Hyundai Bikin Tes Cepat COVID-19 Drive-Thru di Bekasi

Hyundai Bikin Tes Cepat COVID-19 Drive-Thru di Bekasi

Kembali membantu melawan COVID-19, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) gelar tes cepat model drive-thru (Drive-Thru Test). Berlokasi di Tambun, Bekasi, metode pengetesan itu dinilai cepat dan aman untuk mengidentifikasi virus corona. Sambil tetap mengimplementasikan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun menjaga jarak fisik (physical distacing).

Metode tes drive-thru dianggap inovatif, lantaran tetap menjaga jarak dan kontak antara petugas medis dan masyarakat. Namun hasil bisa cepat didapat dan cukup akurat. Masyarakat pun tak perlu turun dari kendaraannya. Pada dasarnya, tes drive-thru seperti klinik skrining pop-up yang dapat melakukan pemeriksaan dalam skala besar. Durasi pemeriksaan diklaim sekitar 10 menit per orang. Terdiri dari empat tahap: pendaftaran serta konsultasi, wawancara rekam medis, pemeriksaan dan pengumpulan sampel untuk kandidat yang berpotensi terinfeksi.

Baca Juga: Hyundai Indonesia Donasikan APD Senilai Rp 8,2 Miliar untuk Tenaga Medis

Yoon Seok Choi, President Director of HMMI dalam keterangan resmi mengatakan, dukungannya diharapkan bisa membantu pemerintah melawan pandemi virus corona. "Seperti halnya kami di Hyundai bertujuan untuk mencipatakn kehidupan dan kualitas yang lebih baik di Indonesia, kami berharap bahwa dukungan kami dalam tes drive-thru dan donasi alat pelindung diri ini dapat secara signifikan membantu upaya pemerintah dalam meratakan kurva penyebaran COVID-19 di Indonesia."

Bantuan dari HMMI ini termasuk bagian tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) lantaran pabrikan asal Korea Selatan tengah mendirikan pabrik di area Jawa Barat. Selain mendirikan pos untuk tes drive-thru, HMMI juga mendonasikan alat pelindung diri (APD) sejumlah 10.000 pasang untuk tenaga medis Jabar. APD terdiri dari pakaian medis, masker dan sarung tangan. Jumlah itu, termasuk dari 50.000 pasang APD yang sebelumnya disumbangkan ke BNPB oleh HMMI.

drive-thru covid-19 test

"Hyundai memahami bahwa pemeriksaan berskala besar yang praktis, juga sama pentingnya dengan memberikan bantuan APD untuk tenaga kesehatan dalam mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Meskipun pabrik Hyundai masih dalam tahap pembangunan, HMMI tetap berupaya menerapkan tanggung jawab sosial perusahaan dan memenuhi kewajiban sosialnya melebihi dari tanggung jawab hukum dan ekonomi," tutur Choi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sangat mengapresiasi bantuan dari HMMI. "Kami sangat mengapresiasi dukungan Hyundai dalam implementasi tes deteksi cepat dengan metode drive-thru serta bantuan 10.000 set APD bagi tenaga medis guna mengurangi penyebaran COVID-19 di Indonesia, terutama di provinsi Jawa Barat. Kami harap tes inovatif ini akan menjadi metode yang efektif dalam mengidentifikasi virus corona seperti yang berhasil dilakukan di Korea Selatan sebelumnya," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Hasil tes drive-thru dan bantuan APD diharapkan HMMI bisa meningkatkan upaya pemerintah menangani penyebaran virus. HMMI juga berencana menyumbangkan 5.000 perlengkapan kebersihan pribadi seperti masker, hand sanitizer dan sabun untuk Pemerintah Kota Bekasi. Selain itu, perusahaan tengah meninjau lebih banyak tempat untuk mendirikan pop-up skrining lain dengan metode tes drive-thru di Jabar.

"Saya melihat bahwa Korea dan Indonesia adalah teman sejati melalui hubungan pemimpin kedua negara. Dan bagi saya, teman sejati adalah mereka yang saling membantu pada masa yang sulit seperti sekarang ini," pungkas Choi. (Tom/Odi)

Baca Juga: Virus Korona Mengancam Industri Otomotif Cina dan Global

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store