas Renault-Nissan Alliance, dimana untuk pasar Eropa, Australia, dan afrika Selatan akan menumpang di pabrik Barcelona, Spanyol. Sedangkan untuk Amerika Selatan (Argentina dan Brazil) X-Class akan dibuat di Cordoba, Argentina.

Jika diperhatikan, para desainer Mercedes-Benz sepertinya ingin mempertegas bahwa mobil ini bisa bergaya dimanapun. Seperti yang bisa Anda lihat di foto-foto di halaman ini, parasnya sangat mencerminkan sebuah 'Mercy'yang atletis. Grill besar dan tebal menganga di depan dengan batang melintang menjadi rumah dari logo bintang. Sementara itu airdam lebar juga terdapat di bumper dan memberikan kesan gahar, terutama pada X-Class kuning yang sudah berdandan offroad.

Sementara di bagian kabin, para desainer memberikan kesan mewah dan sporty, dengan dashboard yang minimalis plus imbuhan ornamen metal di beberapa tempat yang menyiratkan kekuatan. Fitur-fitur kenyamanan sebuah Mercedes tampak dari layar monitor di tengah dashboard, climate control, jok bebralut material kulit, kemampuan konektifitas yang lengkap, dan sebagainya.

interior X-Class offroad

Fitur bantu pengendara yang canggih dan berbasis kamera, radar dan sensor ultrasonic akan menjadi fitur standar pada double cabin mewah ini.

Soal mesin, pabrikan yang berpusat di Stuttgart ini hanya memberikan bocoran sedikit. Menurut rilis yang kami terima, mesin V6 diesel akan tersedia pada X-Class varian paling tinggi, yang dikombinasikan dengan penggerak empat roda 4MATIC. Mobil ini akan mampu menggotong beban hingga 1,1 ton dan juga memiliki kemampuan towing (menderek) hingga 3,5 ton.

Baca Juga: SUV berbasis Navara segera hadir!

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store